Lifestyle

Singapore Airlines Siap Terbang Dengan Protokol Baru

  by: Alvin Yoga       18/6/2020
    • Singapore Airlines (SIA) meningkatkan langkah kesehatan dan keselamatan untuk meningkatkan perjalanan pelanggan.
    • Singapore Airlines atau yang kita kenal juga dengan SQ merilis beberapa protokol kesehatan dan keamanan terbaru demi menghadapi ancaman pandemi.


    Singapore Airlines (SIA) siap kembali terbang! Airlines ini telah memperkenalkan sejumlah inisiatif kesehatan dan keselamatan, dan meningkatkan beberapa langkah dalam beberapa minggu terakhir sebagai bagian dari tinjauan komprehensif perjalanan pelanggan dari awal hingga akhir.

    Persiapan tersebut telah memungkinkan SIA untuk menyempurnakan pengalaman perjalanan berdasarkan saran dari para ahli medis, regulator dan mitra, serta masukan dari para pelanggan. Inisiatif ini membantu memastikan lingkungan yang aman dan sehat bagi pelanggan, memungkinkan kamu untuk melakukan perjalanan dengan penuh keyakinan bersama maskapai penerbangan.



    Informasi tentang langkah-langkah kesehatan dan keselamatan selama tahap pra-penerbangan, di bandara, di dalam pesawat, dan pada saat kedatangan tersedia dalam e-brosur yang baru. Brosur tersebut juga akan dikirim ke semua pelanggan sebelum penerbangan.

    Langkah-langkah ini adalah bagian dari inisiatif baru perusahaan #SIAcares, yang mencakup proyek tanggung jawab sosial perusahaan yang akan diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang.

    Chief Executive Officer Singapore Airlines Goh Choon Phong mengatakan: “Inisiatif ini membantu memastikan bahwa, di tengah wabah Covid-19, standar kesehatan dan keselamatan industri kami tetap menjadi bagian integral dari janji pelayanan kelas dunia SIA. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk bepergian bersama kami dengan penuh keyakinan, karena mengetahui bahwa kami telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga kesejahteraan sepanjang perjalanan mereka."

    “Kami juga bekerja pada berbagai solusi digital baru yang akan lebih meningkatkan pengalaman pelanggan, serta mendukung inisiatif kesehatan dan keselamatan. Ini akan memungkinkan SIA untuk lebih memenuhi harapan dari para pelanggan kami selama masa-masa ini.”


    Peningkatan Standar Kebersihan

    SIA telah meningkatkan prosedur pembersihan di semua tempat, termasuk pada Lounge SilverKris. Kamu dapat menikmati makanan a la carte alih-alih layanan prasmanan di lounge, di mana staf SIA mengenakan masker sepanjang waktu dan sarung tangan saat diperlukan.

    Setiap pesawat SIA Group telah melalui proses tambahan pembersihan sebelum penerbangan. Ini termasuk prosedur pengasapan pesawat yang mengikuti persyaratan peraturan. Permukaan umum dan area seperti jendela, meja baki, handset, layar hiburan dalam penerbangan, toilet dan dapur dibersihkan dengan disinfektan kuat yang disetujui. Headset, penutup kepala, sarung bantal, seprei, dan selimut juga dicuci dan diganti setelah setiap penerbangan.

    Pola aliran udara dari langit-ke-lantai di dalam kabin membantu membatasi penyebaran virus dan bakteri. Udara juga disegarkan setiap dua hingga tiga menit. Setiap pesawat dalam armada Group dilengkapi dengan filter High Efficiency Particulate Air (HEPA), yang menghilangkan lebih dari 99,9% partikel termasuk virus dan bakteri di udara.

    Hampir semua toilet di pesawat SIA memiliki keran tanpa kontak dan cuci tangan anti-bakteri. SIA juga melihat uji coba prosedur pembersihan ultra-violet (UVC) di darat untuk toiletnya sebelum setiap penerbangan.


