Lifestyle

7 Tips Pergi ke Mal Secara Aman di Masa New Normal!

  by: Giovani Untari       20/6/2020
    • Mulai tanggal 15 Juni 2020, Pemprov DKI Jakarta dan sejumlah wilayah di Indonesia telah resmi mengumumkan untuk membuka kembali pusat perbelanjaan dan mal.
    • Inilah 7 tips penting yang patut kamu ingat sebelum pergi ke mal secara aman di masa new normal seperti sekarang.


    Tepat pada tanggal 15 Juni 2020 lalu, Pemprov DKI Jakarta resmi mengumumkan bahwa pusat perbelanjaan atau mal sudah diperbolehkan untuk beroperasi kembali. Tidak hanya di DKI Jakarta, kebijakan ini juga dilakukan oleh beberapa wilayah di Indonesia. 

    Meski mal dan beberapa pusat perbelanjaan telah kembali dibuka, akan tetapi 'perang' melawan Coronavirus atau COVID-19 masih terus berjalan, girls! Dan sudah menjadi kewajiban bagi kita semua untuk selalu mematuhi segala protokol kesehatan demi mencegah penularan Coronavirus, di manapun dan kapanpun termasuk saat pergi ke mal di masa new normal.



    Jadi demi kebaikan kita bersama, ini dia 7 tips penting yang patut kamu ingat sebelum pergi ke mal secara aman di masa new normal seperti sekarang.


    1. Selalu Gunakan Masker

    Demi mencegah penularan COVID-19, sejak awal April 2020 Pemerintah Indonesia telah mencanangkan program #MaskerUntukSemua. Di mana masyarakat Indonesia diwajibkan untuk menggunakan masker saat tengah beraktivitas di luar rumah. So, sangat penting bagi kita semua untuk selalu menggunakan masker termasuk saat hendak pergi ke mal demi mencegah penularan COVID-19. Terlebih jika digunakan oleh mereka yang tertular COVID-19 namun tidak menunjukkan adanya gejala sakit apapun.





    2. Jangan Lupa Cuci Tangan selama 20 Detik atau Gunakan Hand Sanitizer dengan Kandungan Alkohol

    Selain menggunakan masker, salah satu protokol kesehatan yang wajib dilakukan juga adalah rajin mencuci tangan selama 20 detik. Tentu saja hal ini sebenarnya tidak sulit, mengingat mal pun pastinya memiliki fasilitas yang akan mempermudah kamu untuk mencuci tangan. WHO Indonesia telah menyarankan kita semua untuk melindungi diri dengan cara rajin mencuci tangan selama 20 detik, terutama pada beberapa kondisi tertentu seperti: setelah bersin dan batuk, sebelum, selama, dan setelah menyiapkan makanan, sebelum makan, serta saat tangan terlihat kotor



    Atau jika kamu merasa kesulitan menemukan tempat mencuci tangan, gunakan hand sanitizer yang memiliki kandungan alkohol 70% untuk membunuh kuman, bakteri, serta virus. Di setiap store serta pintu masuk mal umumnya selalu tersedia hand sanitizer yang bisa digunakan oleh customer.


    3. Hindari Terlalu Sering Menyentuh Barang / Sesuatu

    Barang-barang yang dipajang di store, handle eskalator, gagang pintu, troli supermarket, bahkan tombol ATM sebenarnya berpotensi terkontaminasi Coronavirus. Karena virus ini sendiri mampu menempel di permukaan dan bertahan hidup hingga hitungan hari di benda tersebut.

    Meski mal pastinya sudah menerapkan sejumlah protokol kesehatan dan kebersihan mereka dengan sedemikian rupa, tetap penting bagi kita untuk turut meminimalisir menyentuh banyak hal selama di mal. Terutama pada benda-benda yang sering disentuh oleh orang lain secara umum. Jika mengharuskan untuk menyentuh sesuatu, segera cuci tangan kamu atau gunakan hand sanitizer setelahnya. Lalu hindari juga menyentuh area mata, mulut, dan hidung dengan tangan yang kotor.




    4. Patuhi Aturan Soal Physical Distancing



    Salah satu aturan lainnya yang patut kita ikuti adalah soal physical distancing yang diterapkan di mal. Cara ini dilakukan untuk membantu kita terhindar dari penyebaran COVID-19 dengan memberi batasan jarak antar pengunjung. Perhatikan selalu aturan physical distancing di dalam lift, saat mengantri, menggunakan eskalator, atau sedang duduk di restoran dan ruang tunggu serta tempat lainnya di dalam mal ya, girls! Ini dilakukan demi kebaikan dan kesehatan kita bersama.


    5. Bawa Alat Makan & Perlengkapan Ibadahmu Sendiri

    Dengan dibukanya mal, beberapa restoran didalamnya juga turut beroperasi kembali. Tetapi demi mencegah penularan COVID-19, tidak ada salahnya kamu membawa alat makanmu sendiri saat tengah menyantap makanan atau minuman di restoran. Hal ini juga berlaku bagi perlengkapan ibadah, di mana dengan membawa perlengkapan ibadahmu sendiri kamu bisa mencegah penularan COVID-19 lewat perlengkapan yang bersifat massal.


    6. Usahakan Membayar Secara Cashless



    Ada alasan mengapa pembayaran bersifat non-tunai sebenarnya lebih dianjurkan saat ini. Itu lantaran uang sering berpindah tangan sehingga besar kemungkinan virus COVID-19 pun menyebar melalui media uang tunai saat bertransaksi. Sebisa mungkin, gunakan pembayaran yang bersifat cashless saat tengah berbelanja. Dan gunakan jari manis ketimbang jari telunjuk atau jempol saat sedang menekan tombol PIN. Baca juga artikel Cosmo: Akan Pergi Berbelanja? Ikuti Langkah Pencegahan COVID-19 ini ya.


    7. Hindari Pergi Terlalu Lama

    Bagi beberapa orang pergi ke mal bisa menjadi terapi tersendiri untuk menghilangkan rasa penat setelah melalui fase PSBB. Tapi ada baiknya kita tidak pergi atau berada di mal terlalu lama, dear! Mengingat angka penularan COVID-19 di Indonesia pun sebenarnya belum mereda. Dengan semakin lama kita berada di luar terlebih di tempat umum, maka peluang kita terpapar COVID-19 pun semakin besar. Segera pulang ke rumah setelah urusanmu di mal selesai. Lalu setelah pulang,  Lakukan 9 Hal Ini Setelah Pergi Keluar Saat Pandemi Corona!


    (Giovani Untari / Images: Dok. prostooleh for Freepik.com, Tenor.com)