Lifestyle

12 Buku dan Novel Karya Penulis Berkulit Hitam

  by: Givania Diwiya Citta       26/6/2020
    • Jangan berhenti mengedukasi diri tentang keberagaman sampai isu diskriminasi dan kekerasan yang kerap menimpa warga kulit hitam.
    • Lewat beberapa daftar buku dan novel karya penulis berkulit hitam, kita bisa mempelajari lebih dalam tentang cerita kehidupan warga kulit hitam.


    Keep yourself educated, girls! Meskipun kita berjarak ribuan kilometer dari pusat gerakan Black Lives Matter di Amerika, namun sebagai citizen of the world (dan err, esensialnya sebagai seorang manusia), kita tak bisa menutup mata dan tak acuh pada kehidupan warga serta sesama individu lainnya. Salah satunya mengenai kehidupan warga kulit hitam yang akan membuka mata kita tentang kekayaan budaya mereka yang beragam dan cara mereka memandang dunia. Dan salah satu mediumnya yang sederhana, kita bisa memulai dari menonton serial yang mengangkat semangat Black Lives Matter, juga dengan membaca karya-karya literatur para penulis berkulit hitam. Karena dari memahami dan mengasah empati terhadap orang lain, di situlah kemanusiaan bisa diraih. Berikut Cosmo kurasi 12 buku dan novel karya penulis berkulit hitam yang butuh ditempatkan dalam rak buku kamu. Selamat membaca!




    Heads of the Colored People – Nafissa Thompson-Spires


    Nafissa mengemas cerita-cerita tentang identitas warga kulit hitam dengan latar era yang-katanya-sudah-pasca-rasisme secara humoris, cukup gelap, akurat, dan menyentuh. Apalagi dengan fokus cerita pada kehidupan warga kulit hitam kelas menengah, kita bisa mengetahui cerita tentang seorang ibu yang kehilangan anaknya karena menjadi korban kekerasan senjata, hingga perempuan muda yang berjuang untuk membuktikan dirinya sendiri agar diterima oleh teman-temannya di Facebook agar terhindar dari suicidal. Read this to know what they gone through, bb. (Opentrolley.co.id, harga: Rp285.000,-)


    I Wanna Be Where You Are – Kristina Forest


    Ini adalah cerita karakter Chloe Pierce dalam mengejar mimpinya untuk menjadi seorang penari meski lingkungan tak mendukungnya. Ia pun merancang rencana untuk mengikuti audisi yang jaraknya 320 kilometer jauh dari rumah, hingga membuatnya mendapatkan satu pengalaman perjalanan yang tak akan ia lupa dalam hidup. (Opentrolley.co.id, harga: Rp203.000,-)


    Let Me Hear a Rhyme – Tiffany D. Jackson


    Tiffany menceritakan tentang tiga remaja di Brooklyn yang merencanakan pembalasan dendam terhadap teman mereka yang terbunuh. Mereka berencana membuat sebuah jebakan besar dengan berpura-pura bahwa teman mereka yang terbunuh tersebut masih hidup. Namun yang dimaksud pembalasan dendam adalah upaya menghidupkan karya musik sang teman tersebut agar jejaknya semasa hidup tak hilang atau terlupakan begitu saja. Ikuti perjalanan mereka dalam memaknai apa yang mereka perjuangkan untuk sesama. (Opentrolley.co.id, harga: Rp212.000,-)


    Odd One Out – Nic Stone


    Yang satu ini juga merupakan cerita persahabatan namun kian kompleks saat muncul rasa crush di antara mereka. Ini adalah satu cerita tentang self-discovery bagi tiga persona dalam cerita, namun bonusnya, ketiga karakter ini juga memiliki macam latar belakang budaya yang beragam. Diversity is a richness, indeed. (Opentrolley.co.id, harga: Rp680.000,-)


