Lifestyle

15 Buku Biografi Selebriti yang Inspiratif

  by: Givania Diwiya Citta       17/6/2020
    • Masa-masa menantang dari menghadapi pandemi belumlah berakhir, dan suntikan inspirasi tetap dibutuhkan untuk menjalani hari demi hari.
    • Sederet buku biografi dari para selebriti yang juicy hingga yang menyentuh berikut ini bisa membuat kamu terinspirasi.


    Saat menjalani self-quarantined selama beberapa bulan ke belakang, sudah berapa banyak buku yang kamu baca, girls? Meskipun kamu sudah membaca daftar buku-buku terbaru, tapi coba jangan lewatkan juga untuk membaca buku-buku dari selebriti favorit kamu. Karena hei, banyak dari selebriti A-list pun berprofesi sampingan sebagai penulis buku, lho! Mulai dari Issa Rae hingga Tina Turner dan Reese Witherspoon, mereka cukup bisa merilis buku-buku yang layak jadi inspirasi kamu.




    Meski kebanyakan buku-buku selebriti mengandung elemen memoar, yang artinya kamu bisa melihat kehidupan asli mereka di balik layar, tapi buku-buku di bawah ini bisa membuat kamu ikut tertawa sampai ikut menangis. Dan satu hal lagi yang juga penting: Buku-buku ini akan membuat kamu lebih mengapresiasi profesi sekaligus karakter mereka sebagai seorang individu. Selamat terinspirasi!


    Why Not Me? – Mindy Kaling


    Buku Mindy yang jenaka ini diisi oleh kumpulan esai yang mencakup berbagai topik penting: Jatuh cinta di tempat kerja, lalu cara untuk tampak alami di depan kamera sesuai dengan arahan Hollywood, dan rencananya untuk menjadi orang pertama yang menurunkan berat badan tanpa mengubah perilakunya sama sekali (sama dengan kita, bukan?). (Opentrolley.co.id, harga: Rp304.000,-)


    I Might Regret This – Abbi Jacobson


    Setelah bintang Broad City ini mengalami patah hati, ia memutuskan untuk solo road trip selama dua minggu dari NYC ke LA dan menuliskan buku kumpulan esai ini, yang berisi segala hal mulai dari cinta, kehilangan, karier, sampai penemuan jati diri. (Opentrolley.co.id, harga: Rp523.000,-)


    Whiskey in a Teacup – Reese Witherspoon


    Mengapa dinamakan Whiskey in a Teacup? Menurut nenek Reese, Dorothea, itulah gambaran para perempuan selatan Amerika: Cantik di luar, kuat di dalam. Reese mengeksplorasi seperti apa tumbuh besar di wilayah selatan, dan membagikan beberapa tip, trik, dan resep terbaik dari Dorothea. Mungkin baca ini sambil makan biskuit dan teh, girls? (Opentrolley.co.id, harga: Rp691.000,-)


    The Last Black Unicorn – Tiffany Haddish


    Tiffany belajar untuk menjadi jenaka sedari kecil karena sebuah keharusan. Karena hanya itu yang membuatnya bisa melewati masa-masa di sekolah, di rumah orang tua angkatnya, dan di industri tempatnya berkarier. Ia menuliskan semuanya secara jujur (dan lucu, tentunya) tentang perjalanannya dari nol hingga menjadi salah satu komedian tersukses di Hollywood. (Periplus.com, harga: Rp107.000,-)


    Inside Out – Demi Moore


    Demi Moore mungkin punya kesuksesan yang kita idam-idamkan, tapi kehidupan pribadinya jauuuuh dari kata sempurna. Dalam memoar ini, kita bisa belajar sejarah hidupnya tentang kecanduannya, isu terhadap citra tubuh, dan trauma masa kecil – semua ia hadapi saat menjadi sorotan publik. (iLotte.com, harga: Rp244.000,-)


    Brunette Ambition – Lea Michele


    Lea berangkat dari aktris penuh aspirasi hingga melejit lewat acara TV Glee, jadi inilah semacam buku panduan untuk kita yang bermimpi menjadi besar. (Periplus.com, harga: Rp349.000,-)


