COSMOPOLITAN PLAYLIST00:00 - 06:00    
NOW PLAYING

Tak Terduga, Ini Manfaat Berciuman untuk Kesehatan!

BY KEZIA CALESTA 24 Jun 2020
Tak Terduga, Ini Manfaat Berciuman untuk Kesehatan!

Siapa sangka bahwa berciuman dengan pasanganmu ternyata bermanfaat untuk kesehatan? Gestur romantis ini tidak hanya dapat membuat hati berbunga-bunga, tetapi juga dapat menyehatkan tubuh dan pikiran. (Ingat, kamu dan sang pasangan harus dalam keadaan fit, ya.) Simak buktinya!



Berciuman dapat…

1. Menurunkan stres

Need scientific proof? Berciuman dapat menurunkan kortisol, yaitu “stress hormone” yang membantu meregulasi respon tubuh. Interaksi fisik seperti berpelukan dan berciuman dapat menurunkan level kortisol secara signifikan dibanding interaksi biasa dengan sang pasangan.


2. Membakar kalori

Saat berciuman, kamu perlu menggerakan 2 – 34 otot wajah: semakin bergairah, semakin banyak otot wajah yang kamu gunakan! Seperti ototmu yang lainnya, semakin banyak ia bekerja, semakin kencang otot tersebut. Anggap saja ini kunci untuk wajah yang awet muda! Selain itu, berciuman juga dapat membakar 26 kalori setiap menit.



3. Meningkatkan imunitas dan menyehatkan jantung

OK… bayangan bertukar air liur dengan orang lain memang agak menggelikan. Namun ternyata, sebuah riset pada tahun 2014 menunjukkan bahwa pasangan yang berciuman secara reguler memiliki jenis mikrobiota yang sama di air liur dan di lidah mereka. Riset lainnya juga menunjukkan bahwa berciuman dapat membuat pembuluh darah melebar untuk sementara. Artinya, aliran darah akan menjadi semakin lancar dan tekanan darah akan menurun. It’s good for the heart! 


4. Memenuhi otak dengan neurotransmiter positif

Apakah hatimu berdegup dengan cepat saat berciuman dengan pasanganmu? Di saat seperti ini, tubuhmu melepaskan adrenalin dan noradrenalin, dua zat kimia yang mempercepat detak jantung dan membuatmu inderamu lebih tajam. Ditambah lagi, otak melepaskan neurotransmiter berupa oksitosin, dopamin, dan serotonin yang membuat pikiran dan tubuhmu bahagia. Just so you know, oksitosin dikenal sebagai “love hormone” yang dapat membuat kamu dan pasangan merasa semakin dekat dengan satu sama lain!



5. Meredakan anxiety dan mengatasi sakit kepala

Saat berciuman, salah satu neurotransmiter dalam tubuh yaitu serotonin dapat membantu mengatasi anxiety dan menstabilkan mood. Apakah pasanganmu sedang stres? Berciuman dapat melebarkan pembuluh darah dan meringankan sakit kepala. Wow!


6. Membuat seks semakin memuaskan

Air liur mengandung testosterone yang dapat meningkatkan gairah seks. Lalu, berbagai riset membuktikan bahwa berciuman dapat meningkatkan peluang orgasme untuk wanita! Need we say more?



(Image: doc. Unsplash)

0 REACTIONS

Comments

Leave A Comment

POST COMMENT
What are you looking for?
Content of the popup
CLOSE