Lifestyle

10 Fakta Menarik dari Friends: The Reunion

  by: Redaksi       2/6/2021
  • Setelah sekian lama menunggu, akhirnya “Friends: The Reunion” telah hadir di HBO untuk mengobati rasa rindumu! Serial TV klasik “Friends” sendiri pertama kali disiarkan pada tahun 1994 dan mengakhiri perjalanannya pada tahun 2004. Meski sudah 17 tahun tidak mengeluarkan episode baru, namun “Friends” tetap menjadi salah satu serial TV favorit dan paling ikonik yang pernah ada. Bahkan, episode terakhir mereka ditonton oleh 52,5 juta orang di seluruh dunia dan menjadi episode final sebuah serial TV ke-5 yang paling banyak ditonton.

    Pada awalnya, “Friends: The Reunion” direncanakan akan tayang melalui HBO pada tanggal 27 Mei 2020, namun karena adanya penundaan shooting akibat pandemi, maka perilisan pun tertunda hingga tanggal 27 Mei 2021. Reuni ini dikemas dalam bentuk talk show dan diselingi beberapa segmen yang mengundang nostalgia seperti pembacaan ulang naskah oleh para pemain, cuplikan pendek dari episode asli “Friends,” dan obrolan antar cast yang mengenang hari-hari shooting mereka dulu. Kejadian lucu, sedih, dan mendebarkan pun banyak terungkap melalui reuni ini.





    Nah, Cosmo sudah merangkum 10 fakta menarik yang terungkap ketika “Friends: The Reunion” yang mungkin tidak kamu ketahui sebelumnya!

    1. David Schwimmer dan Jennifer Aniston ternyata dulu saling menyimpan perasaan!

    Oke, fakta ini harus ditulis pertama karena benar-benar membuat kita semua terkejut! David dan Jennifer menyatakan bahwa selama “Friends” berlangsung, mereka ternyata memiliki perasaan terhadap satu sama lain. Sayangnya, hubungan mereka tidak pernah lebih dari sekadar teman karena salah satu dari mereka pasti selalu sedang memiliki pasangan. Akhirnya mereka memutuskan untuk menyalurkan rasa sayang mereka melalui Ross dan Rachel. Pantas saja akting mereka bikin baper, ya!


    2. Courteney Cox hampir memerankan Rachel Green

    Percaya atau tidak, para produser “Friends” awalnya ingin memberi peran Rachel Green pada Courteney Cox. Tetapi, untungnya, Courteney berhasil meyakinkan mereka mengapa dirinya memiliki karakter yang lebih sesuai untuk memerankan Monica ketimbang Rachel.


    3. Matthew Perry dan Jennifer Aniston memiliki kontrak dengan serial TV lain saat direkrut menjadi pemeran “Friends”

    Matthew ditemukan oleh salah satu kru produksi “Friends” yang juga mengerjakan serial TV yang sedang ia perankan saat itu. Kru tersebut langsung teringat dengan karakter Chandler dan merasa bahwa Matthew dapat menggambarkan gaya humornya yang unik. Akhirnya, ia pun membantu Matthew untuk mengakhiri kontrak dengan serial TV tersebut. Sayangnya, kasus Jennifer sedikit lebih rumit. Tidak seperti Matthew yang baru merekam episode pilot, serial TV Jennifer sudah berlangsung selama beberapa episode. Pada awalnya kedua serial TV tersebut saling berkompromi untuk tetap mempertahankan Jennifer. Namun pada akhirnya Jennifer tetap lebih memilih “Friends.”


    4. Karakter Ursula, saudara kembar Phoebe, telah lebih dulu dikenalkan dalam serial TV lain

    Mencari seseorang untuk memerankan karakter Phoebe yang nyentrik memang tidak mudah. Saat itu, para produser “Friends” tidak kunjung menemukan aktris yang tepat untuk Phoebe. Mereka mendapat pesan dari teman Lisa Kudrow yang saat itu sedang memerankan Ursula di sebuah sitkom berjudul “Mad About You.” Dari sini pula mereka terinspirasi untuk membuat saudara kembar (jahat) dari Phoebe.


