Fashion

7 Jenis Rok dan Cara Memakainya yang Wajib Kamu Ketahui

  by: Redaksi       3/6/2021
  • Hai, Cosmo Babes! Terkadang, banyak perempuan modern yang sedikit terintimidasi saat dihadapkan dengan sebuah rok. Entah karena takut terlihat terlalu feminim, out-of-style, atau bahkan membosankan. Padahal, mengenakan rok sebenarnya jauh dari semua itu! Selain dapat menyamarkan bagian kaki sehingga membuatmu terlihat lebih modis, mengenakan rok juga dapat terasa sangat nyaman. Menggunakan rok tidak akan membuatmu terlihat “terlalu feminim,” apapun artinya itu, tetapi dapat dengan mudah membuatmu terlihat anggun dan classy.

    Terkadang, untuk menjadi perempuan yang modis, berarti kamu harus bisa melakukan mix and match antar pakaian yang kamu punya dan akan semakin mudah untuk dilakukan kalau kamu memiliki berbagai variasi pakaian di lemarimu, yang mana tidak mungkin untuk dilakukan. Maka dari itu, Cosmo sudah menuliskan 7 jenis rok yang wajib kamu ketahui untuk terlihat lebih memukau.





    Rok A-Line


    Ciri Khas

    Rok dengan tipe a-line memiliki ciri yang kecil di pinggang dan semakin melebar ke bawah. Karena itu lah dinamakan “a-line,” rok ini memiliki potongan yang menyerupai siluet huruf “A.”

    Tips Styling

    Rok a-line merupakan salah satu tipe rok yang paling umum dan, yah, sedikit membosankan karena siluetnya yang terlihat sederhana. Maka dari itu, kamu bisa coba memadukannya dengan atasan yang playful. Seperti kaos dengan kerah halter atau detail off-shoulder.


    Rok Asimetris


    Ciri Khas

    Ciri khas dari rok asimetris, mungkin kamu sudah menebaknya, dengan panjang yang berbeda. Bisa saja sebuah rok akan lebih pendek di salah satu sisi rok dan akan memanjang ke sisi di sebelahnya.

    Tips Styling

    Biarkan potongan asimetris pada rok menjadi fokus utama penampilanmu. Pakai atasan dengan detail seminimal mungkin dan aksesoris secukupnya. Kamu juga dapat memakai sepatu yang sederhana tetapi tetap membuat statement, seperti strap heels atau leather boots, misalnya.


    Rok Bell-Shaped


    Ciri Khas

    Rok jenis bell-shaped memiliki bentuk menyerupai sebuah lonceng yang melebar di bagian bawah. Biasanya, rok dengan tipe ini akan memeluk bagian pinggang dan paha atas dengan sempurna namun sedikit melebar di bagian bawah dengan detail flare.

    Tips Styling

    Dengan siluetnya yang sedikit mengembang, coba pilih atasan yang tight-fitting. Kamu bisa menambahkan sebuah sabuk untuk semakin menyoroti bagian pinggang dan pahamu. Untuk sepatu, karena rok bell-shaped terkesan kasual dan funky, hindari sepatu dengan heels pendek dan tipis seperti kitten heels.


    Rok Denim


    Ciri Khas

    Berbeda dengan rok-rok sebelumnya, rok denim memiliki ciri khas dari material kain yang digunakan dan bukan dari potongannya. Rok denim menggunakan bahan jeans yang akan membuat look-mu terlihat lebih kasual dan sporty.

    Tips Styling

    Rok denim hampir bisa dipasangkan dengan apapun. Asalkan kamu mengenakan ukuran yang sesuai dengan badanmu, kamu tidak perlu khawatir terlihat tidak modis.


    Rok Lipit


    Ciri Khas

    Pada dasarnya, rok jenis ini dapat dikenali dengan detail lipatan yang menyelimuti seluruh permukaan rok tersebut. Variasi dari lipatan ini pun beragam, ada yang memiliki lipatan sempit atau lebar, ada yang sepanjang betis atau bahkan di atas lutut. Tennis skirt adalah salah satu contoh dari rok lipit pendek dengan lipatan yang lebar

    Tips Styling

    Perbedaan lebar dari tiap rok lipit dapat mempengaruhi bagaimana rok itu bergerak. Semakin sempit lebar lipatan pada rok, maka semakin mudah untuk rok itu mengikuti gerakan badanmu. Untuk kamu yang gemar memakai elemen warna monokrom, detail pada rok ini akan membuat penampilanmu lebih menarik dan mengangkat kesan “monoton” dari pakaianmu.




    Rok Pensil


    Ciri Khas

    I don’t know about you, tapi rok pensil adalah salah satu jenis rok favorit saya. Tidak hanya terkesan seksi dan anggun, tapi rok pensil juga memberi kesan powerful pada pemakainya. Rok ini dapat dikenali dengan potongannya yang menyempit ke bawah dan sedikit ketat.

    Tips Styling

    Kamu bisa mengenakan kemeja atau turtleneck dan sepatu dengan heels, mungkin dilengkapi dengan sebuah cropped blazer atau mantel panjang, untuk membuat penampilanmu lebih formal. Tetapi, kalau kamu ingin terlihat kasual, rok pensil juga akan tetap terlihat bagus dengan sepasang sneakers bersol rata dan graphic t-shirt. Untuk aksesoris, kamu bisa memilih sesuatu yang dapat mengalihkan perhatian orang lain dari rokmu, seperti kalung tebal atau anting panjang.


    Rok Slip


    Ciri Khas

    Pada awalnya, rok slip hanya digunakan sebagai baju tidur atau dalaman yang dikenakan jika rokmu transparan. Tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, rok slip kini banyak dipakai sebagai bawahan utama. Biasanya, rok slip menggunakan material kain yang ringan, seperti satin atau sutra, dengan potongan bias (pemotongan kain secara diagonal tanpa mengikuti aliran serat pada kain).

    Tips Styling

    Karena jenis kain dan teknik yang digunakan, rok slip terlihat jauh lebih elegan dan mewah ketika dipakai. Potongan yang bias membuat rok ini jatuh dengan lebih natural dan membentuk badanmu lebih baik daripada rok dengan potongan lurus biasanya. Kamu dapat memakai atasan dengan material serupa atau memberi sedikit kontras dengan memakai oversized sweater atau blazer dengan ikat pinggang di atasnya.


    (Nabila Nida Rafida / Image: Dok. farfetch.com, mango.com, Instagram @monikh, @hattaco_official, @irishquindara)