Celebrity

12 Fakta Menarik tentang Hyeri, Aktris Pemeran "Reply 1988"

  by: Shamira Priyanka Natanagara       29/6/2020
  • Tampaknya tidak sedikit orang memanfaatkan masa self-quarantine ini untuk menonton ulang serial favorit mereka. Dan kalau kamu adalah penggemar serial drama Korea, sepertinya Cosmo bisa menebak serial terfavorit yang sudah (atau sedang) kamu tonton kembali—Reply 1988, kan? Berkat alur ceritanya yang menarik dan akting para pemeran yang sukses menyentuh hati, Reply 1988 menjadi K-Drama favorit banyak orang.

    Dan kalau serial ini berhasil membuatmu jatuh cinta dengan karakter Sung Deok-sun yang lucu dan imut, ada beberapa hal yang patut kamu ketahui tentang aktris pemeran tokoh tersebut, Lee Hyeri! Mulai dari kariernya yang dimulai di industri K-Pop, hingga kehidupan asmaranya, inilah sejumlah fakta menarik tentang Hyeri yang patut kamu ketahui. Siap-siap untuk semakin jatuh cinta dengannya!




    Ia memulai karier sebagai idola K-Pop

    Sebelum terjun ke dunia akting, Hyeri dikenal sebagai personel Girl's Day. Girl group ini debut pada tahun 2010, tapi Hyeri (bersama satu personel lain, Yura) baru bergabung dua bulan setelah Girl's Day debut untuk dua personel yang keluar dari grup. Grup ini telah menghadirkan sejumlah lagu ikonis yang terkenal di kalangan penggemar K-Pop, di antaranya "Expectation", "Something", dan "Female President". Peran Hyeri dalam Girl's Day adalah sebagai vokalis, dan ia juga merupakan maknae alias personel termuda.


    Girl's Day berada di bawah naungan Dream T Entertainment sejak debut hingga 2019. Setelah kontrak mereka berakhir, masing-masing personel memilih untuk keluar dari Dream T dan mengejar keinginan masing-masing. Meskipun begitu, Girl's Day mengatakan bahwa grup tersebut belum bubar, dan keempat personel pun masih cukup sering bertemu hingga sekarang. Masih ada harapan untuk melihat Hyeri sebagai idol di masa depan, girls!



    Saat kecil, keluarganya mengalami masalah finansial

    Ketika menjadi bintang tamu di variety show tvN Taxi, Hyeri mengungkapkan masa kecilnya yang sulit, dikarenakan keluarganya mengalami kemiskinan. Katanya, sejak kecil ia selalu bermimpi untuk membalas kerja keras ibunya yang bekerja sebagai karyawan pabrik selama 15 tahun, dan ia menggunakan keinginan tersebut sebagai motivasi untuk tetap gigih. Sekrang, Hyeri dijuluki "10 billion Won girl" (perempuan 10 ribu Won) karena telah membintangi puluhan iklan. Aww... she made it!



    Berteman dekat dengan Rosé BLACKPINK!

    Yup, kedua idola K-Pop ini ternyata berteman dekat! Dalam episode ke-100 Amazing Saturday, acara televisi di mana Hyeri adalah salah satu pembawa acaranya, ia bercerita tentang momen ketika Rosé menjadi bintang tamu acara tersebut. Setelah syuting acara tersebut sang personel girl group BLACKPINK mengunggah foto bersama Hyeri di akun Instagram-nya, dan bahkan mereka telah 'dinner date' bersama! Hyeri pun turut memeriahkan ulang tahun Rosé pada bulan Februari lalu. So cute!





    Dan ia juga dekat dengan Taeyeon SNSD

    Selain Rosé, tampaknya Hyeri juga cukup dekat dengan vokalis utama girl group SNSD, Taeyeon. Terkejut? Same! Para fans pun tidak menduga bahwa mereka berteman, terutama karena Taeyeon dikenal sebagai seorang introvert. Pertemanan mereka sempat diabadikan lewat sebuah postingan di akun Instagram Taeyeon, dengan caption: "Saya khawatir bahwa setelah memperoleh orang yang berharga, saya akan kehilangan sesuatu tapi saya belum kehilangan apapun." Sweet!



    Lahir pada tahun 1994

    Lebih tepatnya, Hyeri lahir pada tanggal 9 Juni, 1994. Ini berarti ia memiliki zodiak sun Gemini, dan para pemilik zodiak tersebut dikenal serbabisa, multitalenta, dan pandai bersosialisasi. Hmm... sesuai dengan Hyeri yang bisa menyanyi, menari, dan akting, bukan? Dan ya, belum lama ini sang aktris juga merayakan ulang tahunnya yang ke-26 (27 tahun menurut sistem usia Korea). She's still young!



    Sempat satu sekolah dengan Seulgi Red Velvet dan Suzy

    Seperti banyak idola K-Pop lainnya, Hyeri bersekolah di School of Performing Arts Seoul untuk menempuh pendidikan SMA. Ternyata, ia seangkatan dengan Suzy, aktris dan eks personel girl group Miss A, serta Seulgi Red Velvet! Meski satu angkatan dengan Hyeri, dalam salah satu episode Amazing Saturday Seulgi mengungkapkan bahwa ia tidak pernah berinteraksi dengannya semasa SMA. "Dulu kami tidak pernah memiliki kelas yang sama, dan kami tidak pernah bertemu satu sama lain di sekolah," jelas Seulgi.







