Fashion

Cute & Trendy! Ini Cara Membuat DIY Aksesori Beads di Rumah

  by: Shamira Priyanka Natanagara       16/6/2020
  • Kalau kamu penggemar dunia hiburan Korea Selatan, mulai dari K-Pop hingga K-Drama, mungkin belakangan ini kamu melihat sejumlah seleb semakin sering memakai aksesori gelang, kalung, atau cincin yang terbuat dari beads alias manik-manik. Bahkan ada beberapa seleb yang membuatnya sendiri di rumah, seperti Seungyeon, penari utama girl group CLC (ia juga sempat menghadiahkan aksesori manik-manik buatannya ke Chungha, lho!). 





    Tampaknya Seungyeon mulai hobi membuat aksesori manik-manik untuk menghindari rasa bosan saat mengisolasi diri di rumah — tidak jauh berbeda dari kamu, yang telah mencari hobi baru untuk mengisi waktu luang selama #DiRumahAja. Dan kalau kamu sudah bosan mencoba resep baru, belajar melukis, atau mengikuti kelas online, mungkin sekarang adalah saatnya kamu belajar membuat aksesori manik-manik yang sedang trending ini. Siapa tahu kamu pandai membuatnya, lalu ketagihan berkreasi! Berikut adalah segala hal yang kamu perlukan untuk membuat gelang, kalung, dan cincin manik-manik di rumah, beserta cara membuatnya.

    P.S. Langkah-langkah berikut membutuhkan barang-barang yang kemungkinan besar tidak tersedia di rumahmu. So, perlu diingat bahwa mungkin kamu harus sedikit berbelanja sebelum berkreasi.



    Yang kamu butuhkan...

    • Tali senar elastis (diameter maksimal 0.8mm)
    • Manik-manik Czech (pilih warna sesuka hatimu, pastikan ukurannya lebih kecil dari diameter tali)
    • Gunting
    • Isolasi kertas
    • Lem super (super glue)



    Yang perlu dilakukan…

    1. Pastikan tali yang kamu gunakan sedikit lebih panjang daripada pergelangan tangan, leher, atau diameter jarimu, karena tali akan diikat pada langkah terakhir, dan ini membuat proses pembuatan aksesori lebih mudah.
    2. Rekatkan isolasi kertas pada salah satu bagian ujung tali agar manik-manik aman dan tidak berjatuhan.
    3. Tambahkan manik-manik! Mungkin kamu sudah memiliki pola warna yang ingin dibuat, atau mungkin kamu ingin freestyle dan menyusun warna sesuai mood. Kamu bebas mengatur warna manik-manik sesuai keinginan, kok!
    4. Periksa panjangnya! Jika merasa manik-manik yang ditambahkan sudah cukup untuk melingkari pergelangan tangan, leher atau, jarimu, secara perlahan lilitkan area tubuh tersebut dengan aksesori yang sedang kamu buat untuk memeriksa ukurannya.
    5. Saat ukuran aksesori sudah cukup, potong tali lalu ikat tiga kali.
    6. Oleskan super glue pada simpul agar lebih aman.
    7. Potong tali yang tersisa.
    8. Voila! Aksesori buatanmu siap untuk dipakai.





    Untuk membuat bunga daisy...

    Bunga daisy adalah salah satu bentuk paling populer yang bisa kamu buat untuk menghiasi aksesori manik-manik. Berikut cara membuatnya:

    1. Untuk membuat bunga daisy yang sempurna dan rapi, sebaiknya bungamu memiliki enam petal. So sediakan enam manik-manik yang akan menjadi petal, serta manik-manik yang warnanya berbeda untuk menjadi bagian tengah bunga.
    2. Tambahkan empat manik-manik yang akan menjadi petal pada tali. Ini akan menjadi petal yang terletak pada bagian samping bunga. 
    3. Next, tambahkan manik-manik yang akan menjadi bagian tengah bunga.
    4. Sudah melakukan semua langkah di atas? Great! Langkah yang satu ini sedikit lebih rumit. Agar bunga berbentuk bulat, ambil bagian ujung tali lalu masukan ke lubang manik-manik pertama, dengan arah yang berlawanan dari bentuk gelang. Kemudian, tarik tali melewati lubang tersebut.
    5. Tambahkan dua manik-manik yang tersisa untuk melengkapi petal bunga.
    6. Masukan ujung tali ke lubang manik-manik keempat (sebelum bagian tengah bunga), lalu tarik tali melewati lubang tersebut.
    7. Selesai! Kamu berhasil membuat satu buah bunga daisy menggunakan manik-manik.


    Simak video berikut ini untuk melihat tutorial lengkapnya:




    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Dyah Puspasari)