Fashion

Ini Cara Menggulung Celana Kamu Jika Terlalu Panjang!

  by: Hendry Leo       21/6/2020
  • Girls, apakah kamu memiliki jeans yang kepanjangan? Mungkin salah satu cara untuk mengelabuinya adalah dengan menggunakan sepatu hak tinggi. Namun jika kamu tipe yang lebih menyukai menggunakan flat shoes atau sneakers, cara yang tepat adalah dengan menggulung celana kamu. Selain menopang aksi jadi lebih trendi, cara ini juga bisa menyiasati kaki kamu jadi lebih jenjang. So, berikut Cosmo punya cara untuk menggulung celana kamu jika terlalu panjang!

    Cara Menggulung Celana dengan Menggunakan Tangan

    Well, ini adalah salah satu langkah efektif untuk kamu yang tidak memiliki peralatan menjahit yang lengkap dirumah. Beberapa peralatan yang harus kamu persiapkan adalah jarum untuk menjahit, benang, gunting khusus kain, pin, dan setrika. Kemudian kamu bisa mengikuti instruksi dengan melihat video berikut ini! Tak hanya itu Cosmo juga akan memaparkan langkah-langkahnya secara lebih detail. Yuk, simak!




    1. Siapkan jarum untuk menjahit dan benang yang telah dipotong dengan dua sisi sesuai keinginan.

    2. Gulung celana ke bagian luar sesuai dengan lebar sesuai keinginan. Kemudian gunakan jarum atau pin untuk menandai batas panjang bagian celana kamu pada bagian atas dan bawah.

    3. Setelah itu, gulung kembali dengan ukuran lipatan lebih kecil yakni setengah dari ukuran lebar awal. Kemudian tandai kembali dengan menggunakan jarum atau pin.

    4. Lepas pin, lipat ujung potongan di kedua sisi, dan lipat seluruh celana bagian dalam ke luar.

    5. Setelah semua pin dilepas, kamu bisa merapikannya menggunakan setrika agar lipatan baru terlihat lebih rapi.

    6. Langkah berikutnya, jahit bagian sisi atas dan bawah lipatan kamu secara mengelilingi bagian celana. Sebagai tip, Cosmo sarankan pilih benang yang sesuai dengan warna pada celana kamu.

    7. And last, balikkan bagian jahitan ke dalam agar terlihat lebih keren. Selamat mencoba!

    Cara Menggulung Celana dengan Menggunakan Mesin Jahit

    Jika kamu memiliki mesin jahit, langkah yang satu ini bisa kamu lakukan untuk menggulung celana agar tampak lebih rapi. Selain mempersiapkan alat-alat seperti mesin jahit, gunting khusus kain, benang, palu, dan jarum atau pin, kamu juga membutuhkan konsentrasi dengan menggunakan alat ini. Yuk, simak video dan langkah-langkah secara detail!




    1. Cobalah celana kamu terlebih dahulu untuk mengukur panjang yang diinginkan.

    2. Gunakan pena atau pensil untuk menandai bagian yang dilipat pada bagian dalam dan luar. Gunakan penggaris untuk hasil yang lebih rapi.

    3. Lalu potong menggunakan gunting khusus kain pada bagian celana yang sudah ditandai, lalu sisakan setengah inchi.

    4. Gunakan benang jahitan untuk membuang sisa-sisa jahitan pada bagian celana agar mempermudah kamu menjahitnya dengan mesin jahit.

    5. Kemudian jahit sekeliling bagian kaki celana pada bagian atas dan bawah.

    6. Setelah itu, lipat kembali pada bagian bawahnya ke dalam. Kamu bisa menekan bagian bawah yang baru dijahit dengan menggunakan palu agar tampak lebih alami dan tak kaku seperti video di atas.


    Semoga langkah2 di atas bisa membantu kamu untuk menggulung celana secara efektif! Selamat mencoba, girls!


    (Artikel ini disadur oleh cosmopolitan.com/ Alih bahasa: Hendry Leo/ Foto: Dok. Cosmopolitan US, unsplash.com)