Beauty

4 Langkah Menghilangkan Jerawat Hormonal dengan Cepat!

  by: Astriana Gemiati       4/6/2021
  • Jika kamu melihat benjolan menyakitkan di dagu dan rahang yang tampaknya cukup tahan terhadap salep dan gel jerawat yang biasa kamu gunakan, say hello to hormonal acne! Jerawat ini biasanya terjadi pada saat menstruasi atau saat hormon kamu akan rusak karena stres dan faktor lainnya.

    Hormonal acne atau jerawat hormonal adalah jenis jerawat karena fluktuasi hormonal dan terlihat sebelum atau selama periode. Ini bukan istilah medis, itu adalah istilah yang umum digunakan untuk menggambarkan jerawat yang disebabkan karena ketidakseimbangan hormon. Biasanya terlihat selama masa pubertas, itu juga dapat mempengaruhi wanita dewasa dengan kondisi mendasar seperti kelainan menstruasi, PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome) dan menopause karena kadar androgen yang tinggi. 

    Kulit kita adalah cermin dari kesehatan internal, dan ketidakseimbangan internal apa pun dapat menyebabkan erupsi kulit. Jadi, diet yang tidak sehat dari makanan pedas, gorengan atau asam, serta kurang tidur dan stres atau paparan suhu panas untuk waktu yang lama dapat menyebabkan erupsi pada kulit kamu.






    Ini dia triknya untuk mencegah jerawat hormonal:

    1. Makan makanan anti jerawat

    Jika kamu termasuk kategori rawan jerawat, diet kamu harus mencakup makanan pembersih darah dan detoksifikasi. Jadi, konsumsilah sayuran pahit dan astringen yang manis dan dingin seperti wortel, mentimun, brokoli, dan bit sekali atau dua kali seminggu. Buah-buahan segar dan dingin seperti apel, pir, semangka, jambu biji, dan buah beri juga baik untuk kamu.


    2. Tingkatkan asupan serat

    Pencernaan yang baik sangat penting untuk kesehatan dan untuk mendetoksifikasi darah kita. Sertakan makanan kaya serat seperti apel, pir, kacang yang direndam untuk memudahkan kamu buang air besar dengan lancar. ​​Usahakan untuk minum setidaknya enam sampai delapan gelas air setiap hari dan minum air hangat di antara waktu makan.



    3. Mengobati dan mencegah jerawat

    Jika kamu sedang berjuang melawan jerawat aktif, kamu akan memerlukan spot treatment untuk mencegah jaringan parut. Coba perawatan DIY: Buat pasta dengan kunyit dan madu. Oleskan ini pada jerawat dan bekas jerawat. Ini akan membantu menenangkan peradangan dan mengurangi bekas jerawat. Cosmo juga menyarankan untuk mencegah erupsi baru dengan menerapkan sandalwood face mask. Campur satu sendok teh chandana (bubuk cendana) dan satu sendok teh bubuk manjistha (Indian madder) dengan rose water. Diamkan selama 15 menit lalu bilas. Ini dapat membantu menyeimbangkan Pitta dan mencegah jerawat hormonal.




    4. Jangan lewatkan waktu tidur

    Tidur yang optimal sangat penting untuk kesehatan kulit. Menjaga rutinitas kebersihan dan tidur dengan berkualitas akan sangat bermanfaat. Hindari paparan lampu buatan pada ponsel kamu setidaknya 90 menit sebelum kamu tidur. Pijat minyak hangat favorit kamu di kaki Anda untuk menenangkan pikiran dan menginduksi tidur secara alami. Mandi air hangat diikuti dengan teknik pernapasan lembut seperti pernapasan lubang hidung alternatif atau bersenandung dapat merangsang tidur lebih nyenyak.








    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.in / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Nara sumber: Dr Varalakshmi Yanamandra, Ayurvedic practitioner and director of Ayur Wellness and Pain Centre / Image: Freepik.com, GIPHY.com )