Lifestyle

5 Strategi untuk Mengatasi Stres Akibat Berita Negatif

  by: Kezia Calesta       19/6/2020
  • Jika kamu seringkali merasa lebih stres atau anxious setelah membaca berbagai berita negatif di Internet, that’s totally normal. Mulai dari berita tentang COVID-19, konflik antar negeri, hingga masalah dari dalam negeri sendiri, Cosmo mengerti bahwa membaca berita seperti ini setiap hari dapat membuat kamu merasa takut, paranoid, hingga kewalahan. Meskipun membaca berita agar up-to-date memang penting, ada baiknya juga menyusun strategi dan membuat peraturan untuk diri sendiri agar kamu dapat menjaga kesehatan mental dan mengatasi stres berlebihan.


    1. Hindari media sosial sebagai sumber berita.

    Jika kamu mengikuti banyak akun berita di Instagram, mungkin ada baiknya jika kamu memencet tombol “Unfollow” untuk sementara. Biasanya, pengguna Instagram membuka aplikasi tersebut untuk melihat update sehari-hari dari teman, keluarga, dan selebriti favorit… namun di tengah browsing, akan ada saja berita negatif yang kian muncul setiap hari jika kamu mengikuti konten berita. Maka dari itu, Cosmo sarankan kamu untuk mendapatkan berita dari sarana lain: contohnya, langsung berkunjung ke situs berita tersebut, atau membuat akun kedua di Instagram atau Twitter yang digunakan khusus untuk mendapat update dari portal berita saja. 




    2. Batasi notifikasi dari portal berita.

    Apakah kamu seorang milenial atau Gen Z yang selalu mengecek situs berita setiap hari? Berdasarkan sebuah studi oleh APA pada tahun 2017, 3 dari 5 orang dewasa yang tergolong milenial dan Gen Z mengakui bahwa mereka sebenarnya ingin lebih mengikuti berita, namun hal tersebut malah membuat mereka semakin stres. Saran Cosmo? Jika setting di handphone kamu memunculkan berita terbaru secara otomatis di notifikasi, matikan setting tersebut. Mendapat update tentang berita terkini sebanyak 10-20 kali dalam sehari dapat menjadi trigger yang membuatmu semakin stres.


    3. Mute orang-orang di media sosial yang sering menyebarkan berita hoax atau konten negatif.

    Sorry not sorry! Saatnya menyembunyikan update dari orang-orang yang seringkali membagikan berita negatif lewat Instagram Stories. Tidak semua orang menyadari efek yang mereka sebabkan kepada mentalitas orang lain, dan terkadang kamu tidak ingin menegurnya secara langsung… maka lebih baik mute saja.




    4. Hindari berita pada malam hari.

    Meskipun membaca berita sebelum tidur terdengar efisien, ini sebenarnya kurang baik untuk kesehatanmu. Membaca berita pada malam hari dapat meningkatkan anxiety sebelum tidur dan mengaktivasikan blue light yang dapat menurunkan kualitas tidur.


    5. Tentukan waktu untuk mengecek berita setiap hari.

    Apakah kamu lebih banyak menghabiskan waktu depan komputer atau smartphone sejak PSBB dan WFH? Jika ya, ini artinya kamu perlu membatasi diri sendiri. Di waktu luang, tinggalkan gadget dan lakukan aktivitas yang menenangkan: kamu dapat melakukan sesi self-care, mengikuti kelas yoga, berjalan di treadmill sambil mendengarkan playlist olahraga favorit, menyiram tanaman, mempelajari resep baru, dan lain-lain. Free your mind!


    (Image: doc. jcomp via Freepik)