Beauty

Ingin Area Mata Kamu Tampak Segar Kembali? Ini Triknya!

  by: Astriana Gemiati       30/6/2020
    • Mata terlihat sembab dan penuh lingkaran hitam?
    • Coba cara mudah ini untuk mengembalikan mata kamu yang sembab menjadi tampak segar kembali.


    Area mata kamu tampak seperti layar IG Story kamu: mengungkapkan semua yang terjadi dalam hidup kamu— lembur mengerjakan pekerjaan kantor, belajar sepanjang malam untuk menyiapkan ujian, atau sekadar kebiasaan begadang hanya untuk menonton film dan serial kriminal menegangkan yang ada di Netflix




    Namun, terlepas dari mengapa kamu terlambat bangun, tujuannya adalah hanya agar wajah kamu terlihat lebih segar dan merasa cukup tidur ketika di pagi hari. Padahal kenyataannya, area mata kamu sudah cukup tampak jelas terlihat seperti mata panda (LOL!).


    Berikut Cosmo akan berikan tips sederhana agar kamu bisa mencapai tujuan tersebut.


    Jika masalah kamu adalah mata terlihat bengkak…

    Merangsang sirkulasi

    Menempatkan sendok logam di kulkas semalaman bisa membantu meminimalkan bengkak dalam dua cara: Pertama, suhu dingin dapat bantu mengencangkan kulit yang bengkak. Dan yang kedua, menggunakan sisi bundar untuk memijat area mata kamu (dari sudut dalam ke luar) berfungsi untuk bantu mempercepat drainase limfatik, karena cairan dapat menggenang di bawah mata saat kamu tidur.




    Tidak nyaman menggunakan bantuan sendok?

    Kamu bisa juga gunakan roller jade untuk mencapai efek drainase limfatik yang sama, karena mirip dengan kamu dapatkan manfaatnya menggunakan sendok.



    Batasi asupan garam

    Cosmo merekomendasikan tidak lebih dari satu sendok teh, karena makanan asin dapat menyebabkan pembengkakan di mana-mana. Untuk meminimalkan efek natrium, tambahkan makanan kaya vitamin B (seperti bayam) dan makanan yang mengandung kalium, seperti pisang, kentang, dan blewah, karena semuanya dapat membantu mengurangi kembung. Dan untuk lebih banyak cara untuk mengurangi asupan garam kamu.


    Fokus perhatian di tempat lain

    Solusi cepat untuk kantung mata adalah menarik perhatian dari area tersebut. Artinya, pilih bagian lain dari wajah kamu. Misalnya fokus diarahkan ke area bibir, kamu bisa menggunakan warna yang lebih bold seperti merah.


    Firm Up

    Ketika diaplikasikan, ya, kandungan kafein memang bisa bantu mengencangkan kulit. Letakkan kantong teh hitam yang dingin dan lembap di mata kamu selama lima menit, atau gunakan eye cream yang mengandung kafein.


    Tetap tehidrasi

    Efek alkohol, dapat berkontribusi pada pembengkakan khususnya di bawah mata kamu. Inilah alasannya: Minum menyebabkan pembuluh darah kamu melebar dan bahkan dapat menyebabkan sedikit kebocoran dari pembuluh yang bengkak tersebut, karena itu kemerahan menempel pada kulit kamu dan bengkak secara keseluruhan. Jadi, tetap dengan rasio ‘satu cocktail untuk satu gelas air’ untuk meminimalkan terjadinya kesan puffy di mata.



    Jika masalah kamu adalah dark circles


    Upgrade produk eye cream kamu

    Krim mata terbaru biasanya selalu memperbaharui formula di dalamnya, hal ini akan bantu memaksimalkan segala masalah yang ada di bawah mata kamu. Yang perlu kamu ingat adalah untuk tetap rutin mengapikasikan eye cream setiap hari agar hasilnya tampak lebih maksimal.




    Dalam keadaan darurat?

    Rahasia menutupi dark circles? Gunakan concealer berbasis kuning atau peach untuk meminimalisir area yang sedikit lebih gelap agar menetralkan bayangan ungu di bawah mata kamu. 


    Tukar irisan mentimun dengan irisan kentang

    Yes, kentang mengandung enzim pencerah kulit yang disebut catecholase yang membantu mencerahkan kulit kamu seiring waktu. Untuk menguji teori ini, berbaringlah dengan irisan tipis kentang di setiap mata, biarkan selama 10 menit agar irisan kentang yang mengeluarkan seperti air bisa meresap ke dalam kulit kamu. Lakukan ini dua kali seminggu sebelum pada malam hari sebelum kamu menjelang tidur.




    Jika masalah kamu kekeringan…


    Berkedip lebih banyak

    Tentu, kamu selalu berkedip tanpa sadar, namun ketika kamu menatap layar komputer atau telepon untuk waktu yang lama, kamu sebenarnya kurang berkedip. Dan, karena berkedip itu penting secara alami untuk melumasi mata agar tetap terhindar dari rasa kering. Luangkan waktu untuk menutup mata selama beberapa detik saat kamu melakukannya, lalu kedip beberapa kali. Istirahatlah dari perangkat digital kamu setiap 20 menit dan lihatlah ke luar jendela untuk menyegarkan mata kamu.



    Minumlah lebih banyak air ( lebih sedikit minuman berkafein)

    Cara terbaik adalah meningkatkan asupan air kamu ke dalam tubuh, ini akan berpengaruh ketika mata dan kulit kamu terasa kering. Dan, konsumsi kafein kamu di bawah 300 miligram perhari (maksimal tiga cangkir kopi). Karena efek dari kafein bisa menyebabkan hilangnya air di dalam tubuh.


    Hapus makeup mata kamu

    Terkadang kita suka melewatkan mencuci wajah sehabis beraktivitas, padahal membersihkan wajah terutama menghapus makeup adalah cara termudah untuk mencegah iritasi mata. Paling tidak, simpan facial wipes di samping tidur kamu, sehingga ketika kamu benar-benar lelah, kamu cukup berbaring saja sambil membersihkan makeup kamu. Praktis, kan!


    Jika masalah kamu garis halus…


    Lindungi mata dengan sunglasses

    Bahkan jika kamu berusia awal 20an, kamu mungkin sudah memiliki beberapa garis-garis halus di sekitar mata. Ini bisa juga disebabkan karena area tersebut memiliki kulit tipis, dan kebiasan kamu menyipitkan mata saat berjalan di luar atau mengemudi di mobil. Kacamata hitam bingkai besar adalah perlindungan terbaik untuk mencegah munculnya keriput lebih awal. Tapi jangan lupa untuk menerapkan produk SPF juga ya, girls!



    Menggunakan jari manis 

    Menarik dan menarik secara konstan di sekitar mata kamu saat merias wajah dapat merusak kulit, jadi ingatlah untuk mengaplikasikannya secara lembut. Selalu oleskan eye cream dengan jari manis kamu, dan gunakan spons makeup atau kuas khusus ketika menerapkan concealer. 


    Buat area mata kamu terlihat bersinar

    Setelah sebelumnya kamu menerapkan eye patch di bawah mata untuk membantu membangun kolagen baru dan garis-garis halus tersamarkan, tepuk-tepuk formula berlebih tersebut ke kulit kamu. Lalu aplikasikan concealer sedikit warna terang dari kulit untuk menambahkan kesan cerah dan sedikit berkilau di area mata kamu.



    ( Astriana Gemiati, Image: Filippo Fortis / IMAXtree.com, Dok. Instagram, GIPHY.com )