Lifestyle

Ajang Penghargaan Oscars 2021 Ditunda Akibat COVID-19

  by: Kezia Calesta       16/6/2020
  • Sejak WHO mendeklarasikan virus corona atau COVID-19 sebagai pandemi pada Maret 2020, banyak sekali film Hollywood yang ditunda dan bioskop seluruh dunia yang ditutup untuk sementara demi menjaga publik dari penyebaran virus. Maka dari itu, ajang penghargaan Academy Awards yang ke-93, alias Oscars 2021 telah diundur dari tanggal 28 Februari 2021 ke 25 April 2021. Alasannya?




    “Selama lebih dari satu abad, film telah memegang peran penting dalam menghibur dan menginspirasi kita dalam masa-masa paling gelap sekalipun… khususnya tahun ini. Dengan memperpanjang periode kompetisi dan mengundur tanggal acara, kami harap ini dapat memberikan fleksibilitas kepada para pencipta film agar mereka dapat merilis film setelah kondisi sudah aman,” ungkap presiden David Rubin dan CEO Dawn Hudson.


    “Ajang Oscars yang mendatang dan acara pembukaan museum kami akan menjadi momen yang bersejarah, di mana para pecinta film dan sinema dari seluruh dunia dapat berkumpul.”





    Dengan ini, organisasi Academy of Motion Picture Arts and Sciences telah membuat peraturan baru dengan memperpanjang kelayakan tanggal rilis antara 1 Januari 2020 hingga 28 Februari 2021. Submission deadline untuk kategori khusus seperti animated feature film, documentary feature, documentary short subject, international feature film, animated short film, dan live action short film adalah 1 Desember 2020.


    Ini merupakan kali keempat penghargaan Oscars ditunda. Insiden pertama terjadi pada tahun 1938 akibat banjir besar di Los Angeles. Pada 1968, Oscars ditunda akibat pembunuhan Dr. Martin Luther King Jr., kemudian 1981 akibat percobaan pembunuhan terhadap presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan.


    (Image: doc. Instagram @theacademy)