Career

Semua yang Perlu Kamu Tahu Soal Dompet Digital atau E-Wallet

  by: Alvin Yoga       20/6/2020
    • Di masa yang serba tidak menentu ini, menggunakan dompet digital dan uang digital alias e-wallet dan e-money lebih disarankan dibanding menggunakan uang tunai atau cash.
    • Masyarakat kini lebih sering dan lebih suka menggunakan dompet digital.
    • Dompet digital memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, berikut ini beberapa tips untuk menggunakan dompet digital secara aman.


    We are going digital. Seiring dengan kemajuan teknologi, cara bertransaksi yang kita lakukan pun ikut berubah. Jika sebelumnya kita menjejali dompet dengan lembaran uang tunai, kini kita sibuk “mengisi” berbagai opsi pembayaran nontunai. Yes, gaya hidup tanpa uang tunai atau cashless society kini menjadi salah satu alternatif transaksi yang semakin diminati. Hasilnya? Penggunaan dompet digital kian menjamur di tengah masyarakat, khususnya bagi generasi milenial.

    Terutama di masa yang serba tidak menentu seperti sekarang ini, menggunakan dompet digital dan uang digital alias e-wallet dan e-money tentu menjadi opsi yang lebih baik dan lebih disarankan dibandingkan menggunakan uang tunai atau cash. Bagi kamu yang belum banyak tahu mengenai apa itu dompet digital, apa saja kegunaannya, apa kelebihan dan kekurangannya, serta bagaimana tips menggunakan dompet digital secara aman, simak artikel ini sampai habis!




    Here’s a glimpse of digital money

    Dikenal juga sebagai dompet elektronik atau e-wallet, dompet digital merupakan dompet virtual yang memungkinkan penggunanya melakukan transaksi elektronik secara cepat dan aman sesuai dengan nominal uang atau saldo yang terisi di dalamnya. Fungsinya sendiri mirip seperti dompet saku atau dompet fisik yang kita miliki, perbedaannya nominal di dalam dompet digital hanya bisa digunakan pada ritel rekanan yang menyediakan pembayaran sesuai dengan layanan e-wallet yang tersedia.


    Dompet digital di Indonesia
    in numbers



    The reason why we lurve it

    Menurut survei Ipsos Marketing Summit Indonesia pada tahun 2019 lalu, berikut ini adalah tiga alasan utama mengapa masyakarat suka menggunakan dompet digital:


    26% Terjamin

    Ketika melakukan transaksi pembayaran dengan layanan aplikasi dompet digital, pengguna akan diminta memasukkan kata sandi yang hanya diketahui oleh pengguna. Hal ini membuat penggunaan dompet digital dikenal praktis, aman, dan nyaman. Selain itu, dompet digital juga dikenal simpel karena pengguna tak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak, sehingga mengurangi risiko pencurian.

    25% Memberikan rasa puas

    Penggunaannya yang mudah dan praktis membuat pengguna dompet digital merasa puas dan senang memiliki akun dompet digital.

    19% Ada bukti pembayaran

    Salah satu manfaat terbaik dari dompet digital adalah kamu bisa melihat riwayat pembelian pada aplikasi. Bukti pembayaran pun biasa dikirimkan via surel setelah kamu melakukan transaksi.



    So… should I download this app or not?

    Dompet digital menawarkan sederet keuntungan di tengah kemajuan teknologi, sehingga mengunduh dan membuat akun pada dompet digital terkesan menggiurkan. Namun, meski mempermudah aktivitas ekonomi, dompet digital juga memiliki beberapa kelemahan. Berikut ini keuntungan dan kekurangan dari dompet digital:


    The benefits:

    a) Praktis

    Menurut survei Ipsos Marketing Summit Indonesia pada 2019 lalu, alasan ini menjadi kelebihan utama mengapa para pengguna memilih menggunakan dompet digital. Kecanggihan teknologi memang membuat penggunaan dompet digital menjadi efisien dan praktis. Cukup dengan membawa ponsel, kamu bisa melakukan transaksi di berbagai ritel yang menyediakan jasa layanan dompet digital.

    b) Jaringan luas

    Dengan total lebih dari 500.000 ritel yang menerima layanan pembayaran dompet digital di Indonesia – mulai dari usaha mikro, kecil dan menengah, sampai toko ritel terkenal – aplikasi-aplikasi tersebut bisa dipakai hampir di manapun, dan kapanpun.

    c) Memberikan kemudahan

    Dalam melakukan transaksi pembayaran, kamu tak perlu lagi repot membawa uang tunai dalam jumlah banyak karena ada banyak kebutuhan yang bisa dibayar dengan menggunakan dompet digital. Hal ini juga membuat kamu tak perlu repot bolak-balik ke ATM untuk mengambil uang tunai. Selain menguntungkan kamu sebagai pengguna, pihak penjual juga tak perlu repot menyediakan uang kembali karena pembayaran pasti dilakukan dengan nominal yang sesuai.

