Beauty

Trik Makeup Glowing untuk Kulit Berminyak

  by: Kissy Aprilia       30/6/2020
    • Mengenakan riasan wajah berlapis-lapis dapat membuat kulti wajah lebih mudah berminyak.
    • Jika kulitmu berminyak dan ingin mencoba riasan wajah glowing, ganti penggunaan moisturizer dengan highlighter.
    • Selain itu, cukup gunakan tinted spf dan concealer untuk menyamarkan kekurangan pada kulit wajah.


    Kita semua pasti pernah mengalami hal serupa; baru sementi saja meninggalkan rumah dengan riasan wajah glowy ala Jennifer Lopez, lalu beberapa saat kemudian mulai direpotkan dengan minyak di area T-zone. Ugh!

    Apa pun warna kulitnya, memiliki kulit yang cantik bercahaya adalah tujuan bagi semua orang. Namun bagi pemiliki jenis kulit berminyak, kamu pasti mengerti bagaimana rasanya menghadapi kesan ‘glowing’ berlebihan—meski sudah menggunakan primer dan juga bedak—cuaca panas tetap saja menghancurkan riasan wajah.



    Masalah lainnya, mengaplikasikan riasan wajah berlapis-lapis dengan produk makeup matte membuat kulit wajah sulit bernapas dan menjadi lebih cepat berkeringat. Karena itulah, kamu membutuhkan trik makeup yang bisa menciptakan efek glowing tanpa ada minyak yang mengganggu.



    Thankfully, Cosmo menemukan solusinya dari Lisa Eldrdige, makeup artist sejumlah selebriti Hollywood, termasuk Dua Lipa, Cara Delevingne, Keira Knightley, Victoria Beckham, dan ini mengartikan bahwa Lisa sudah terbiasa menangani klien yang berada di bawah paparan lighting panas, menari enerjik untuk vidoe musik, atau shooting belasan jam! 

    Menurut Lisa, rahasia di balik tampilan kulit wajah yang glowing dan tidak berminyak adalah menggunakan dua jenis produk yang berbeda serta mengganti moisturizer dengan liquid highlighter dan SPF yang bersifat hydrating. Bagaimana langkah-langkahnya? Read this!


    1. Mulai dengan toning mist.

    Langkah pertama adalah menyemprotkan toning mist yang berfungsi untuk menenangkan dan mengurangi kemerahan pada kulit. Pastikan produk yang kamu gunakan tidak mengandung alkohol agar kulit tidak menjadi kering dan memicu kelenjar sebum memproduksi semakin banyak minyak.



    2. Ganti moisturizer dengan hybrid highlighter.

    Sebagai ganti moisturizer, Lisa menggunakan lighweight-cream-highlighter. Ia mengaplikasikannya pada tulang pipi, lalu membaurkan ke arah dahi dan juga mengaplikasikannya di area rahang dan tulang hidung. Lisa mengatakan bahwa sebaiknya kamu menghindari penggunaan di sekitar pipi dah dagu karena ukuran pori-porinya cenderung lebih besar dan akan lebih terlihat. 



    Rekomendasi hybrid highlighter dari Lisa: Dani Glowing Skin Perfector


    3. Samarkan pori-pori kulit.

    Kamu dapat menggunakan primer untuk menciptakan riasan wajah yang lebih tahan lama, sekaligus menyamarkan pori-pori. Aplikasikan di area kulit yang paling berminyak, seperti T-zone, menggunakan kuas foundation yang masih bersih. 


    4. Gunakan tinted SPF.

    Seperti yang sudah Cosmo bahas sebelumnya, menggunakan makeup berlapis-lapis akan membuat kulitmu lebih mudah berkeringat. Jadi, Lisa menyarankanmu untuk menggunakan tinted SPF yang bisa menyamarkan kekurangan pada kulit dan melindunginya dari paparan sinar ultraviolet. 



    5. Beri sentuhan akhir dengan loose powder.

    Aplikasikan concealer pada area kulit yang membutuhkan, seperti bawah mata dan noda bekas jerawat, lalu kunci dengan menggunakan loose powder. Agar wajahmu tampak lebih segar, pilih blush on berbahan dasar watery agar tidak meninggalkan kesan berminyak dan lebih tahan lama. Last but not least, aplikasikan highlighter dengan menggunakan sponge untuk menghasilkan kesan dewy. 


    Now, you’re ready to shine bright like a diamond (the right way) all day!


    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.co.uk/ Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Kissy Aprilia / FT / Image: Aiony Haust from Unsplash / Cosmopolitan UK)