Lifestyle

10 Novel Grafis dan Komik Rekomendasi Cosmo

  by: Givania Diwiya Citta       19/6/2020
    • Salah satu genre buku yang telah lama populer di industri literatur adalah komik dan novel grafis.
    • Untuk kamu yang gemar membaca buku disertai ilustrasi, inilah daftar rekomendasi bacaan dari Cosmo.


    Komik serta novel grafis sangat populer di literatur dunia, lagipula… terkadang ada masanya kita ingin membaca santai dengan panduan visual menarik untuk terlepas dari buku teks setebal 1000 halaman bukan? Jangan khawatir, Cosmo mengurasi beberapa novel grafis dan komik yang mengombinasikan gambar-gambar dengan cerita yang menarik. Kamu akan terbawa sensasi membaca semasa kecil, tapi sekarang dengan versi diri dan buku yang lebih dewasa. Apalagi dengan berbagai cerita tentang dan oleh perempuan, kamu akan menikmati membaca seperti dulu lagi.




    The Complete Persepolis – Marjane Satrapi


    Meski digambarkan dengan warna hitam-putih, namun memoar Marjane yang mengisahkan tentang ceritanya bertumbuh besar di Teheran selama masa Revolusi Islam bisa terasa sangat hidup. Bisa dibilang bahwa ini adalah salah satu novel grafis modern terbaik. Marjane juga sangat jujur tentang keluarganya, rasa rindunya, sampai depresi yang ia alami saat menjadi perempuan muda independen di kota yang konservatif. Gambarnya yang bold bisa membuat emosi kamu bergejolak! (Periplus.com, harga: Rp378.000,-)


    French Milk – Lucy Knisley


    Ini adalah kisah tentang seorang perempuan bernama Lucy yang menghabiskan satu bulan tinggal di Prancis bersama ibunya. Lucy belajar tentang menjadi dewasa, sementara ibunya sedang menyesuaikan diri dengan usianya yang masuk 50 tahun. Buku ini menggambarkan hubungan ikatan antara ibu-dan-anak dengan bonus latar Prancis yang cantik. (Opentrolley.co.id, harga: Rp329.000,-)


    Mera, Puti, Emas – Kathrinna R.


    Komik yang satu ini lahir dari karakter-karakter dongeng rakyat tanah air: Bawah Merah, Bawah Putih, dan Timun Emas. Mera dan Puti yang kakak beradik berteman dengan Emas yang bijaksana. Ketiganya berbagi banyak momen bercanda namun tetap memiliki pesan moral yang dikandung. Dengan kemasan gaya yang pop, komik ini bisa dibaca secara lintas generasi. (Mizanstore.com, harga: Rp47.600,-)


    When I Was A Kid – Boey 


    Sebagai animator asal Malaysia yang berbasis di Amerika, Boey sukses merefleksikan masa kecilnya saat di Johor Bahru, lalu bertumbuh besar ke Singapura, sampai melanjutkan studi di San Francisco. Cerita-cerita dalam buku ini seolah turut mendorong pembacanya untuk ikut meraih mimpi tanpa lupa dengan akarnya. (Opentrolley.co.id, harga: Rp444.000,-)


    Adulthood Is a Myth – Sarah Andersen


    Buku ini rasanya menggambarkan kehidupan sehari-hari kita, LOL. Seperti kebiasaan kita yang menghabiskan akhir pekan yang-seharusnya-indah menjadi terbuang untuk berselancar seharian di internet. Atau sesederhana tentang merindukan pulang ke rumah dari kantor untuk berganti pakaian jadi piyama sambil bertanya-tanya apa itu maknanya menjadi dewasa. (Opentrolley.co.id, harga: Rp276.000,-)




    Chicken Soup for the Soul – Kim Dong Hwa


    Seniman manhwa Korea ini memiliki guratan gambar khas yang delicate. Jadi saat gambarnya dikemas ke dalam cerita menyentuh seperti Chicken Soup for the Soul ini… Cosmo tak bisa berhenti terpukau dan tersentuh. Inilah sederet kisah menggugah hati mulai dari anggota keluarga yang tumbuh besar dan melanjutkan hidup masing-masing, sampai kenangan tentang cerita cinta orangtua kita. (Togamas.com, harga: Rp142.200,-)


    Bitch Planet – Kelly Sue DeConnick & Valentine De Landro


    Para penggemar sci-fi dan komik penuh aksi pasti akan menyukai Bitch Planet. Ini adalah cerita tentang praduga klasik dystopia: Bagaimana kalau para perempuan pemberontak diasingkan ke penjara luar planet? Bitch Planet menggunakan gaya film 60an dan 70an sambil mengumpulkan seluruh perempuan beragam bentuk, ukuran, warna kulit, dan identitas dalam situasi yang menantang mereka untuk kabur dari penjara. Bayangkan saja kombinasi aksi pahlawan dan villain dari 40 tahun lalu itu semuanya perempuan. Kyaaa! (Opentrolley.co.id, harga: Rp198.000,-)


    A Meal Makes Her Forget – Jun Abe


    Serial komik komedi karya kartunis asal Jepang ini sudah pernah diangkat menjadi drama serial, lho. Selain humoris, komik ini juga dijamin akan menggugah selera makan kamu, karena kita bisa mengikuti perjalanan karakter Sachiko Sasaki yang mencari pelarian untuk melupakan masa lalu atau hari yang buruk dari menyantap makanan lezat. Yum! (Bukukita.com, harga: Rp22.950,-)


    Saga – Brian K. Vaughan & Fiona Staples


    Serial komik berlatar dunia futuristis ini mengungkapkan cerita cinta dewasa yang berbalut perang antar planet. Yup, inilah cerita yang menggambarkan secara nyata tentang tantangan dalam pernikahan dan menjadi orangtua, namun tetap intim serta exciting. Bahkan terkadang narasinya dibuka oleh sang bayi, bukan dari dua karakter utama pasangan tersebut, it’s just amazing! (iLotte.com, harga: Rp141.000,-)


    Strange Planet – Nathan W. Pyle


    Pengarang buku New York Times bestselling ini menghadirkan novel grafis menggemaskan tentang semesta alien berwarna pink, biru, hijau, sampai ungu. Meski telah populer lebih dulu di Instagram, tapi buku ini tetap menyajikan cerita-cerita lucu namun menggugah, seperti Celebration of Special Days sampai The Being Reflects on Life While Watching the Planet Rotate. (Booksbeyond.co.id, harga: Rp224.100,-)


    (Artikel ini diadaptasi dari Cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa & Teks: Givania Diwiya / Images: Dok. Goodreads.com; Dok. Opentrolley.co.id; Dok. Mizanstore.com)