Lifestyle

13 Rekomendasi Playlist K-Pop Pilihan di Spotify

  by: Alexander Kusumapradja       24/6/2020
    • Spotify memperkenalkan 13 playlist pilihan musik Korea dari beragam genre dan dekade.
    • Dari mulai soundtrack drama Korea, lagu paling hits saat ini, hingga lagu-lagu lawas yang legendaris, 13 playlist Spotify ini menjadi pilihan seru untuk disimak. 


    Di era streaming saat ini, keberadaan berbagai platform music streaming memang sudah menjadi bagian dari keseharian kita, tak terkecuali bagi para penggemar K-pop. Selain YouTube views, jumlah streaming lagu atau artis K-pop favorit di streaming platform seringkali menjadi tolok ukur dan kebanggaan tersendiri bagi fans maupun sang artis. Bukan hal yang mengherankan bila streaming platform seperti Spotify akhirnya menaruh perhatian khusus untuk genre musik K-pop yang kian mengglobal dan menjadi salah satu pilihan terfavorit di seluruh dunia.

    Sejak peluncuran playlist K-Pop pertama di Spotify, yaitu K-Pop Daebak di tahun 2014, musik K-Pop sudah didengarkan sebanyak lebih dari 41 miliar kali di Spotify. Para penggemar pun telah menghabiskan lebih dari 134 miliar menit untuk mendengarkan musik K-Pop. Dengan lebih dari 50 playlist, Hub K-Pop di Spotify saat ini menjadi salah satu destinasi utama bagi para penggemar untuk menemukan dan menyelami dunia K-Pop melalui beragam artis, genre, dan lagu asal Korea yang dapat menemani setiap mood dan momen dalam hidup kita.



    Tanggal 18 Juni lalu, Spotify pun memperkenalkan 13 playlist baru seputar K-pop yang bisa kita dengarkan. Apa saja? Kita lihat satu per satu yuk!

    1. Cool K:IDs Rock

    Meski identik dengan K-pop yang didominasi oleh grup dengan genre-genre seputar bubblegum pop dan EDM plus koreografi rumit, Korea Selatan sebetulnya punya banyak band beraliran rock yang tak kalah menarik untuk disimak lho, terutama bila kamu memang lebih menyukai musik yang dibawakan dalam format band. Nama-nama populer seperti HYUKOH, DAY6, dan Jannabi mungkin sudah tak ada asing di telingamu, tapi di playlist bergenre Korean Rock ini, kamu akan menemukan lebih banyak nama artis dan grup lainnya yang mungkin belum sempat kamu dengarkan sebelumnya seperti Wetter, Dasutt, Se So Neon, dan masih banyak lagi. 

    2. TrenChill K-R&B

    Sebelumnya dikenal sebagai Sexiest K-Grooves, playlist ini merefleksikan musik R&B dengan alunan lembut dan soulful dari artis-artis seperti Yerin Baek, HEIZE, Crush, hingga Baekhyun EXO yang materi solonya memang super chill and groovy! Playlist ini cocok didengarkan di suasana santai sepert ketika kamu sedang mengerjakan tugas, menyetir mobil, atau sekadar menikmati malam dengan secangkir minuman favoritmu di kamar tidur. 

    3. K-Hip-Hop +82

    Dari Jay Park. DPR LIVE, hingga Nafia, playlist ini memperkenalkan sejumlah rapper bertalenta asal Korea Selatan, baik yang berkiprah di ranah mainstream maupun underground. Beberapa artis mungkin bisa kamu temukan di playlist R&B sebelum ini, namun secara umum lagu-lagu yang dikurasi di playlist ini lebih danceable dan kental dengan permainan rhymes dibalut beat yang seru!  

    4. Best of Korean Soundtracks

    Drama Korea alias drakor adalah bagian tak terpisahkan dari kesuksesan budaya pop Korea Selatan menerjang seluruh dunia dan jelas lagu tema atau soundtrack merupakan salah satu hal yang membuat sebuah drama begitu berkesan. Bagi pecinta drakor, playlist satu ini wajib diikuti karena menghadirkan berbagai para queens and kings of soundtrack seperti Taeyeon, Suran, dan Park Kyung. Ayo coba masih ingat tidak lagu-lagu ini jadi soundtrack drakor apa? 

