Lifestyle

5 Rekomendasi Aplikasi Smartphone Untuk Si Pecinta Tanaman

  by: Alexander Kusumapradja       25/6/2020
    • Merawat tanaman menjadi salah satu kegiatan di rumah yang naik daun selama masa pandemi corona.
    • Berikut adalah 5 aplikasi smartphone yang berguna untuk hobi merawat tanaman di dalam rumah.




    Selama masa pandemi virus corona, salah satu kegiatan yang banyak dipilih orang untuk menghabiskan waktu di rumah adalah merawat tanaman. Tidak harus memiliki lahan kosong untuk ditanami, kita pun bisa memelihara tanaman hias dalam ruangan rumah, termasuk kamar tidur kita. Selain berfungsi mempercantik ruangan, adanya tanaman dalam rumah juga dipercaya memiliki banyak manfaat positif untuk diri kita, termasuk terhindar dari stres.

    Setiap jenis tanaman tentu punya tantangan tersendiri untuk merawatnya dengan benar, hal ini mungkin bisa lumayan membingungkan, terutama bagi kita yang baru mulai mencoba hobi baru ini. Berikut adalah 5 aplikasi digital yang bisa membantu kita semakin maksimal memahami dan merawat tanaman-tanaman cantik tersebut.

    1. Florish

    Florish yang tersedia di iOS bisa menjadi pilihan pertama karena walaupun aplikasi ini seratus persen gratis, namun fiturnya juga tak kalah bermanfaat dibanding aplikasi lain yang berbayar. Kita bisa memasukkan secara manual jenis tanaman yang kita punya dan app ini akan memberi deskripsi singkat tentang tanaman tersebut dari mulai tingkat pencahayaan dan air yang disarankan hingga tantangan umum merawat tanaman tersebut. Selain fitur pengingat memberi air dan tips merawat tanaman, app ini juga punya fitur light meter di mana kita bisa memakai kamera smartphone kita untuk memperkirakan tingkat pencahayaan di berbagai area yang berbeda sehingga kamu bisa tahu tanaman yang mana sebaiknya diletakkan di ruangan yang mana.

    2. Gardenia

    Untuk pengguna Android dan iOS, aplikasi gratis ini punya tampilan menarik dan mudah dinavigasi. Walaupun tak menyediakan instruksi yang terlalu detail, namun app ini memberikan basic info yang wajib kamu tahu dan beberapa reminder yang tak hanya sebatas memberi air atau pupuk saja, tapi juga kapan kamu harus mengganti tanah/memindahkan pot, memberi pestisida, memotong daun/dahan, hingga kapan memanen bila tanamanmu termasuk yang menghasilkan buah atau bisa dikonsumsi.



    3. ThePlantMe

    Kalau kamu lebih menyukai aplikasi dengan interface yang simple minimalis, aplikasi yang bisa diunduh gratis di iOS ini adalah pilihan yang tepat. Kita bisa mencari jenis tanaman yang kita punya di database aplikasi dan ditambahkan ke daftar tanaman milik kita dan setelahnya kita bisa mengakses kartu info tentang tanaman tersebut yang berisi deskripsi apa saja yang dibutuhkan jenis tanaman tersebut dan menyiapkan jadwal dan reminder untuk memberi air dan pupuk. Fitur “history” di app ini juga berguna untuk mengetahui progres pertumbuhan tanaman kita, caranya dengan mengunggah foto dari kamera smartphone kita setiap beberapa waktu sekali dan aplikasi ini akan menyimpan foto tersebut sehingga kamu bisa membandingkan apakah tanamanmu sudah lebih sehat atau malah lebih layu dari sebelumnya.

    4. Vera

    Jika beberapa aplikasi sebelumnya cocok dipakai untuk yang baru mulai belajar merawat tanaman, maka aplikasi di iOS dan Android ini mungkin akan lebih menarik bagi mereka yang sudah terbiasa merawat tanaman dan senang punya aplikasi yang lebih personalized. Ibarat halaman blog yang masih kosong, Vera berfungsi sebagai jurnal di mana kita bisa mulai dengan mengunggah foto tanaman kita, beri nama, identifikasi spesiesnya, beri catatan soal lokasi, tanggal mulai merawat, dan masukkan sendiri tips atau instruksi yang telah kita pelajari untuk tanaman tersebut. Bila entri jurnal tersebut sudah dibuat, kita bisa menambahkan catatan aktivitas lain seperti memberi air, pupuk, memindahkan, dan sebagainya plus mengakses fitur push notification yang bisa kita atur sendiri.

    5. Blossom

    Aplikasi yang tersedia gratis di iOS ini ibarat Wikipedia untuk segala pertanyaan seputar tanaman yang kamu punya. Aplikasi ini punya empat fitur utama yaitu “search” di mana kita bisa mencari deskripsi detail dari ribuan tanaman dan cara merawatnya, “explore” untuk menemukan jenis tanaman baru yang direkomendasikan, “reminder” untuk mengirim notifikasi pengingat, dan “my garden” yang menyimpan informasi jenis tanaman yang kita punya. Dengan membayar harga premium, kita bisa mengakses fitur unlimited identifikasi tanaman memakai kamera dan unlimited reminder yang bisa dipersonalisasi. Namun, tanpa mengeluarkan uang pun kamu masih bisa mengakses database berisi informasi 10 ribu jenis tanaman yang disertai penjelasan tingkat pencahayaan, tanah, air, temperatur, kelembapan yang paling cocok untuk tanaman tersebut.


    (Alex. K/Image: Sylwia Pietruszka on Unsplash)