Better You

7 Cara Merawat Vagina Agar Bebas dari Bau Tidak Sedap

  by: Giovani Untari       22/6/2020
    • Salah satu masalah yang sering dikeluhkan para perempuan adalah vagina mereka yang mengeluarkan aroma atau bau tidak sedap.
    • Untuk mencegahnya, yuk ikuti 7 cara merawat vaginamu agar bebas dari bau tidak sedap berikut ini.


    Kita semua pastinya selalu menginginkan yang terbaik untuk diri kita, bukan? Termasuk urusan memberikan segala hal yang terbaik dalam hal merawat area vagina kita. Tapi terkadang salah satu masalah yang sering muncul dan menjadi momok bagi para perempuan adalah vagina mengeluarkan aroma atau bau tidak sedap. Masalah ini ternyata bisa saja muncul karena faktor kebersihan yang kurang atau faktor habit yang buruk, babes! Oh no!

    Untuk mencegahnya, yuk ikuti 7 cara merawat vaginamu agar bebas dari bau tidak sedap berikut ini:




    1. Bersihkan Vaginamu dengan Menggunakan Air Bersih

    FYI, vagina kita merupakan organ yang magical, di mana 'ia' sebenarnya bisa membersihkan dirinya sendiri. Yang perlu kita lakukan adalah membantunya agar tetap bersih dengan cara rajin membasuhnya menggunakan air bersih setiap selesai buang air kecil dan buang air besar.

    Selalu ingat, cara terbaik membersihkan vagina adalah adalah dengan menggunakan air bersih serta menyiramnya dari arah depan (area vulva) ke belakang. Metode front-back ini bertujuan untuk menghindari penyebaran bakteri dari area belakang menuju ke organ kewanitaan. 


    Baca juga: 7 Cara Merawat Kesehatan Vagina Setelah Aktivitas Seks


    2. Jaga Area Vaginamu dalam Kondisi Kering

    Aroma vagina yang tidak sedap juga biasanya datang dari vagina yang berada dalam kondisi lembap. Yang mana area kewanitaan yang lembap adalah ruang yang subur bagi pertumbuhan jamur dan bakteri di bawah sana. Jamur dan bakteri inilah yang bisa memicu masalah vagina mengeluarkan bau tidak sedap.

    Untuk itu setelah selesai membersihkannya, jangan lupa untuk keringkan area vaginamu menggunakan tisu  lembut. Selalu ganti underwear-mu jika kamu merasa lembap atau basah. Serta jangan memakai underwear yang sama selama seharian penuh!


    3. Ganti Pembalut dan Pantyliners setiap 3 – 4 Jam Sekali


    Kebersihan saat menstruasi juga menjadi kunci agar vagina bebas dari bau tidak sedap. Darah kotor yang terlalu lama mengendap di pembalut atau pantyliners juga mampu menjadi ladang subur pertumbuhan bakteri dan jamur. Belum lagi, hal tersebut juga bisa membuat vagina terasa gatal. So, saat menstruasi sebaiknya kita rutin mengganti pembalut atau pantyliners setiap 3-4 jam sekali atau saat kamu merasa 'penuh'.

    Kamu juga bisa membersihkannya dengan menggunakan bantuan sabun kewanitaan yang lembut dan non-perfume. "Selama periode menstruasi, membersihkan vagina dengan menggunakan sabun khusus dan air akan sangat membantu menjaga kebersihannya," ujar Dr Suzy Elneil, seorang konsultan di Urogynaecology at University College Hospital, London.


    4. Hindari Menggunakan Produk Kewanitaan yang Mengandung Pewangi

    Banyak dari kita yang berpikir cara tercepat untuk mendapatkan vagina yang wangi adalah dengan menggunakan berbagai produk kewanitaan yang mengandung wewangian. Padahal sebenarnya vagina kita tidak memerlukan itu semua. Seperti dalam artikel Cosmo 8 Kebiasaan Ini Ternyata Buruk Bagi Kesehatan Vagina, produk pembersih kewanitaan, spray pewangi, deterjen, hingga pembalut yang mengandung pewangi dapat berpotensi menganggu keseimbangannya pH vagina. Bila digunakan terus menerus ini akan menjadi sebuah masalah baru bagi vagina kamu, terutama jika kamu memiliki vagina yang sensitif.




    5. Jangan Memakai Underwear dan Celana Terlalu Ketat


    Oooo... siapa yang mengira jika memakai underwear dan celana terlalu ketat ternyata bisa memicu munculnya aroma tidak sedap di vagina? Hal ini lantaran underwear dan celana yang terlalu ketat membuat Miss Cheeerful kita menjadi kesulitan dalam "bernapas".

    Udara yang terperangkap di dalamnya membuat vagina menjadi lebih lembap. Ada baiknya kita memilih bahan underwear yang lebih friendly bagi vagina seperti misalnya yang berbahan cotton.


    6. Bilas Menggunakan Campuran Tea Tree Oil

    Jika vagina mengeluarkan aroma tidak sedap, saatnya untuk mencoba membilasnya menggunakan air hangat yang sudah diberi tea tree oil. Selain membuat rileks, tea tree oil memiliki kandungan anti mikroba dan anti jamur alami yang bisa dicoba untuk mengurangi munculnya bau tidak sedap di vagina. Lakukan treatment ini selama 3-5 hari, babes! Apabila vagina masih mengeluarkan aroma tidak sedap yang menyengat dan membuatmu terganggu, ini saatnya untuk segera berkonsultasi dengan dokter agar mendapat penanganan yang tepat.


    7. Hindari Makanan yang Bisa Memicu Bau Tidak Sedap di Vagina


    Ada 8 makanan yang ternyata buruk bagi kesehatan vagina kamu, dear! Beberapa makanan seperti bawang merah, bawang putih, asparagus, dan brokoli ternyata juga dapat menimbulkan aroma menyengat di Miss Cheerful. Itu karena pada dasarnya area kewanitaan kita juga mempunyai kelenjar keringat yang bisa menghasilkan bau atas apa yang kita makan. Hindari mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah berlebihan untuk mencegah timbulnya aroma yang tidak sedap di vagina.


    (Giovani Untari / Images: Dok. Leah Kelley and Polina Zimmerman for Pexels.com, Tenor.com)