    On the Come Up – Angie Thomas


    Novel kedua Angie Thomas ini menceritakan tentang karakter Bri yang masih berusia 16 tahun, tapi sudah menjadi tulang punggung bagi keluarganya setelah kehilangan ayahnya, dan setelah ibunya kehilangan pekerjaannya. Ia pun secara paralel meniti mimpi sekaligus berjuang menafkahi keluarganya lewat hip-hop dan rap, melanjutkan jejak sang ayah yang merupakan legenda underground rap. Ini adalah cerita tentang perjuangan dalam meraih mimpi meski lingkungan tak mendukung, juga tentang menjadi diri sendiri dan bukanlah menjadi ekspektasi orang lain, serta kilasan kenyataan tentang kehidupan keluarga kulit hitam di kelas menengah. (Periplus.com, harga: Rp128.000,-)


    Opposite of Always – Justin A. Reynolds


    Dalam novel perdana Justin, ia mengemas kisah humoris namun menyentuh tentang berbagai pilihan hidup yang kita ambil, tentang orang-orang yang kita pilih untuk masuk ke dalam hidup kita, dan juga tentang pengingat berbagai momen yang membuat hidup itu indah untuk dijalani. Pokoknya, baca semua perjalanan cerita ini lewat karakter Jack dan Kate yang bisa membuat kamu tertawa sampai menangis! (Opentrolley.co.id, harga: Rp237.000,-)




    Overturned – Lamar Giles


    Make room in the shelves for this another superwoman book! Ikuti kisah karakter Nikki Tate yang berjuang mencari tahu kebenaran di balik penjebakan sang ayah yang didakwa membunuh temannya sendiri, dan perjuangan Niki dalam bertaruh hidup akan sebuah kebenaran di latar sin city Las Vegas yang penuh rahasia. (Opentrolley.co.id, harga: Rp212.000,-)


    Red at the Bone – Jacqueline Woodson


    Dengan setting cerita yang membuat kita berbolak-balik ke masa lalu serta masa depan, novel ini sesungguhnya menceritakan tentang sejarah peran masyarakat yang membentuk pengalaman, keputusan-keputusan dalam hidup, serta hubungan yang dialami oleh sebuah keluarga. Dan peran masyarakat tersebut bahkan akan memengaruhi kehidupan generasi penerus sebuah keluarga selanjutnya. Striking! (Opentrolley.co.id, harga: Rp558.000,-)


    The Mothers – Brit Bennett


    Dengan latar modern, Brit menceritakan tentang sekelompok warga kulit hitam di selatan California yang memiliki banyak rahasia. Namun semuanya berujung pada berbagai pilihan hidup dan berbagai pertanyaan “bagaimana kalau…?” yang juga kerap relatable kita rasakan sebagai individu. Ini adalah cerita tentang semua keputusan para individu yang membentuk berbagai macam kehidupan di dunia. (Opentrolley.co.id, harga: Rp652.000,-)


    The Proposal – Jasmine Guillory


    Lanjutan novel The Wedding Date ini menceritakan tentang apa yang terjadi ketika seorang perempuan menolak sebuah lamaran yang digelar secara publik – atau lebih tepatnya di hadapan 45.000 orang. Karena, hei, perempuan ini tahu betul tentang apa yang ia inginkan, apalagi dengan kondisi kencan yang baru berjalan lima bulan, ditambah pria ini bahkan tak bisa mengeja nama pasangannya sendiri. (Booksbeyond.co.id, harga: Rp178.200,-)


    War Girls – Tochi Onyebuchi


    Berlatar tahun 2172 di mana perubahan iklim dan bencana nuklir adalah hal lumrah di bumi, dua bersaudara Onyii dan Ify berjuang untuk mewujudkan mimpi mereka tentang kedamaian, secercah harapan, dan masa depan yang lebih baik. Keduanya pun secara sukarela memasuki medan perang untuk mencapai tujuan dari mimpi mereka tersebut. (Opentrolley.co.id, harga: Rp236.000,-)


    When You Were Everything – Ashley Woodfolk


    Persahabatan antara Cleo dan Layla diuji berulang kali. Novel ini bahkan cukup emosional untuk mengungkapkan tentang keindahan memaafkan diri sendiri, cara untuk mulai menata hidup, sampai mendorong keberanian diri untuk tetap terbuka terhadap rasa cinta bagi dua sahabat yang memiliki kisah hidupnya masing-masing. Read to be empowered! (Opentrolley.co.id, harga: Rp594.000,-)


    (Givania Diwiya / Images: Dok. Opentrolley.co.id, Dok. Goodreads.com / Layout: S. Dewantara)