Lifestyle

4 Media Sosial yang Paling Sering Digunakan Warga Indonesia

  by: Shamira Priyanka Natanagara       30/6/2020
  • Sepertinya begitu kita bisa kembali ke kehidupan 'normal'—kehidupan kita sebelum dilanda pandemi virus corona—salah satu hal yang patut dilakukan adalah mengunjungi dokter mata. Mengingat jumlah serial Netflix yang ditonton selama self-quarantine, serta waktu yang dihabiskan di TikTok untuk mencari hiburan (dan memamerkan skill menari, tentunya), aman untuk berasumsi bahwa mata kita semakin lelah meski di rumah. 

    Dan ya, Cosmo cukup serius tentang ini. Menurut laporan terbaru dari penyedia layanan telekomunikasi seluler 3 Indonesia, 95% pelanggan mereka adalah pengguna smartphone yang mengakses media sosial setiap hari, dan 70% dari kuota pengguna digunakan untuk menggunakan aplikasi media sosial. Yup, maybe we're obsessed. Laporan tersebut juga mengungkapkan aplikasi media sosial yang paling sering digunakan pengguna 3 Indonesia. Bisakah kamu menebaknya? Surprisingly, it's Facebook!

    Mungkin sekarang kamu berpikir, "Err, memangnya masih ada yang menggunakan Facebook, ya?". Namun pada kenyataannya media sosial tersebutlah yang paling banyak digunakan pelanggan 3 Indonesia, dengan jumlah rata-rata pengguna setiap bulannya nyaris mencapai 12,5 juta. Bahkan jumlah rata-rata pelanggan 3 Indonesia yang menggunakan Facebook per bulan mencapai dua kali lebih banyak dari media sosial yang menempati posisi kedua, yaitu Instagram. Menyusul Instagram adalah Twitter yang jumlah rata-rata penggunanya setiap bulan mencapai sekitar 2,8 juta, dan posisi keempat diduduki oleh TikTok—bahkan selisih jumlah Twitter dan TikTok terbilang tipis.



    Laporan ini juga mengatakan bahwa Instagram adalah media sosial yang rata-rata konsumsi data per harinya paling tinggi. 3 Indonesia menjelaskan bahwa konten Instagram yang berbasis foto dan video membuat durasi penggunaan hariannya lebih tinggi, sedangkan Twitter yang kontennya berbasis teks memiliki rata-rata konsumsi data per hari paling sedikit. 




    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Karolina Grabowska on Pexels)