Beauty

Ini Dia Manfaat Coconut Oil Untuk Wajah Kamu!

  by: Astriana Gemiati       27/6/2020
    • Apakah coconut oil bisa bermanfaat untuk kulit wajah kamu?
    • Coconut oil disinyalir dapat bantu mengunci semua hidrasi yang diterapkan sebelumnya daripada sebagai pelembap itu sendiri. 
    • Cari tahu jawabannya mengenai menggunakan coconut oil pada wajah kamu!


    Pada suatu waktu, teman saya tidak sengaja menjatuhkan botol serum favorit saya yang harganya lumayan cukup mahal, dan menyebabkan botol serum tersebut pecah di lantai ubin (hiks..). Walau terasa berat di dalam hati, namun saya tetap memaafkannya. Ada satu perkataan dari teman saya yang membuat saya mempertimbangkannya kembali. Ia berkata “Kamu tidak memerlukan semua produk skincare itu, yang kamu butuhkan hanyalah coconut oil.”




    Hmm… Saya berpikir kembali, apakah benar coconut oil atau minyak kelapa sebenarnya merupakan bahan kecantikan yang saya butuhkan selama ini? 


    Ya, semua orang memang telah banyak membicarakan coconut oil seperti minyak ajaib yang sudah ada sejak lama. Dimulai untuk kebutuhan perawatan rambut hingga badan. Cosmo pun menghubungi dokter kulit Joshua Zeichner, MD, director of cosmetic and clinical research in dermatology at Mount Sinai Hospital di NYC, untuk mencari tahu mengenai manfaat minyak kelapa untuk kecantikan khususnya makeup.


    Keep reading, girls.. untuk mencari tahu apa yang harus kamu ketahui sebelum mengaplikasikan coconut oil ke seluruh wajah kamu!


    Apa manfaat perawatan kulit menggunakan coconut oil?

    Meskipun minyak kelapa dipuji sebagai pelembap yang baik berkat asam lemaknya, inilah kebenarannya: minyak kelapa sebenarnya terlalu tebal untuk meresap ke dalam pori-pori kamu dan bisa bekerja bantu melembapkan kulit kamu dengan cukup. Faktanya, semua face oil bisa menyerap pelembap, lho!


    Secara teknis, coconut oil akan baik jika diaplikasikan sebagai langkah terakhir dalam rutinitas skincare kamu, untuk mengunci semua hidrasi dan produk yang diterapkan sebelumnya daripada sebagai pelembap itu sendiri. Dan minyak kelapa tidak berbeda, kata Dr. Zeichner. Jadi, jika kamu berencana untuk mengaplikasikannya, mungkin sebenarnya kamu benar-benar mengeringkan kulit dalam upaya untuk melembapkannya.


    Namun, jika kamu benar-benar siap untuk mengaplikasikannya pada wajah menggunakan coconut oil, pastikan untuk mengaplikasikannya di atas lapisan pelembap untuk membuatnya efektif. Atau, ketika kamu menggunakannya untuk tren, kamu bisa mencoba makeup remover atau cleanser, karena kamu tahu bahwa minyak dapat melarutkan minyak, kata Dr. Zeichner.


    Produk rekomendasi Cosmo:


    ST Ives Energizing Coconut and Coffee Face Scrub


    Sephora Collection Coconut Series


    Marc Jacobs Beauty Hydrating Coconut Lip Oil


    Sensatia Botanicals Coconut & Vanilla Facial Scrub 




    Tentu saja, ada satu peringatan untuk seluruh masalah coconut oil: berjerawat! Beberapa orang berpendapat coconut oil adalah pengobatan DIY terbaik untuk mengatasi jerawat, sementara yang lain berpendapat sebaliknya. Hingga membawa kita ke pertanyaan…


    Apakah coconut oil membantu mengatasi jerawat?

    Internet adalah tempat yang menyenangkan di mana kamu dapat menemukan beberapa argumen untuk mencari tahu kebenaran mengenai coconut oil. Jadi, inilah faktanya, langsung dari dokter:


    Coconut oil mungkin berguna merawat kulit yang rentan berjerawat, karena minyak kelapa memiliki kadar asam linoleat yang menenangkan kulit,” kata Dr. Zeichner. “Ini juga mengandung asam laurat, yang dianggap antimikroba, sehingga dapat menurunkan bakteri penyebab jerawat pada kulit dan mengurangi peradangan.”


    Beberapa orang dengan kulit berjerawat atau berminyak masih menemukan coconut oil terlalu berat dan comedogenic (penyumbatan pori) untuk wajah mereka. “Setiap orang berbeda,” kata Dr. Zeichner. “Jika kamu lebih suka natural face oil, kamu tentu dapat mencoba coconut oil pada kulit kamu, namun jika pada akhirnya membuat kamu kesal, artinya kamu tahu coconut oil terlalu berat untuk kamu.”


    Singkatnya, ini mungkin akan dapat membantu atau bisa juga memperburuk keadaan. Dan, jika jawaban tersebut tidak cukup jelas bagi kamu, pertimbangan menggunakan formula yang tepat untuk mengatasi jerawat bisa jadi pilihan kamu, seperti bahan salicylic acid dan benzoyl peroxide.


    Secara keseluruhan, apakah boleh menggunakan coconut oil di kulit kamu?

    Coconut oil tidak berbahaya untuk dicoba, menurut Dr. Zeichner. Namun, apakah ini bahan perawatan kulit yang baik dan multiguna untuk digunakan sebagai produk skincare? Jika kamu lihat, hampir seluruh dunia dan beberapa label kecantikan sudah menggunakan bahan coconut oil dengan berbagai bentuk dan jenis.


    Sebagai cleanser dan makeup remover, hingga face oil, tentu saja semua berkhasiat akan bantu mengunci kelembapan kamu. Tetapi sejauh perawatan jerawat, apa yang berhasil untuk kamu mungkin tidak bekerja untuk saya, dan secara realistis, semua tergantung pada kondisi kulit masing-masing.


    Namun, jika kamu ingin mencoba menggunakan coconut oil pada wajah, padahal kulit kamu rentan berjerawat atau sedang kondisi jerawat, silahkan saja selama kamu masih nyaman menggunakannya. Namun, saran Cosmo ada baiknya jika menggunakan produk yang memiliki formula khusus untuk mengatasi jerawat.



    ( Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com /  Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati Image: subbotina©123RF.com / Dok.Instagram / GIPHY.com )