    d) Banyak promo

    Salah satu alasan terbesar mengapa banyak masyarakat mengunduh dan mengaktifkan akun dompet digital adalah adanya berbagai tawaran promo yang dikeluarkan oleh layanan tersebut. Mulai dari penawaran instan cashback, penambahan poin, sampai potongan harga instan, hal ini efektif membuat banyak orang tertarik menggunakan dompet digital. Well, siapa sih yang tak suka potongan harga?

    e) Banyaknya inovasi yang ditawarkan

    Berdasarkan laporan dari Nomura ASEAN internet: Opening up the mobile wallet, GoPay menjadi dompet digital terdepan di Indonesia dengan 10 tipe servis yang ditawarkan. Di antaranya adalah pengantar makanan, transportasi publik, pembelian tiket bioskop, pembayaran e-commerce, layanan logistik, pengiriman barang, pembelian pulsa, penarikan tunai, pembayaran tagihan bulanan, dan P2P lainnya. Dengan banyaknya servis yang bisa dilakukan hanya dengan satu aplikasi, hal ini membuat dompet digital menjadi layanan yang digemari.

    f) Aman

    Dengan adanya sistem sekuritas berupa kata sandi – yang hanya diketahui pengguna – ketika akan melakukan transaksi pembayaran, hal ini membuat aplikasi layanan dompet digital dipercaya oleh masyarakat.



    g) Ada catatan riwayat transaksi

    Bagi kamu yang gemar mencatat pengeluaran, kelebihan ini tentu menjadi favorit. Setiap kali selesai melakukan transaksi, kamu bisa melihat riwayat pembelian pada aplikasi. Selain itu, bukti pembayaran juga biasa dikirimkan via surel setiap kali kamu melakukan transaksi.

    h) Top up mudah

    Mengikuti kemajuan zaman, kamu cukup menggunakan aplikasi mobile banking untuk mengisi uang – lebih dikenal sebagai saldo – pada layanan dompet digital. Praktis dan cepat.


    But ummm...

    a) Lebih boros

    Pasalnya, pembayaran digital membuat banyak orang menjadi kurang peka terhadap pengeluaran. Drazen Prelec, profesor dari Massachusetts Institute of Technology mengatakan pembayaran nontunai berpotensi membuat pengguna kurang merasa ‘kehilangan’ uang saat membayar. Kondisi ini diperparah dengan minimnya pengetahuan milenial dalam mengelola keuangan. Menurut riset PwC pada 2014, dari 5.500 responden berusia 23-35 tahun, hanya 24% yang memiliki pengetahuan pengelolaan keuangan secara memadai. Yes, di balik keunggulan sistem pembayaran elektronik, aplikasi tersebut juga membuat pengeluaran menjadi terlalu mudah dan penganggaran menjadi lebih sulit.

    b) Hanya berlaku pada ritel tertentu

    Jika kamu memperhatikan, terlihat jelas bahwa layanan aplikasi dompet digital hanya berlaku untuk ritel rekanan. Dengan begitu, apabila kamu bertransaksi di tempat yang bukan rekanan, kamu harus menggunakan metode pembayaran lain. Berbeda dengan uang tunai yang jelas diterima sebagai bentuk pembayaran di hampir seluruh ritel.

    c) Bergantung pada jaringan internet

    Salah satu kelemahan terbesar dompet digital adalah ketergantungannya yang besar pada jaringan internet. Apabila jaringan kamu buruk atau terputus pada lokasi pembayaran, kamu terpaksa harus membayar dengan cara lain – yang mungkin saja membuat kamu kehilangan promo yang ditawarkan. Hal ini tentu menyulitkan apabila kamu bertransaksi di daerah yang jaringan internetnya belum stabil, atau yang lebih buruk jika paket internet yang kamu miliki habis. Uh-oh!

    d) Rentan eror

    Karena bergantung pada server, ada beberapa keadaan yang membuat aplikasi rentan dan tidak bisa digunakan di waktu-waktu tertentu. Alih-alih praktis, hal ini justru membuat pengguna merasa dirugikan.

    e) Bergantung pada ketahanan ponsel

    Dengan kata lain, kamu harus menjaga agar baterai ponsel selalu berada pada kondisi siap digunakan. Selain itu, semakin banyak aplikasi yang digunakan, maka semakin banyak juga memori yang terpakai pada ponsel.

    f) Banyaknya kasus penipuan

    Salah satu alasan utama mengapa banyak orang meragukan dompet digital adalah karena banyaknya kasus penipuan atau fraud yang terjadi pada layanan aplikasi dompet digital. Dan seringnya, kasus fraud tersebut tidak bisa di-tracking sehingga pengguna akan kehilangan uangnya tanpa mendapat biaya ganti rugi dari penyedia layanan.

    g) Saldo di dalamnya tidak bisa ditransfer ke rekening awal

    Apalagi jika kamu memiliki banyak dompet digital di waktu yang bersamaan, uang yang kamu miliki akan “tersebar” sebagai saldo di banyak tempat sekaligus. Uang – yang kini menjadi saldo – tersebut hanya bisa mengendap di aplikasi layanan tersebut sampai kamu menggunakannya.

    h) Promo hanya berlaku pada layanan dompet digital tersebut

    Cashback atau poin memang terkesan menggiurkan. Namun ingat, promo tersebut tidak bisa diuangkan. Sistem cashback hanya bisa digunakan kembali dengan aplikasi dompet digital yang sama, dan hanya bisa dipakai di ritel rekanan. Begitu pun dengan promo poin, kamu hanya bisa menukarkan poin dan mendapatkan keuntungan lewat layanan tersebut, membuat kamu “terpaksa” harus loyal pada satu layanan saja.