    Bossypants – Tina Fey


    Alumni Saturday Night Live ini berhasil menjual bukunya lebih dari 3,75 juta copy. Angka tinggi tersebut membuktikan bahwa pembaca ingin bacaan yang bold namun berhumor feminis seperti ini – apalagi jika latarnya relevan. (Periplus.com, harga: Rp242.000,-)


    Not That Kind of Girl – Lena Dunham




    Tak takut untuk memprovokasi, gaya khas Lena yang menekankan feminisme terpancar lewat setiap kalimat di buku ini, di mana ia bercerita secara detail tentang bagian-bagian konyol sekaligus yang menyeramkan dalam hidupnya, dalam koleksi esai ini. (Booksbeyond.co.id, harga: Rp229.500,-)


    Scrappy Little Nobody – Anna Kendrick


    Jika kamu merasa relatable dengan cuitan-cuitan aktris ini di Twitter seolah-olah ia adalah salah satu teman dekat kamu, maka tak mengejutkan jika memoar bintang Pitch Perfect ini juga sangat menghibur. Setelah mengikuti perjalanan quirky Anna menuju popularitas, kamu akan jadi lebih mendukungnya saat membaca buku ini. (Opentrolley.co.id, harga: Rp312.000,-)


    Around the Way Girl – Taraji P. Henson


    Dalam memoar yang jujur ini, bintang dari Empire dan Hidden Figures ini membocorkan pengalaman-pengalamannya di Hollywood, termasuk mengupas anekdot tentang kesenjangan penghasilan. Kharisma Taraji dalam buku ini akan membuat kamu tak sadar membuka lembar demi lembar halaman, sampai membuatmu mengenalnya lebih baik hari ini. (Periplus.com, harga: Rp228.000,-)


    Wishful Drinking – Carrie Fisher


    Setelah memoarnya dalam The Princess Diarist, mendiang aktris besar Star Wars ini justru mengungkap hubungannya dengan Harrison Ford. Tapi Wishful Drinking yang didasarkan pada one-woman show Carrie, tak bisa diragukan menjadi buku yang sangat menggoda untuk dibaca. Memoar pertamanya setelah merilis empat novel ini penuh dengan gaya pribadinya. (Opentrolley.co.id, harga: Rp291.000,-)


    Life in Motion – Misty Copeland


    Sebagai balerina tetap berdarah Afrika-Amerika pertama di American Ballet Theatre, Misty adalah seorang pencetak sejarah. Tak mengejutkan jika memoarnya ini pun sangat inspiratif, lewat kilas balik jejaknya dalam menaklukkan hal yang tampak tak mungkin menjadi mungkin. (Opentrolley.co.id, harga: Rp312.000,-)


    The Misadventures of Awkward Black Girl – Issa Rae


    Jika kamu suka dengan Insecure (kalau belum pernah nonton, coba tonton dulu sekarang!), maka kamu pasti ingin baca koleksi esai Issa yang ini. Buku ini penuh dengan situasi tak nyaman yang kerap kita lalui sehari-hari juga, yang mungkin membuat kamu bisa teriak, “Aku juga pernah begitu!” Kamu akan dibawa tertawa tanpa henti dengan buku ini. (Opentrolley.co.id, harga: Rp285.000,-)


    Just Kids – Patti Smith


    Musisi legendaris ini memaparkan hidupnya dalam memoar, mulai dari kronologis hubungannya dengan fotografer Robert Mapplethorpe di New York saat era 60an dan 70an, lalu ada pula Janis Joplin, William Burroughs, dan Jimi Hendrix yang semuanya tampil dalam berbagai halaman buku. Nyatanya, buku ini membuat Patti memenangkan Natuonal Book Award untuk kategori Nonfiction, lho. (Opentrolley.co.id, harga: Rp322.000,-)


    I, Tina – Tina Turner


    Ratu rock-and-roll ini membuka diri tentang hubungan abusive bersama mantan suami Ike Turner, yang pada akhirnya diadaptasi menjadi film What’s Love Got to Do with It, yang dibintangi Angela Bassett sebagai Tina. Buku ini, yang turut ditulis oleh Kurt Loder dari MTV News, sangat membuka bagian terdalam dalam hidup Tina. (Opentrolley.co.id, harga: Rp307.000,-)


    (Artikel ini diadaptasi dari Cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Givania Diwiya / Image: Dok. Opentrolley.co.id, Dok. Goodreads.com)