Better You

5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum & Sesudah Vaksin COVID-19!

  by: Giovani Untari       1/6/2021
  • Sudahkah kamu menerima vaksin COVID-19, dear?

    Dengan vaksin Coronavirus yang terus digencarkan di Indonesia, rasanya kita pun wajib mengetahui serba-serbi seputar vaksin COVID-19.

    Tapi.. tahukah kamu kalau sebenarnya, ada sejumlah makanan yang baik dikonsumsi sebelum dan sesudah vaksin COVID-19?



    Ryan Fernando, seorang nutrisionis selebriti dan founder dari QUA Nutrition di India menjelaskan 5 makanan yang sebaiknya kamu konsumsi sebelum dan sesudah mendapatkan vaksin COVID-19. Please take a note!



    SEBELUM VAKSIN

    1. Kunyit

    Bersifat anti inflamasi, kunyit adalah bahan makanan yang baik ditambahkan terlebih bagi kamu yang sedang menjalankan program diet. Kamu bisa mencampurkan bubuk kunyit ke dalam susu atau makanan yang dikonsumsi sebelum vaksin untuk mendapat manfaatnya.


    2. Bawang Putih

    Bawang putih adalah makanan yang powerful untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan kita. Banyak studi menunjukkan bahwa bawang putih secara efektif membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengandung nutrisi yang bisa mencegah kanker.



    3. Jahe

    Bukan tanpa alasan mengapa jahe selalu masuk ke dalam menu makanan / minuman yang kita konsumsi saat sedang sakit. Itu karena jahe memiliki beragam manfaat seperti: mencegah tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan infeksi paru-paru. Jahe juga memiliki kandungan anti stres yang baik untuk tubuh. So, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi segelas teh jahe sebelum vaksin~


    4. Sayuran Hijau

    Ragam sayuran hijau tentu saja tak kalah penting untuk masuk dalam menu harianmu, babes! Para sayuran hijau ini umumnya memiliki banyak nutrisi seperti kalsium dan zat besi yang efektif meningkatkan imunitas tubuh.



    5. Buah Segar

    Selain sayuran, buah-buahan juga sama pentingnya untuk kesehatan. Terlebih buah-buahan segar dan beraneka warna. Mereka memiliki nutrisi plus serat yang penting dalam menjaga kesehatan.





    SESUDAH VAKSIN

    1. Blueberry

    Memiliki kandungan Phyto flavinoids, potasium, dan vitamin C, blueberry secara signifikan membantu meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh. Yang mana, serotonin merupakan hormon penting untuk menstabilkan mood dan membuat kita lebih bahagia.


    2. Sup Ayam / Sayuran

    FYI, usus dan sistem pencernaan memegang pernaan penting dalam kondisi kesehatan manusia. Jadi untuk membangun sistem imun yang lebih baik, kita juga harus kesehatan saluran pencernaan dengan cara mengonsumsi makanan sehat seperti sup ayam atau sup sayuran. Tidak hanya sehat, makanan ini juga comfort meal yang lezat!


    3. Dark Chocolate

    Ingin tetap sehat saat mengonsumsi cokelat? Well, kamu bisa menemukan win-win solution dengan mengonsumsi dark chocolate! Tipe cokelat satu ini kaya kandungan anti oksidan. Berbagai studi juga menjelaskan bahwa dark chocolate juga merupakan salah satu makanan dengan zat anti inflamasi tinggi, sehingga tepat untuk dijadikan sebagai snack setelah vaksin COVID-19.



    4. Virgin Olive Oil

    Virgin olive oil merupakan salah satu elemen penting dalam diet Meditteranean (yang sering disebut sebagai metode diet terbaik di dunia!). Virgin olive oil mengandung lemak jenuh yang baik bagi tubuh. Ia juga memiliki kandungan anti oksidan dan zat anti inflamasi.


    5. Brokoli

    Sayuran hijau satu ini juga baik ditambahkan ke dalam menu makananmu setelah vaksin COVID-19. Brokoli punya manfaat untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh dan mencegah penyakit jantung. Konsumsi brokoli dengan cara dikukus atau rebus. Kamu juga bisa menambahkannya ke dalam menu salad.



    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan India / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Giovani Untari / Images: Dok. Alena Shekhovtcova from Pexels, Karolina Grabowska from Pexels, Jill Wellington from Pexels, Anne O from Pexels, Polina Tankilevitch from Pexels)