    Here’s how to use it to the fullest

    Dompet digital memang memiliki sejumlah manfaat, namun kelebihan teknologi ini perlu digunakan secara bijak dan pintar agar kamu bisa merasakan keuntungannya secara maksimal. Berikut ini beberapa tip dari Cosmo dalam menggunakan dompet digital:


    a) Pilih dengan baik layanan aplikasi dompet digital yang kamu butuhkan.

    Lihat kelebihan dan kekurangan dari aplikasi layanan dompet digital yang ingin kamu unduh. Sebaiknya, pilih layanan aplikasi dompet digital yang ragam inovasinya banyak dan paling menopang kebutuhan kamu.

    Ingat, jangan tergiur dengan promo yang diberikan semata. Jika kamu hanya akan menggunakan satu ragam inovasi pada layanan dompet digital tersebut, kamu tidak akan sering memakainya karena promonya terbatas, dan keuntungannya tidak seberapa, pikir ulang sebelum kamu mengunduh, mengaktifkan dan melakukan top-up pada dompet digital tersebut.

    b) Batasi jumlah saldo yang perlu disimpan.

    Terutama jika kamu termasuk salah satu yang konsumtif ketika menyimpan uang di dompet digital. Masalahnya, sisi praktis yang ditawarkan dari layanan dompet digital juga ikut mengundang sisi negatif, terutama bagi kamu yang masih belum bisa menahan keinginan konsumtif.

    Tipnya: kondisikan saja dengan kebutuhan bulanan kamu. Manfaatkan fitur riwayat pembelian. Lihat apa saja pengeluaran yang tidak terlalu penting dan pernah kamu lakukan (duh!) dan hitung berapa rata-rata pengeluaran yang kamu perlukan dalam satu minggu atau satu bulan, lalu isi dompet digital tersebut sesuai dengan rata-rata pengeluaran. Beberapa layanan dompet digital juga sudah menyediakan fitur untuk membantu mengatur limit harian. Dengan cara ini, kamu bisa membatasi transaksi yang dilakukan melalui dompet digital.

    c) Gunakan sebijak mungkin.

    Gunakan hanya untuk kebutuhan yang telah direncanakan, semisal untuk layanan transportasi dari dan menuju kantor, membayar tagihan listrik, membayar asuransi kesehatan dan lainnya. Sebisa mungkin, minimalisir penggunaan dompet digital untuk kebutuhan yang bersifat impulsif.

    d) Ingat untuk tetap berhati-hati.

    Dengan banyaknya kasus scam dan fraud yang terjadi belakangan ini, ada baiknya kamu berhati-hati. Jangan pernah membagikan OTP pada pihak lain, ganti kata sandi secara reguler tiap enam bulan sekali apabila memungkinkan, dan jangan pernah mengirimkan uang pada siapapun dengan alasan urgensi pada saat menggunakan layanan dompet digital. Usahakan untuk memiliki kata sandi yang berbeda pada setiap aplikasi dompet digital. Jangan menggunakan wi-fi publik saat melakukan transaksi digital apapun, dan bila kamu masih belum yakin dengan keamanannya, kamu juga bisa mengunduh aplikasi kunci dari app store yang bisa membantu mengunci aplikasi tertentu di ponsel sebagai pelindung ekstra. Beberapa aplikasi dompet digital juga memiliki sistem dua kata sandi, gunakan kelebihan ini agar kamu merasa lebih aman ketika bertransaksi.

    e) Manfaatkan berbagai promo.

    Penyedia layanan dompet digital kini berlomba-lomba menawarkan promo semenarik mungkin untuk membuat kamu menggunakan produk mereka, dan kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk menghemat pengeluaran. Semisal, kamu ingin membeli makan siang di kantor. Dari deretan layanan dompet digital yang kamu miliki, lakukan perbandingan dan pilih layanan yang paling banyak memberi keuntungan. Jangan ragu untuk menggunakan saldo cashback atau poin yang sudah kamu kumpulkan, karena well, kelebihan tersebut hanya bisa kamu gunakan lewat layanan tersebut. Namun perlu diingat, jangan sampai promo-promo tersebut membuat kamu jadi konsumtif. Terapkan batasan pengeluaran saldo yang sudah kamu tentukan sebelumnya, dan perlakukan saldo yang ada layaknya uang tunai. Now you’re ready to go cashless.


    (Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Kelly Sikkema on Unsplash / Taylor Van Riper on Unsplash / Katie Harp on Unsplash / Joanna Kosinska on Unsplash / Guillaume Galtier on Unsplash / Jp Valery on Unsplash / shambam on Unsplash / MARK S. on Unsplash / Alexandr Hovhannisyan on Unsplash / Stephen Phillips - Hostreviews.co.uk on Unsplash )