Celebrity

Kenalan dengan 9 Member NiziU, Girl Group Terbaru dari JYP!

  by: Alexander Kusumapradja       29/6/2020
    • JYP Entertainment dan Sony Music Jepang berkolaborasi merilis girl group Jepang terbaru dengan nama NiziU.
    • Girl group dengan 9 member ini terbentuk dari survival show Nizi Project yang telah dimulai dari tahun lalu.




    Di antara banyak agensi K-Pop lainnya, JYP Entertainment dikenal sebagai salah satu agensi yang senantiasa memperkenalkan girl group dengan popularitas dan pencapaian yang tak hanya sukses di Korea Selatan saja tapi juga di mancanegara seperti Wonder Girls, Miss A, TWICE, hingga ITZY. Hal itu tak terlepas dari mata jeli sang CEO sendiri yaitu J. Y. Park yang pandai menangkap talenta dan membuat konsep yang seru untuk setiap grup di bawah agensinya. Karena itu, saat mendengar JYP akan membentuk girl group baru tahun ini, publik pun antusias sekaligus bertanya-tanya, bukannya ITZY juga baru debut di Korea tahun lalu ya? Apa JYP tidak terlalu cepat membentuk girl group baru?

    Well, ternyata girl group baru yang dimaksud adalah girl group yang akan debut dan berfokus di Jepang. Sama seperti TWICE yang terbentuk lewat survival show bertajuk Sixteen, kita pun diajak ikut bersama-sama menyaksikan pembentukan girl group baru ini dari mulai proses audisi hingga debut di sebuah survival show berjudul Nizi Project yang disebut juga Rainbow Project karena nama Nizi memang terinspirasi dari Bahasa Jepang pelangi, yaitu “Niji”.

    Bekerjasama dengan Sony Music Jepang, JYP pun menggelar audisi di 8 kota di Jepang plus Los Angeles dan Hawaii yang terbuka untuk gadis berusia 15 sampai 22 tahun yang menguasai bahasa Jepang. Para trainee yang terpilih sebagai finalis kemudian menjalani training ketat di Korea selama 6 bulan dan memperebutkan posisi untuk bergabung di girl group dengan 9 member dengan cara menunjukkan kemampuan mereka di berbagai evaluasi. Setelah proses audisi dan kompetisi yang cukup panjang, minggu lalu JYP pun mengumumkan kesembilan trainee yang berhasil debut di girl group terbaru bernama NiziU ini.

    Arti nama grup ini sendiri adalah “Sekelompok gadis dengan warnanya sendiri yang bersatu sebagai pelangi dan memancarkan cahaya yang cantik.” Mereka akan merilis album mini pre-debut mereka berjudul “Make You Happy” pada tanggal 30 Juni ini, tapi sebelumnya kita kenalan dulu yuk dengan membernya satu per satu!

    1. Yamaguchi Mako

    Biasa dipanggil Mako, gadis asal Fukuoka yang lahir tanggal 4 April 2011 ini meraih peringkat pertama di episode final Nizi Project karena talenta dan karismanya yang luar biasa di berbagai aspek dari mulai menyanyi, menari, rap, hingga leadership skill. Sebelum ikut audisi Niji Project di Tokyo, ia sebetulnya termasuk peserta yang memang telah menjadi trainee JYP bersama Rima, Yuna, dan Miihi. Menjadi trainee JYP sejak Februari 2017, ia bahkan termasuk trainee yang dipertimbangkan untuk debut bersama ITZY. Di waktu senggangnya, si pecinta yogurt ini punya hobi menonton serial drama, belajar bahasa, dan menulis diari.

    2. Oe Riku

    Menempati peringkat dua, gadis kelahiran 26 Oktober 2002 ini biasa dipanggil Riku dan dikenal sebagai mood maker di antara trainee Nizi Project karena senyuman manis dan energinya yang tak habis-habis dan selalu mencerahkan suasana. Selain jago nyanyi dan dance, Riku juga jago karate lho.

    3. Yokoi Rima

    Memiliki orangtua selebriti membuat gadis kelahiran 26 Maret 2004 ini sebagai salah satu trainee yang paling mencuri perhatian selain juga karena memang bakat alaminya sebagai idol multitalenta dan visual yang keren. Ayahnya adalah seorang rapper terkenal di Jepang sementara ibunya adalah seorang model. Sudah masuk sekolah internasional bergengsi di Tokyo sejak berumur 2 tahun, Rima menguasai 3 bahasa, yaitu Jepang, Inggris, dan Korea. Selain jago nyanyi dan dance, ia juga sering menulis lirik rap sendiri dalam bahasa Inggris. So cool!



    4. Hanabashi Rio

    Modis dan jago dance, Rio yang lahir tanggal 4 Februari 2002 ini sebelumnya sudah pernah debut di girl group Jepang bernama KIZZY dengan nama panggung HanaRio namun Maret tahun lalu memutuskan keluar untuk menekuni dunia akting. Meskipun begitu, ia sebetulnya masih ingin menjadi seorang idol dan akhirnya mengikuti audisi Nizi Project di Nagoya. Bersiap debut di NiziU, ia pun mengungkapkan cita-citanya adalah menjadi sosok yang mampu bersinar di atas panggung.

    5. Katsumura Maya

    Pernah menjadi trainee untuk YG di kantor Jepang, gadis kelahiran 8 April 2002 ini sekilas punya visual yang mengingatkan kita pada Jisoo Blackpink. Selain memiliki warna vokal yang hangat, Maya juga pintar memasak dan punya hobi melukis serta mengoleksi produk skincare. Wah feminin banget ya, Maya?

    6. Suzuno Miihi

    Gadis kelahiran 12 Agustus 2004 ini adalah seorang penggemar TWICE (biasnya adalah Tzuyu!) dan ketika datang di sebuah konser TWICE di Jepang ia justru ditawari menjadi trainee di JYP. Karena memang suka K-pop, ia pun termasuk member yang paling jago berkomunikasi dengan bahasa Korea dan membuat kagum J.Y. Park yang memandangnya sebagai member yang fun dan pandai membuat orang lain tersenyum.

    7. Ogou Mayuka

    Hobi menonton film dan jago main piano, gadis kelahiran 13 November 2003 ini diibaratkan sebagai “bunglon” karena mampu menyesuaikan diri dengan konsep apapun dan tampil maksimal. Di NiziU nanti, ia digadang-gadang akan menempati posisi lead rapper dan vokalis.

    8. Arai Ayaka

    Lahir 20 Juni 2003, Ayaka punya visual yang bisa memesona banyak orang. Meskipun awalnya ia tak terlalu percaya diri dan ragu apakah ia akan kuat menjalani latihan keras di Korea, namun ternyata ia mampu menemukan kepercayaan diri dan sukses debut di NiziU. Hobinya adalah menikmati makanan lezat dan bakat khususnya adalah bisa tidur di mana saja.


    9. Nina Makino-Hillman

    Saat audisi Nizi Project, gadis kelahiran 27 Februari 2005 ini termasuk peserta yang paling memorable bukan hanya karena ia berdarah Jepang-Amerika tapi juga bakatnya yang besar di usia yang masih sangat muda. Lahir di Seattle dan kini menetap di Nagoya, Nina yang menguasai bahasa Inggris, Jepang, dan Prancis ini telah beberapa kali muncul di program televisi, film, hingga teater musikal baik di Amerika maupun Jepang. Banyak penonton yang menganggap penggemar Stray Kids ini mirip dengan Jeon Somi. Kamu setuju tidak?


    (Alex.K/Image: JYP Entertainment)