Beauty

Squalane Oil, Minyak Alami Yang Cocok Untuk Semua Jenis Kulit

  by: Fariza Rahmadinna       11/6/2021
  • Para pecinta face oil tentu sudah tidak asing lagi dengan squalane oil. Ya, squalane oil adalah salah satu jenis minyak yang tidak kalah populer dibandingkan dengan jenis minyak lainnya, seperti coconut oil atau argan oil.


    Secara garis besar, squalane oil bermanfaat untuk meningkatkan hidrasi, membuat kulit tampak lebih cerah dan sehat, serta dapat melawan radikal bebas yang bisa mempercepat proses penuaan.




    Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat squalane oil untuk kulit, read on, girls!



    Apa itu squalane oil?


    First thing first, squalane oil adalah turunan dari squalene oil (note the "e") yang mengalami proses hidrogenasi. Squalane dinilai jauh lebih ringan, dan karenanya menjadikan pilihan yang lebih baik untuk kulit yang rentan berjerawat. Selain itu, minyak ini juga memiliki umur simpan yang lebih lama daripada squalene (with an "e") karena tidak melalui oksidasi, itulah mengapa minyak ini lebih umum digunakan dalam perawatan kulit.


    Jadi, apa perbedaan squalene dari squalane? Menurut Charlotte Birnbaum, MD, seorang dokter kulit bersertifikat, menjelaskan bahwa squalene adalah lipid, atau lemak, yang secara alami diproduksi oleh kelenjar minyak di kulit untuk melembabkan dan melindungi skin barrier. Namun, seperti kebanyakan senyawa alami lainnya dengan manfaat kecantikan, produksi squalene oleh tubuh akan semakin menurun seiring bertambahnya usia.


    Akan tetapi, para ilmuwan menemukan cara untuk memperoleh squalene dari tumbuhan dan hewan. Sayangnya, squalene yang berasal dari tumbuhan dan hewan ini dinilai tidak stabil sehingga perlu dihidrogenasi (atau digabungkan dengan hidrogen), yang kemudian menjadi squalane (with an "a"), yakni versi yang lebih stabil tetapi memiliki fungsi dan manfaat yang serupa, serta lebih friendly untuk pemakaian pada kulit.


    Lantas, apa manfaat squalane oil untuk kulit?


    FYI, squalane oil memiliki sifat emolien yang sangat baik, yang artinya dapat menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembap. Menurut Dr. Birnbaum, ini dikarenakan squalane oil dapat dengan mudah diserap kulit untuk mencegah hilangnya hidrasi dari kulit. Dengan kata lain, squalane oil adalah jenis minyak ringan yang dapat dengan mudah dan cepat menyerap ke kulit, bahkan hingga ke lapisan kulit terdalam, sehingga dapat menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembap.


    Tak hanya itu saja, squalane oil juga memiliki sejumlah manfaat untuk kecantikan lainnya. Menurut Loretta Ciraldo, seorang dokter kulit bersertifikat, menyebutkan bahwa squalane oil juga dapat meningkatkan the luminosity dan kecerahan kulit, mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan, membantu mengurangi kemerahan, dan memperbaiki skin barrier kulit. Jadi, saat kamu memakainya, kamu tidak hanya mencegah kehilangan air, tetapi juga membantu melindungi kulit dari faktor buruk di lingkungan. Selain bermanfaat untuk menjaga kelembapan dan berfungsi sebagai anti-penuaan, squalane oil juga memiliki sifat antioksidan alami untuk melawan radikal bebas.


    Jenis kulit apa yang cocok menggunakan squalane oil?


    Berkat kemampuannya untuk menjaga kelembapan dan menenangkan kulit, squalane oil akan sangat berguna untuk pemilik kulit kering atau orang kondisi kulit tertentu, misalnya eksim.


    Tetapi, pada dasarnya squalane oil aman dan bermanfaat untuk digunakan semua jenis kulit, bahkan jika kamu memiliki jenis kulit sensitif atau rentan berjerawat. Ini karena, squalane oil bersifat non-comedogenic, ringan, tidak menyebabkan iritasi kulit, tidak menyebabkan jerawat, dan non greasy.


    Bagaimana cara terbaik untuk menggunakan squalane oil?


    Jika kamu tertarik untuk memasukkan squalane oil ke dalam rutinitas perawatan kulit harian, alangkah baiknya lakukan patch test terlebih dahulu untuk mengetahui apakah kamu cocok atau tidak dengan oil ini.




    Jika sudah dipastikan kulit kamu tidak mengalami iritasi atau alergi terhadap oil ini, kamu dapat menggunakan squalane oil dua kali sehari, pada pagi dan malam hari, setelah menggunakan serum. Tutup rutinitas perawatan kulit harian dengan moisturizer untuk memberi kelembapan ekstra, atau sunscreen pada pagi hari.


    Selain pada kulit wajah, kamu juga bisa mengaplikasikan squalane oil pada kuku dan rambut untuk mendapatkan manfaat yang sama. Untuk membuat rambut lebih lembut dan berkilau, oleskan beberapa tetes squalane oil ke kulit kepala, lalu pijat perlahan. Untuk penggunaan pada kuku, oleskan beberapa tetes squalane oil ke kutikula untuk memberi kelembapan, terutama jika kuku kering dan rusak.


    (Fariza Rahmadinna / VA / Images: Doc. Jill Burrow/Pexels)