    Debut akting pada tahun 2012

    Sebelum menarik perhatian para penonton sebagai Sung Deok-sun di Reply 1988, Hyeri memulai karier di dunia akting lewat serial Tasty Life. Ditayangkan pada tahun 2012, tiga tahun sebelum Reply 1988, serial komedi ini berkisah tentang seorang detektif polisi yang beralih karier menjadi pemilik restoran. Simak penampilannya dalam Tasty Life berikut ini:



    Lalu debut layar lebar enam tahun setelahnya

    Enam tahun setelah debut sebagai aktris, Hyeri tampil dalam film layar lebar! Ia terpilih sebagai salah satu pemeran Monstrum (2018), film action berlatar belakang kerajaan di tahun 1527. Film ini mengisahkan situasi era pemerintahan Raja Jung-jong yang menghadapi penyebaran wabah, serta rumor adanya mahluk ganas yang disebut sebagai 'Monstrum' di Korea. Psst... Choi Woo-shik, aktor pemeran film pemenang piala Oscar Parasite, juga membintangi film ini, lho! 





    Berhasil viral berkat keimutannya!

    Hyeri breaks the internet! Aktris ini berhasil membuat hati para penonton (dan juga komandan) acara Real Man meleleh berkat tingkah lakunya yang imut. Pada Agustus 2014, Hyeri bergabung sebagai salah satu peserta dalam acara variety tersebut, yang mengumpulkan delapan peserta untuk mencoba merasakan kehidupan sebagai militer. Pada episode terakhir Hyeri tidak bisa menahan air matanya saat berpisah dengan para komandan, dan ketika salah satu komandan mengucapkan kata-kata perpisahan yang emosional, ia merengek dengan imut dan berhasil membuat sang komandan tersenyum. Keimutan Hyeri langsung menjadi topik yang paling dicari di situs pencarian Korea Selatan, dan juga diduga menyebabkan situs Girl's Day rusak karena diakses terlalu banyak orang. LOL. Simak aksi cute Hyeri pada detik ke-47 dalam video berikut ini:



    Mantan pacarnya adalah eks idola K-Pop ternama

    Satu tahun sebelum penampilannya dalam Real Man menjadi viral, Hyeri sempat menghebohkan warga Korea Selatan karena berpacaran dengan Tony Ahn, eks personel boy group K-Pop legendaris H.O.T. Menurut laporan Soompi, Hyeri dan Tony telah menjalin hubungan asmara sejak Maret 2013, dan hubungan mereka telah dikonfirmasi benar oleh Dream T dan TN Nation Entertainment (agensi yang mewakili Tony). Kabar idola K-Pop berpacaran pasti akan membuat para penggemar heboh, tapi mengapa hubungan Hyeri dan Tony lebih menghebohkan dari biasanya? Well, Hyeri lahir pada tahun 1994, sedangkan Tony pada 1978—usia mereka berjarak 16 tahun! 

    Namun hubungan mereka tidak bertahan lama. Pada 8 November, 2013, sekitar delapan bulan sejak mereka memulai hubungan, pihak Hyeri mengatakan bahwa ia dan Tony telah berpisah akibat jadwal yang padat. Ini dia sosok Tony Ahn:


    Dan sekarang, ia berpacaran dengan Ryu Junyeol!

    Fast forward to four years later... Hyeri berpacaran dengan Ryu Jun-yeol—yup, lawan mainnya dalam Reply 1988! Pada Agustus 2017, agensi Jun-yeol C-JeS Entertainment mengonfirmasi kabar bahwa sang aktor berpacaran dengan Hyeri. Dream T Entertainment pun mengonfirmasi kabar ini, mengatakan bahwa pertemanan mereka berubah menjadi hubungan asmara. 

    Meski hubungan mereka sudah diketahui publik, sepertinya Hyeri dan Jun-yeol memilih untuk menjaga privasi hubungan mereka. Namun untuk para penggemar pasangan ini, jangan khawatir, karena tampaknya mereka masih bersama. Pada awal bulan Juni, Jun-yeol dan Hyeri terlihat sedang berkencan di area Cheongdam-dong, Seoul.



    Ia adalah penggemar Hyun Bin

    Pada April 2013, Hyeri mengungkapkan bahwa ia adalah penggemar aktor Hyun Bin ketika Girl's Day menghadiri acara Beatles Code 2. Ketika ditanya tipe pasangan ideal masing-masing personel, Hyeri mengatakan bahwa ia menyukai "seseorang yang mendengar dengan baik," lalu memilih Hyun Bin sebagai seleb yang paling cocok dengan tipe idealnya. Dua tahun kemudian, Hyeri serial drama Hyde Jekyll, Me bersama Hyun Bin. What a lucky girl!



    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Dok. Instagram/hyeri_0609, tvN)