    5. Korean OST Instrumentals

    Terkadang, tak perlu kata-kata dan lirik untuk membangun atmosfer penuh makna dalam sebuah adegan drama Korea. Cukup iringan musik instrumental saja bisa membuatmu ikut terhanyut dalam perasaan para tokoh di drakor yang sedang kamu tonton. Playlist ini merangkum musik-musik instrumental dari drama-drama Korea terbaik. 

    6. KimBops!

    Kalau kamu termasuk yang mendengarkan musik favoritmu yang itu-itu saja dan bingung harus mencari dari mana musik Korea lain yang sedang jadi hits saat ini, langsung saja ke playlist ini karena memang menampilkan pilihan lagu-lagu Korea yang menjadi hits di seluruh dunia, dari mulai soundtrack drakor yang sedang hits seperti Hospital Playlist hingga rilisan terbaru dari Stray Kids dan IZ*ONE

    7. Korean Old Vinyls

    Ada sensasi tersendiri ketika mendengarkan lagu-lagu lawas dari era 1970-an dan 1980-an. Selain nostalgia, lagu-lagu tersebut juga berfungsi seperti mesin waktu yang bisa menggambarkan situasi dan kondisi di era tersebut. Untuk penggemar musik klasik dan ingin menambah wawasan mereka, playlist yang berisi artis-artis legendaris Korea seperti Lee Moon Sae, Kim Kwang Seok, dan Kim Hyunshik ini adalah pilihan yang tepat. 



    8. K-Pop Ballad Hits

    Ingin mencari playlist lagu ballad yang lebih up to date? Well, puaskan sisi sentimental dirimu dengan mendengarkan lagu-lagu dari Super Junior K.R.Y, JinSoul, dan IU di playlist ini.  

    9. Tropical K-Pop

    Influens tropical house di dalam K-Pop adalah hal yang menjadi tren tersendiri dan turut mendefinisikan musik-musik K-Pop kontemporer saat ini. Meskipun liburan musim panas tahun ini terpaksa batal karena pandemi virus corona, kita masih bisa merasakan suasana malam musim panas yang seksi dan hangat di lagu-lagu seperti “MORE & MORE” dari TWICE, “Hola Hola” dari KARD, “Nonstop” dari OH MY GIRL, dan masih banyak lagi di playlist ini. 

    10. K-Club Party

    In the mood for party? Ini playlist yang cocok untukmu. Lagu-lagu dari Chung Ha, NCT, HyunA dan artis lainnya siap membuatmu ingin menggoyangkan badan dan membuat mood-mu naik lagi! 

    11. Nolja!

    Generasi K-Pop di satu dekade terakhir ini punya peranan khusus dalam mempopulerkan K-pop ke seluruh penjuru dunia dan meneruskan perjuangan dari senior-senior mereka. Dengarkan kembali lagu-lagu K-Pop paling hits dari era 2010-an di playlist ini. 

    12. Girl Krush

    Dari Red Velvet hingga BLACKPINK dan ITZY, playlist ini berisi lagu-lagu dari “girl crush” idolamu yang lebih menyukai musik yang fierce dan kental pesan girl power. Mendengarkan playlist ini bisa membangkitkan sisi diva dalam dirimu dan menambah kepercayaan diri. Tidak percaya? Coba langsung dengar sendiri! 

    13. Satang Mix

    Meskipun bisa dibilang kebalikan dari playlist sebelumnya, namun Cosmo yakin setiap wanita, yang paling fierce sekalipun, pasti punya sisi aegyo atau momen yang membuat mereka merasa ingin mendengarkan lagu-lagu manis. Untuk yang sedang ingin mendengarkan lagu-lagu bubblegum pop dari artis-artis perempuan K-Pop seperti WJSN, DIA, dan Apink, playlist ini untukmu.

    Dengan begitu banyaknya pilihan playlist di atas, kamu mungkin bingung mau mendengarkan yang mana terlebih dahulu. Coba ikuti kuis kepribadian yang dibuat @SpotifyKDaebak (akun Twitter Spotify yang khusus membahas musik Korea) yang bisa membantu memilihkan playlist yang cocok berdasarkan kepribadianmu. Kamu dapat playlist apa nih?


    (Alex.K/Image: courtesy of JYP Entertainment and Spotify Asia)