Celebrity

Ini Alasan Putri Meghan Markle & Pangeran Harry Tidak Memiliki Gelar

  by: Shamira Priyanka Natanagara       9/6/2021
  • Setelah berbulan-bulan menunggu kehadiran anak kedua Meghan Markle dan Pangeran Harry, akhirnya kita bisa menyambut kelahirannya! Pada weekend kemarin, Meghan melahirkan bayi perempuan bernama Lilibet Diana, dan ia sudah dibanjiri kasih sayang. "Dengan senang Pangeran Harry dan Meghan, Duke dan Duchess Sussex, menyambut putri mereka, Lilibet "Lili" Diana Mountbatten-Windsor, ke dunia," kata sang pasangan dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada hari Minggu.

    Karena Lilibet sudah menjadi bagian dari keluarga kerajaan, orang-orang ingin tahu: Apakah ia akan memiliki gelar? Well, it's a little complicated. Meski anak-anak Pangeran William dan Kate Middleton mendapat gelar "pangeran" dan "putri", sebuah peraturan 1917 dari Raja George V menyatakan bahwa Lilibet dan kakaknya Archie tidak bisa mendapatkan gelar yang sama:

    "Cucu dari putra mahkota mana pun dalam garis laki-laki langsung (kecuali putra tertua yang masih hidup dari putra tertua Pangeran Wales) dalam semua kesempatan akan mendapatkan dan menikmati gaya dan gelar yang dinikmati oleh anak-anak para Duke di alam kita ini."



    Pada dasarnya, peraturan ini berarti gelar "pangeran" dan "putri" hanya diizinkan untuk diberikan kepada anak-anak raja, anak-anak dari putra-putra raja (yakni Pangeran Harry dan Pangeran William), dan putra tertua dari putra tertua dari Charles, Pangeran Wales (yaitu Pangeran George—Putri Charlotte dan Pangeran Louis mendapatkan gelar karena Ratu Elizabeth melarang peraturan yang hanya memberikan gelar kepada anak pertama pada 2013!). Karena Harry adalah putra kedua Pangeran Charles, peraturan ini tidak berlaku baginya dan berarti anak-anaknya tidak bisa menjadi "pangeran" atau "putri".

    Tapi ada kabar baik: Peraturan ini secara teknis dapat berubah ketika Pangeran Charles menjadi Raja Inggris suatu hari nanti. Kalau Meghan dan Harry terpilih, Lilibet (dan Archie!) mendapatkan gelar, menurut reporter kerajaan Victoria Murphy.


    Perlu diingat bahwa Meghan dan Harry ingin Archie untuk memiliki gelar "pangeran" untuk peningkatan keamanan, tapi istana menolak permintaan mereka. So... looks like we just have to wait and see!





    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan US / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Shamira Natanagara / Opening image: Dok. Instagram/theroyalfamily)