BREAK TIME15:00 - 17:00    
NOW PLAYING

Tidak Sempat Ke Dokter Gigi? Ini 6 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

BY ASTRIANA GEMIATI 08 Jun 2021
Tidak Sempat Ke Dokter Gigi? Ini 6 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Saat itulah kamu tidak bisa bertemu terlalu banyak orang dan sebagian besar karena kamu menghabiskan banyak waktu untuk menggunakan masker di hidung dan mulut. Namun, ketika saatnya untuk virtual zoom meeting, di mana sebagian besar semua orang akan tetap fokus pada wajah kamu, dan senyuman dengan “gigi yang putih” adalah hal yang terpenting —namun saat ini kamu tidak memungkinkan untuk mengunjungi ke dokter gigi. Tenang, girls... Cosmo akan berbagi tipsnya.

Cosmo telah berbicara dengan Dr Riddhi Katara, pemegang gelar MDS di Periodontology & Oral Implantology dan pendiri Experteeth Dental Care, untuk memberi tahu kami bagaimana cara memutihkan gigi secara alami di rumah. “Sangat sedikit orang yang memiliki gigi putih alami, karena gigi cenderung menguning seiring bertambahnya usia. Sebelum kita melanjutkan dan mempelajari bagaimana kita menjaga gigi kita tetap putih alami, penting untuk memahami mengapa mereka menguning,” kata Dr Riddhi.


Mengapa gigi menjadi kuning?

Dr Riddhi menjelaskan bahwa gigi menguning karena dua alasan, keduanya cenderung meningkat seiring bertambahnya usia:


1. Penipisan email

Lapisan luar gigi terdiri dari email, yang berwarna hampir putih dan melindungi struktur gigi yang lebih dalam. Ketika lapisan email menipis atau aus, gigi mulai terlihat lebih kuning.

Makanan asam, penyakit gusi, dan penuaan dapat mengikis email gigi.

2. Noda

Makanan dan minuman tertentu, seperti kopi, teh, dll dapat menodai gigi. Sumber noda lainnya juga termasuk merokok dan produk tembakau dan beberapa jenis antibiotik. Atau, bisa juga makanan yang menggunakan kunyit di dalamnya hingga menyebabkan noda kuning pada gigi.


Bagaimana cara memutihkan gigi secara alami?

Dia mencantumkan cara-cara berikut di mana kamu bisa mendapatkan gigi yang lebih cerah dan lebih putih.

1. Lakukan perubahan pola makan

Singkirkan makanan yang menodai gigi. Makanan dan minuman yang mengandung tanin, seperti wine, teh, kopi, dan soda hitam bahkan jus juga bisa menodainya.

Makanan asam dapat membuat gigi terlihat kuning dengan mengikis enamel. Orang yang peduli dengan warna giginya harus menghindari konsumsi jeruk (lemon), kopi, dan soda yang berlebihan. Atau, mereka harus selalu berkumur setelah meminumnya.

Berhenti merokok atau produk tembakau dapat mengurangi risiko noda nikotin.


2. Mencoba menarik minyak

Oil Pulling adalah istilah untuk membilas mulut dengan minyak untuk menghilangkan kotoran, bakteri, dan kotoran. Ini bukan pengganti menyikat gigi atau flossing biasa, tetapi penelitian menunjukkan bahwa berkumur dengan minyak tertentu dapat membantu memutihkan gigi.

Untuk mencoba metode ini, bilas mulut dengan minyak setidaknya satu atau dua menit sebelum menyikat, lalu ludahkan.

Minyak yang cocok untuk menarik minyak adalah:

1. coconut oil

2. sunflower oil

3. sesame oil

Selain membantu memutihkan gigi, oil pull secara ajaib membantu mengurangi bau mulut, membantu mencegah pembentukan rongga, meningkatkan kesehatan gusi, menghilangkan racun dari tubuh dan mengurangi peradangan.


3. Menyikat dengan soda kue

Soda kue dapat dengan lembut memoles noda di permukaan gigi. Campurkan sekitar satu sendok makan soda kue dengan sekitar satu sendok makan air dalam mangkuk kecil (soda kue dan air yang kira-kira sama). Buat pasta kental yang bisa kamu oleskan ke gigi dengan bantuan jari atau sikat gigi berbulu lembut.

Untuk hasil terbaik, sikat selama sekitar dua menit dengan gerakan memutar dan pastikan untuk melapisi semua gigi kamu dengan pasta. Sikat dengan lembut di sekitar mulut, sikat setiap gigi. Jangan menggosok terlalu keras atau menggunakan terlalu banyak tenaga.

Setelah dua menit, keluarkan soda kue dan bilas mulut kamu secara menyeluruh dengan air atau obat kumur. Bilas sikat gigi kamu juga, ya!

Jangan pernah menggunakan soda kue dengan lemon. Juga, disarankan hanya menggunakan metode ini untuk acara-acara khusus dan tidak secara teratur setiap hari.

4. Menggunakan hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida adalah pemutih ringan. Untuk pemutihan yang optimal, kamu dapat mencoba menyikat dengan campuran soda kue dan hidrogen peroksida selama 1-2 menit dua kali sehari selama seminggu. Kamu hanya harus melakukan ini sesekali.

Hidrogen peroksida dapat meningkatkan sensitivitas gigi, sehingga tidak cocok untuk penggunaan jangka panjang atau jika kamu sudah memiliki gigi sensitif.


5. Memutihkan dengan buah

Pepaya dan nanas sama-sama dikenal dapat membantu memutihkan gigi.


6. Menjaga kebersihan mulut yang sangat baik

Menjaga kebersihan mulut yang baik adalah hal terpenting yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi gigi menguning.

Menyikat gigi dan flossing secara teratur untuk bantu melindungi email, mencegah kerusakan gusi, dan menghilangkan noda.


Kebersihan mulut yang baik meliputi:

Mulailah hari kamu dengan oil pulling. Minyak pilihan untuk memutihkan gigi biasanya extra virgin coconut oil. Sikat gigi kamu setidaknya dua kali sehari dan gunakan automatic powered toothbrushes yang tersedia di pasaran untuk hasil maksimal. Dan, pilih pasta gigi ber-fluoride. Pastikan bilas mulut kamu secara menyeluruh setelah setiap makan dikonsumsi. Flossing sekali sehari untuk menghilangkan plak di antara gigi adalah keharusan mutlak!


Metode yang tidak berhasil untuk pemutihan gigi.

Strategi pemutihan gigi alami yang dapat membahayakan gigi termasuk menggunakan:

1. lemon

2. jeruk

3. cuka sari apel

4. activaed charcoal










(Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.in / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: wayhomestudio@freepik.com / GIPHY.com )

0 REACTIONS

Comments

Leave A Comment

POST COMMENT
What are you looking for?
Content of the popup
CLOSE