    Produk dan Layanan di dalam Penerbangan

    Mulai 8 Juni, semua maskapai di SIA Group akan menyediakan seperangkat perlindungan kesehatan bagi para pelanggan yang terdiri dari masker bedah, tisu tangan anti-bakteri, dan sanitiser tangan. Ini membantu memberikan jaminan tambahan kepada pelanggan selama masa-masa yang tidak pasti ini.

    E-Library SIA adalah pengganti digital yang ideal untuk surat kabar, majalah, dan literatur seatback yang telah dihapus dari pesawat. Ini tersedia melalui aplikasi seluler SingaporeAir, dan menyediakan akses ke lebih dari 150 surat kabar internasional, majalah, dan bahan bacaan lainnya.

    Maskapai ini juga menawarkan App Companion pertama di dunia, yang memungkinkan kamu untuk mengendalikan KrisWorld, sistem hiburan dalam penerbangan (IFE) SIA, melalui perangkat selulermu.

    Awak SQ akan mengenakan masker di seluruh penerbangan, dengan tambahan kacamata saat berinteraksi dengan pelanggan dan sarung tangan selama layanan makan. Mereka juga merupakan duta kesehatan dan keselamatan dalam penerbangan SIA selama ini, memberikan layanan penuh perhatian dan intuitif mereka yang terkenal di dunia untuk menghadirkan keyakinan bagi pelanggan.




    Pelayanan Makanan

    SIA telah memodifikasi layanan makanan dan minuman dalam penerbangannya untuk mengurangi risiko kontak dengan pelanggan dan anggota kru. Layanan makanan telah ditangguhkan untuk penerbangan di Asia Tenggara dan layanan ke Cina Daratan karena alasan kebijakan. Sebaliknya, tas makanan ringan disediakan untuk kamu para pelanggan.

    Pada penerbangan jarak jauh, layanan baki tunggal telah diperkenalkan di First Class dan Business Class menggantikan layanan tata letak meja. Untuk meningkatkan pengalaman bersantap dalam penerbangan selama periode ini, SIA secara progresif memperkenalkan kembali makanan favorit seperti sate khas maskapai dan roti bawang putih mulai pertengahan Juni 2020. Singapore Airlines juga akan membahas dengan para regulator mengenai bagaimana mereka dapat menyajikan pengalaman santapan lengkap di dalam pesawat.


    Solusi Digital yang Akan Datang

    Layanan pemesanan makanan digital di lounge dan e-menu dalam penerbangan akan diperkenalkan dalam beberapa bulan mendatang.

    Aplikasi SingaporeAir juga ditingkatkan untuk memberi kamu informasi lebih lanjut tentang pembatasan perjalanan dan kesehatan di seluruh jaringan SQ. Ini akan dipersonalisasi menurut pesanan masing-masing.

    Perusahaan sedang mengerjakan solusi Print-n-Go, yang akan memungkinkan kamu untuk mencetak boarding pass dan label bagasi di kios swalayan bandara tanpa kontak dengan cara melalui Aplikasi SingaporeAir atau kode QR.


    Pemesanan Terpercaya

    Pusat Informasi Covid-19 di situs web Singapore Airlines adalah sumber informasi lengkap bagi kamu yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kebijakan pemesanan, jadwal penerbangan, dan saran perjalanan. Informasi kesehatan dan keselamatan, termasuk brosur elektronik, juga tersedia di sini.


    Untuk memberikan lebih banyak jaminan bagi pelanggan, Singapore Airlines telah merevisi kebijakan global pembebasan biaya seperti menawarkan bonus kredit penerbangan atau memberikan pengembalian uang kepada mereka yang lebih memilih opsi tersebut. SIA juga telah memperpanjang validitas status KrisFlyer dan PPS, serta tanggal jatuh tempo untuk miles.

    Untuk melihat lebih lanjut aturan dan jaminan keselamatan Singapore Airlines, kamu dapat melihat video di bawah ini:



    (Alvin Yoga / FT / Image: Goh Rhy Yan on Unsplash)