    5. Matt Le Blanc mengalami insiden lucu sehari sebelum casting

    Matt menceritakan kembali momen ketika ia sedang mempersiapkan diri untuk hadir ke final callback saat audisi. Untuk melepas penat, ia pun memutuskan pergi bersama teman-temannya. Malam itu berakhir dengan Matt yang mabuk dan terjatuh di kamar mandi hingga wajahnya terbentur di toilet, meninggalkan sebuah luka yang cukup besar di bagian hidung. Pada akhirnya, dia harus menceritakan kejadian ini saat audisi dan ternyata hal inilah yang meyakinkan produser "Friends" bahwa Matt benar-benar seorang Joey.


    6. David Schwimmer tidak menyukai Marcel si monyet peliharaan Ross

    Walau terlihat dekat, tapi ternyata Marcel adalah salah satu hal yang paling tidak disukai oleh David selama memerankan Ross Geller. Pasalnya, meski sudah terlatih, namun Marcel terkadang tidak berperan sesuai dengan bagaimana semestinya. Para pemain pun harus mengulang adegan tersebut dari awal, meskipun mereka melakukan pekerjaan yang bagus. Tidak hanya itu, ketika sedang beristirahat, Marcel akan duduk di pundak David sambil memakan serangga hidup sehingga rambut dan leher David pun penuh dengan makanan tersebut.


    7. Courteney Cox punya trik rahasia untuk menghafal dialognya

    Terkadang menjadi seorang aktris memang tidak mudah. Apalagi ketika harus menghafalkan serangkaian dialog dalam serial TV komedi. Matthew Perry mengungkapkan kalau ternyata selama ini Courteney sering menuliskan dialognya pada meja dan apel yang dijadikan properti di apartemen Monica.




    8. Pundak Matt Le Blanc cedera saat shooting episode “The One Where No One’s Ready”

    Matt pernah tidak sengaja mengalami dislokasi pundak ketika sedang shooting. Saat itu, Joey lompat ke sebuah sofa untuk mengklaim tempat tersebut dari Chandler yang ingin merebutnya. Tidak disangka, lompatan yang dia lakukan ternyata terlalu keras dan mencederai pundaknya.


    9. Sebelum shooting, seluruh cast akan berpelukan sebagai sebuah grup

    Okay, this is heartwarming. Dalam “Friends: The Reunion,” para pemain memasuki kembali studio lama “Friends.” Di sana, mereka menunjukkan sebuah area kecil tempat mereka biasanya berpelukan sebagai sebuah grup untuk mendoakan kelancaran agenda shooting pada hari itu. Satu-satunya episode dimana mereka tidak melakukan ini adalah episode di mana Matt berakhir cedera. Sampai saat ini, Matt percaya bahwa alasan ia cedera adalah karena mereka tidak melakukan tradisi ini.


    10. Hubungan antara Monica dan Chandler berlangsung lebih lama dari yang direncanakan

    Hubungan antara Monica dan Chandler diawali saat mereka sedang di London untuk menghadiri pernikahan Ross dengan Emily. Monica yang sedih karena tidak kunjung menikah pun mabuk dan mendatangi Chandler. Pada awalnya, hubungan kedua karakter ini hanya akan berlangsung selama beberapa episode, Monica dan Chandler akan melalui fase yang sedikit canggung lalu kembali menjadi teman. Tetapi ternyata para audiens sangat menyukai hal ini dan para produser pun memutuskan untuk membuat mereka sebagai sepasang kekasih.


    BONUS:

    THEY ARE ON A BREAK!

    Yup, the debate is over. Seluruh pemeran karakter “Friends” setuju, bahkan Jennifer yang memerankan Rachel, bahwa Ross dan Rachel sedang dalam masa break, membuat tindakan Ross yang tidur dengan perempuan lain seharusnya tidak menjadi suatu masalah.


    (Nabila Nida Rafida / Image: Instagram @friends)