Beauty

10 Cara Menumbuhkan Rambut Dengan Cepat dan Panjang

  by: Astriana Gemiati       23/6/2020
    • Menginginkan rambut tumbuh dengan cepat dan panjang?
    • Berikut 10 tips merawat rambut yang bisa kamu terapkan di rumah agar tumbuh cepat dan panjang.


    Yup, apakah kamu sering memiliki sedikit penyesalan ketika memotong rambut kamu di salon dan menginginkannya rambut tumbuh panjang kembali? Memang secara fisik menumbuhkan rambut terlihat lebih cepat panjang tidak terjadi dalam satu malam, kecuali kamu menggunakan hair extension.




    Seperti yang kamu ketahui, rambut biasanya hanya tumbuh minimal seperempat inci hingga setengah inci maksimal per bulan. Dan, tetap saja untuk mendapatkan rambut panjang mungkin yang kamu butuhkan adalah kondisi rambut dalam keadaan sehat dan tidak memiliki banyak ujung rambut bercabang.


    So, jika kamu merasa rambut tidak tumbuh dengan cepat, setidaknya setengah inci perbulan, coba terapkan tips berikut ini:


    #1. Pertimbangkan vitamin pertumbuhan rambut

    Suplemen rambut bukanlah obat ajaib dan pastinya tidak boleh dikonsumsi tanpa harus dengan konsultasi dengan dokter kamu. Cosmo tahu, vitamin rambut sebenarnya tidak diatur oleh FDA, artinya produk tersebut dapat mengandung bahan apa pun dan mengklaim keajaiban apa pun yang mereka inginkan. Jadi, ada baiknya kamu benar-benar mengkonsumsinya atas saran dokter mana rekomendasi vitamin yang tepat. 


    #2. Bilas dengan air dingin

    Mencuci rambut dengan air dingin di akhir mandi bisa memberikan tambahan kekuatan pertumbuhan rambut. Air dingin membuat lapisan luar rambut kamu lebih lancar hingga membantu mencegah hilangnya kelembapan, hambatan, dan kerusakan akibat panas. Kamu hanya perlu melakukannya selama beberapa detik, namun satu langkah tambahan ini dapat membuat perbedaan besar dari waktu ke waktu. 


    #3. Jauhi dari bleaching

    Ketika kamu melakukan bleach pada rambut, kutikula pada helai rambut akan terbuka. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan signifikan terutama bagi mereka yang memiliki rambut lebih gelap setiap saat. Dan, rambut yang telah diwarnai atau dirawat secara kimiawi juga lebih cenderung patah atau mudah bercabang, yang berarti kamu akan lebih banyak sering memotong rambut untuk mengatasinya. Jika kamu ingin rambut tumbuh dan lebih panjang, serta cepat, kamu mungkin ingin mempertimbangkan kembali untuk mengistirahatkan sejenak mewarnai rambut.


    #4. Gunakan sarung bantal sutra

    Jika kamu bangun dengan rambut kusut, mungkin sarung bantal katun kamu bisa menjadi penyebabnya. Cosmo sarankan untuk beralih ke sarung bantal sutra atau satin, karena sarung bahan ini memiliki permukaan yang lebih lembut yang tidak akan menyebabkan gesekan dengan rambut kamu seperti yang biasa ditenun dengan kapas. 


    #5. Tukar penggunaan karet elastis kamu

    Memiliki rambut panjang, mengikat rambut menjadi suatu pilihan untuk membuat ponytail. Namun, efek mengikat rambut juga bisa berdampak buruk buat helai rambut kamu, seperti menyebabkan kerontokan rambut, rambut patah, kepala pusing, hingga menghambat pertumbuhan rambut. Ada baiknya ganti karet elastis kamu dengan claw clips, bobby pins, atau jepit yang lebih besar. 




    #6. Melakukan trim secara berkala

    Jika kamu memiliki rambut panjang dan tampak sehat, sering kali pemangkasan tidak dapat dinegosiasikan. Seperti hidup dengan ujung rambut yang bercabang dua, patah, hingga rambut cenderung rusak. Dengan secara berkala melakukan trim, helai rambut kamu akan tetap terjaga dari kerusakan dan senantiasa sehat.


    #7. Menggunakan sampo lebih sedikit

    Sebenarnya melewatkan pengunaan kondisioner ketika mandi sangatlah tidak disarankan. Tujuan dari sampo adalah untuk membersihkan kotoran dan penumpukan produk, namun kebanyakan sampo diisi dengan sabun keras yang disebut dengan sulfat, yang bertujuan untuk menghilangkan minyak alami yang kamu butuhkan untuk rambut panjang dan sehat. Cosmo sarankan ada baiknya kamu untuk memilih sampo bebas sulfat.


    #8. Menggunakan kondisioner

    Ketika kamu sedang mencoba menumbuhkan rambut dengan cepat, kondisioner rasanya tepat menjadi teman terbaik kamu saat ini. Seiring waktu, pewarnaan dan heat styling mampu menyebabkan helai menjadi lebih tipis di bagian bawah. Jadi, untuk mengembalikan kesehatan rambut kamu, kondisioner bantu mengganti lipid dan protein di dalam batang rambut, serta menyegel kutikula luar, sekaligus menjaganya agar rambut tetap lembap. Pada dasarnya, ini adalah pertahanan pertamamu melawan kerusakan yang mengancam tujuan rambut panjangmu.


    #9. Hindari alat panas

    Tolong letakkan alat panas ke bawah sebentar, ok? Pelurus rambut, curling wands, chemical relaxers, atau perawatan lainnya apa pun yang menyebabkan banyak kerusakan tidak akan membantu rambut kamu semakin panjang. Semakin sehat rambut kamu, semakin cepat rumbut akan tumbuh. Pastikan saja jika kamu ingin menggunakan alat panas, aplikasikan heat protectant pada rambut sebelum kamu memulainya.


    #10. Sikat dengan lembut

    Menyikat atau menyisir rambut kamu adalah hal yang penting, tentu saja, namun ingatlah bahwa menyikat secara agresif dapat menyebabkan kerusakan fisik pada rambut kamu. Pada dasarnya, jika kamu dapat mendengar suara sikat berderak melalui helai rambut kamu, artinya kamu menyisirnya terlalu kasar. Berhati-hatilah pada saat rambut dalam kondisi basah, karena akan lebih rentan rusak.



    Baca juga: Cara Untuk Mendapatkan Rambut Kilau Dan Halus


    ( Astriana Gemiati, Image: Gregory Scaffidi/IMAXtree.com )