Better You

8 Cara Jitu untuk Menghentikan Kebiasaan Mengigit Kuku

  by: Giovani Untari       26/6/2020
    • Girls, apakah kamu salah satu yang memiliki kebiasaan mengigit kuku? Kebiasaan ini memang sering kali dilakukan oleh sebagian orang.
    • Simak artikel ini untuk menemukan 8 cara jitu menghentikan kebiasaan mengigit kuku.


    Saat ini rasanya kita semua tengah hidup pada keadaan di mana dunia dilanda rasa anxiety yang cukup ekstrem. Dan dalam masa yang cukup membuat kita semua stres ini, ada beberapa bad habits yang justru tanpa sadar semakin sering kita lakukan dan malah bertambah parah. Salah satunya adalah kebiasaan mengigit kuku. Bukan karena kamu melakukannya dengan sengaja untuk membuat hasil manicure menjadi buruk atau karena kamu menikmati sensasi mengigit kukumu hingga membuatnya terlihat kacau, tetapi karena... kamu tanpa sadar ingin melakukannya begitu saja!

    Tentu saja hal ini memang begitu buruk dan tidak higienis, tetapi hasrat untuk mengigit kuku rasanya terlalu sulit untuk dihentikan. Uggh!





    Tetapi perlu diingat bahwa, tidak ada yang mustahil di dunia ini. Dengan sedikit fokus dan effort, kamu pasti bisa menghentikan kebiasaan buruk ini. Cosmo pun berniat untuk mencobanya dan semoga kamu juga. Karena ya, saat kamu merasa nervous dengan apa yang akan terjadi di dunia ini ke depannya, kamu juga sebenarnya juga banyak memiliki waktu luang untuk berhenti dari kebiasaan satu ini. Jadi mengapa kita tidak mulai menghentikan habit buruk ini dari sekarang, bukan?


    1. Gunakan Bantuan Alat Pencegah

    Menurut Dr. Kathleen Rivera, M.D., seorang psikiater forensik untuk anak/remaja/ dan dewasa dari Nuvance Health, kebiasaan mengigit kuku sebenarnya salah satu cara untuk menenangkan diri. “Saat membawa kuku Anda ke mulut lalu mengigitnya, itu seolah memberikan perasaan melegakan.” ujar Dr. Rivera. “Seperti halnya saat Anda meregangkan karet selebar-lebarnya lalu melepasnya. Sensasi itulah yang dirasakan saat Anda mengigit kuku, tubuh menghasilkan neurotransmiter ke otak yang membuat Anda merasa lebih baik.” 

    Jadi ada alasan mengapa trik populer untuk menghentikan kebiasaan ini adalah mengubah pengalaman saat mengigit kuku menjadi sesuatu yang buruk. “Gunakan cat kuku yang memiliki rasa atau aroma buruk misalnya. Beberapa orang bahkan mencampurkan saus pedas dan esens bawang pada cat kuku mereka,” tukas Dr. Rivera. Kamu akan merasa atau mencium hal aneh dari kuku dan itu akan membuat kamu berhenti dari kebiasaan mengigit kuku.



    2. Bawa Sejumlah Peralatan Kuku di Tas

    Kapanpun kamu merasa ingin mengigit kuku, segera alihkan dengan melakukan hal lain pada kuku misalnya dengan merapikannya. Bila kamu membawa alat pengikir kuku atau gunting kuku ke dalam tas, kamu jadi lebih ingin untuk melakukan trimming sehat pada kuku ketimbang mengigitnya. Letakkan juga alat ini pada meja kerjamu, jadi saat kamu berada dalam situasi yang kurang menyenangkan atau saat bosan, kamu bisa melakukan treatment ini untuk kuku kamu.


    3. Mulailah Mendata Seberapa Sering Kamu Mengigit Kuku

    Terdengar menakutkan, tetapi dengarkan saran Cosmo satu ini. Cobalah untuk menulis diary dari aktivitas mengigit kukumu. Di mana dalam diary tersebut, kamu bisa menulis waktu- saat kamu melakukan kebiasaan ini, seperti apa situasi yang sedang kamu alami, dan perasaan apa yang kamu rasakan sehingga mendorong kamu ingin mengigit kuku. Cara ini akan membantu menunjukkan beberapa aspek psikologis di balik kebiasaan buruk tersebut. Misalnya ternyata kamu selalu mengigit kuku saat meeting karena merasa nervous bila atasanmu tiba-tiba menyuruh kamu untuk berbicara. Mengidentifikasi pemicu awal penyebab kamu mengigit kuku, bisa menjadi bahan pelajaran untuk menghentikannya. 



    4. Manicure Kukumu

    Tampaknya dengan kondisi kuku yang lebih rapi dan cantik sehabis di-manicure, ini akan mengurangi keinginan untuk mengigit kuku jari. “Timbul kesadaran bahwa dari manicure tersebut ada uang, waktu, dan usaha yang telah kita keluarkan, dan merusak manicure jelas seperti mimpi buruk. Di sisi lainnya, hal ini dapat mengurangi keinginan untuk mengigit kuku,” ujar Dr. Rivera. Protect your investment!





    5. Ubah Kebiasaan Kamu

    Jika kamu merasa gelisah dan timbul keinginan untuk menggigit kuku, coba untuk menggantinya dengan sesuatu yang lain. “Anda bisa memilih mengunyah permen karet atau permen keras untuk mengganti kebiasaaan menggigit kuku,” tambah Dr. Rivera.


    6. Berkonsultasilah dengan Profesional

    “Jika menggunakan alat pencegah dan opsi pengganti tidak sukses mengubah bad habit ini dalam jangka panjang, mungkin ini saatnya kamu memilih untuk berkonsultasi dengan terapis yang bisa bisa membantu mengubah kebiasan ini,” saran Dr. Rivera. Seorang profesional akan membantu untuk menelusuri seperti apa penyebab utama mengapa kamu mengigit kuku. Lalu memilih solusi yang tepat serta menyesuaikan dengan diri kita untuk menghentikan kebiasaanmu ini. 



    7. Buatlah Visualisasi Atas Kuku Impianmu

    Coba bayangkan, seperti apa visualisasi atas model kuku impianmu? Kamu bisa membuat sebuah papan yang berisi foto-foto atas kuku idaman dan gambarnya bisa kamu ambil dari majalah kesayanganmu atau berbentuk foto-foto collage. Tidak ingin pusing? Kamu bisa mencari referensi dan menyimpan fotonya dari Instagram atau Pinterest board. Visual ini akan membuatmu selalu mengingat mengapa kamu bekerja keras untuk menghentikan kebiasaan mengigit kukumu. Jawabannya tentu saja, agar kamu meraih kuku idaman tersebut!



    8. Gunakan Sarung Tangan

    Jika seluruh cara sudah kamu lakukan dan masih gagal, gunakan sepasang sarung tangan lucu untuk menutupi kukumu. Hey, saat ini terutama di masa pandemi COVID-19 rasanya menjadi hal yang wajar bukan jika kamu menemukan orang-orang menggunakan sarung tangan. Dan jelas ini bukan hal yang aneh sama sekali. Selamat mencoba!


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan US / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Giovani Untari / Ed. / Images: drobotdean from Freepik.com, Tenor.com)