Better You

8 Makanan yang Baik untuk Meredakan Pilek

  by: Giovani Untari       24/6/2020
    • Saat terserang pilek, ternyata ada beberapa bahan makanan yang sebenarnya bisa kamu konsumsi untuk membantu meredakan penyakit satu ini.
    • Ini dia 8 makanan yang baik untuk dikonsumsi saat pilek.


    Perubahan cuaca yang sering terjadi akhir-akhir ini juga menurunnya imun tubuh memang menjadi penyebab kita mudah terserang pilek. Penyakit ini juga membawa beberapa gejala yang yang tidak nyaman bagi tubuh seperti munculnya rasa pusing, hidung tersumbat, dan juga bersin yang bisa menganggu aktivitas.

    Untuk mempercepat proses penyembuhannya, sebenarnya kamu bisa dibantu dengan beristirahat yang cukup serta mengonsumsi makanan yang baik saat pilek.



    Ini dia 8 bahan makanan yang baik untuk kamu konsumsi saat pilek. Get well soon, dear:


    1. Madu

    Madu sudah lama dipercaya sebagai salah satu bahan makanan yang memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Itu karena madu mengandung anti mikroba dan anti inflamasi yang bisa "melawan" virus serta bakteri yang masuk di dalam tubuhmu. Madu juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga mempercepat proses penyembuhan sakit pilekmu. Tips terbaik untuk mengonsumsinya adalah dengan mencampurkan madu dengan air hangat. Atau jika kamu memiliki gejala pilek disertai batuk, minum satu sendok madu untuk membantu melegakan tenggorokan.


    2. Jeruk dan Lemon


    Buah-buahan dari keluarga citrus seperti jeruk, jeruk nipis, dan lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Di mana vitamin C baik bagi para penderita pilek karena berperan sebagai anti oksidan yang mampu memperkuat daya tahan tubuh. Agar semakin efektif kamu bisa menambahkan perasan lemon ke dalam air madu hangat.


    3. Jahe

    Di dalam jahe terkandung zat bernama gingerols, zat ini juga berperan sebagai agen anti inflamasi yang mampu meredakan rasa sakit saat kamu terserang pilek. Selain itu gingerols juga mempunyai kandungan anti bakterial dan mikroba yang baik untuk melawan infeksi di tubuh.


    4. Greek Yogurt


    Bahan makanan yang menjadi bestie kita saat membuat smoothies ini pun tak kalah baik dikonsumsi saat pilek. Greek yogurt tinggi kandungan probiotik dan protein di dalamnya dibanding yogurt biasa. Probiotik inilah yang mampu meredakan penyakit seperti flu dan pilek. Sedangkan protein di dalamnya membuat tubuh tetap berenergi dan memperkuat imun tubuh meski kamu sedang terserang pilek. Mengonsumsi greek yogurt secara rutin juga membantu kamu untuk terhindar dari berbagai jenis penyakit.




    5. Tomat

    Saat kamu terserang pilek, tomat bisa kamu andalakan untuk mempercepat proses penyembuhanmu. Sama seperti buah-buahan dari keluarga citrus, tomat kaya vitamin C. Yang mana dalam sebuah tomat berukuran sedang bisa mengandung hingga 16 mg vitamin C yang efektif untuk mempercepat proses penyembuhanmu.


    6. Salmon


    Di balik rasanya yang enak, salmon juga kaya kandungan gizi yang baik untuk dikonsumsi selama pilek. Terutama berkat kandungan zinc, protein, dan omega-3 di di dalamnya yang bisa meredakan gejala pilek. Omega-3 juga menjadi komponen yang berperan untuk mengurangi adanya inflamasi dalam tubuh kita selama pilek.


    7. Sayuran Hijau

    Okay, time to stock it! Pasalnya sayuran hijau seperti bayam, kale, selada, serta brokoli juga memiliki kandungan vitamin C yang baik dan dibutuhkan tubuh saat terserang pilek. Vitamin C dalam sayuran hijau ini bisa mempercepat proses penyembuhan sakit pilekmu.


    8. Sup Ayam


    Sup ayam atau yang terbuat dari kaldu lainnya mengandung banyak nutrisi yang baik untuk mempercepat fase penyembuhanmu dari sakit pilek. Salah satunya tinggi asupan zat protein dan asam amino. Semangkuk sup hangat juga mampu membuat tubuh terasa lebih nyaman dan melegakan hidung tersumbat saat kamu terserang pilek. Plus-nya lagi, sup ayam juga membantu kamu juga mengonsumsi lebih banyak cairan yang baik untuk mencegah dehidrasi.


    (Giovani Untari / Images: Dok. Andrea Piacquadio, monicore, and pixabay from Pexels, Tenor.com)