Lifestyle

Kabarnya, Kisah Nyata Ini Adalah Basis Episode 'Girl From Nowhere'

  by: Shamira Priyanka Natanagara       4/6/2021
  • TRIGGER WARNING: Artikel ini mengandung pembahasan seputar kekerasan seksual.

    Bukan rahasia bahwa sejumlah episode serial Netflix Girl From Nowhere terinspirasi dari kejadian nyata, dan Cosmo tahu kamu penasaran dengan kisah-kisah yang diangkat sebagai dasar dari serial tersebut. Mari kita simak salah satu kejadian nyata yang menjadi inspirasi di balik episode pertama Girl From Nowhere, alias di mana kita pertama kali berkenalan dengan Nanno.




    Apa yang terjadi dalam episode "The Ugly Truth"?

    Dalam episode "The Ugly Truth", Nanno pindah ke sebuah sekolah yang memperoleh penghargaan "The Purest School Of The Year" (Sekolah Paling Suci Tahun Ini). Begitu pindah ia langsung mengungkapkan kesalahan yang dimiliki sekolah tersebut: Seorang guru pria bernama Bapak Win yang 'memangsa' para siswi. Seolah-olah itu kurang mengerikan, ia memfilmkan mereka tanpa izin dan mengancam akan menyebarkan video yang ia miliki jika mereka tidak menuruti perintahnya.

    "Apakah kamu tidak takut akan konsekuensi dari tindakanmu?" Nanno bertanya padanya. Ia menjawab: "Apakah kamu ingin tahu konsekuensinya? Kalau video ini dirilis, apa yang kamu pikir akan terjadi padamu? Kamu tidak ingin saya merilisnya, kan?". Di akhir episode, Bapak Win ditangkap dan diungkapkan bahwa ia bukanlah satu-satunya staf yang telah melakukan kekerasan seksual terhadap murid.







    Menurut The Smart Local, para penggemar Girl From Nowhere di media sosial mengidentifikasi sebuah kasus di Thailand yang kemungkinan menjadi basis dari episode ini. Khaosod English melaporkan bahwa pada Juni 2016, ada kasus "pedofil berantai" di mana seorang guru sains di sekolah laki-laki bergengsi di Bangkok dituduh menyebarkan pornografi anak secara online. Ia dilaporkan "melakukan hubungan seksual dengan sejumlah siswa dan mengunggah video kekerasan tersebut di Twitter."

    Suankularb Wittayalai School adalah "sekolah laki-laki tertua di Thailand," dan menurut laporan tersebut, sekolah tersebut memiliki tanggapan "tertahan" akan masalah ini, yang membuat para murid curiga bahwa ada sesuatu yang disembunyikan. Sebuah laporan lain mengatakan bahwa pada saat itu, direktur sekolah mengklaim: "Foto-foto tersebut pada dasarnya adalah foto guru dengan mantan kekasihnya yang diambil dengan ponsel ketika mereka jatuh cinta. Orang lain mencoba mendiskreditkan dirinya dengan foto-foto lain agar tampak seolah-olah ada banyak korban anak."

    Girl From Nowhere berkisah tentang sosok misterius bernama Nanno yang pindah ke berbagai sekolah dan mengungkapkan rahasia gelap murid dan staf sekolah yang ia kunjungi. 

    Simak artikel lain tentang Girl From Nowhere di sini.



    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan Philippines / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Images: Dok. Netflix)