Lifestyle

10 Makanan Dengan Kandungan Vitamin C Tertinggi

  by: Kezia Calesta       18/6/2020
  • Ingin meningkatkan asupan vitamin C? Semua buah dan sayuran mengandung vitamin dan mineral yang bervariasi, namun ada berbagai pilihan yang memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Berikut daftar makanan dengan kandungan vitamin C tinggi untuk kebutuhan tubuhmu!


    1. Jeruk

    Tentunya, jeruk adalah buah yang selalu menjadi top-of-mind orang-orang saat mereka membutuhkan vitamin C. Faktanya adalah, satu buah jeruk berukuran medium mengandung sekitar 70 mg vitamin C, yaitu 78% dari asupan harian yang dibutuhkan. Ingin mencari buah dan sayuran lain dengan kandungan vitamin C yang lebih tinggi? Baca lebih lanjut!




    2. Blewah

    Menurut riset oleh Medical News Today, satu cup blewah mengandung sekitar 65 mg vitamin C - cukup untuk asupan vitamin C sehari-hari untuk meningkatkan produksi pembuluh darah, otot, hingga kolagen dalam tulang. 


    3. Nanas

    Selain lezat, buah nanas juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi: satu cup (165 g) mengandung 131% dari asupan harian yang dibutuhkan tubuhmu! Vitamin C sangat penting untung pertumbuhan dan sistem imun, sedangkan bromelain dalam nanas berfungsi sebagai enzim yang melancarkan pencernaan dan memproses protein dalam tubuh.


    4. Buah Naga

    Meskipun rendah kalori, buah naga terkenal sangat kaya akan vitamin, serat, serta mineral. Kandungan vitamin C dan carotenoid dalam buah naga dapat meningkatkan sistem imun, menetralisir radikal bebas, dan mencegah infeksi dengan melindungi sel darah putih dari kerusakan. 


    5. Kiwi

    Buah kiwi memiliki julukan sebagai rajanya vitamin C, karena kiwi mengandung tiga kali lipat lebih banyak vitamin C ketimbang jeruk. Selain ampuh dalam meningkatkan sistem imun dan menurunkan kolestrol, mengonsumsi buah kiwi setiap hari juga dapat menurunkan resiko penyumbatan darah serta stroke.


    6. Brokoli

    Sayuran yang termasuk golongan superfood ini mengandung 89 mg vitamin C (per 100g), maka menyantap brokoli setiap hari dapat meningkatkan imunitas, menurunkan resiko penyakit inflamasi, serta mengurangi resiko kanker serta penyakit jantung.




    7. Jambu

    Satu buah jambu mengandung sekitar 126 mg vitamin C, atau 140% dari asupan harian yang diperlukan. Jika disantap setiap hari, buah jambu dapat menurunkan tekanan darah dan tingkat kolestrol dalam tubuh.


    8. Papaya

    Satu cup (145 g) papaya mengandung sekitar 87 mg vitamin C, atau 97% dari asupan harian yang diperlukan. Selain itu, papaya juga kaya akan antioksidan dan carotenoid yang dapat menetralisir radikal bebas, meningkatkan kemampuan otak, serta mengurangi stres oksidatif. 


    9. Bayam

    Ingin kulit tampak awet muda? Tingkatkan konsumsi sayur bayam setiap hari! Vitamin C dalam bayam dapat mencegah penuaan dini pada kulit, juga melindungi tubuh dari penyakit mata, penyakit kardiovaskular, hingga mengurangi risiko penyakit sebelum melahirkan.


    10. Stroberi

    1 cup (152 g) stroberi mengandung 89 mg vitamin C, yaitu 99% dari asupan harian yang dibutuhkan. Selain itu, stroberi juga kaya akan antioksidan, folat, hingga manganese yang dapat mencegah kanker, dementia, dan diabetes. Bahkan, jika dikonsumsi setiap hari, stroberi juga dapat menurunkan risiko sakit jantung.


    (Image: doc. Freepik)