Beauty

Mirror Skin: Kecantikan Terbaru Yang Sedang Tren di Korea

  by: Astriana Gemiati       11/6/2021
  • Jika kamu menggunakan masa karantina di rumah untuk mempersiapkan dan memanjakan kulit, nah.. kamu pasti pernah mendengar tentang tren Mirror Skin. Sama seperti tren Glass Skin dan Dolphin Skin pendahulunya, #skincaregoals baru adalah tentang memiliki kulit sehat dan dewy yang hampir memantulkan cahaya seperti cermin.


    Baca juga: Wajib Coba! Ini Dia Korean Makeup 2021 Yang Sedang Tren






    Meskipun kamu dapat mencapai Mirror Skin selfie dengan rute concealer-highlighter, menjalani diet sehat dan rutinitas kecantikan sudah dipastikan kamu akan mendapatkan lewk mirror secara alami. Inilah yang dikatakan para ahli:

    Mulai dari dalam

    Kamu adalah apa yang kamu makan. Jadi, untuk bersinar dari luar, kamu perlu mengisi perut dengan makanan sehat yang kaya nutrisi. Perhatikan juga makanan tertentu seperti susu, gluten, gula, dan makanan dengan indeks glikemik tinggi yang sering menyebabkan jerawat dan masalah kecantikan lainnya.

    Ahli diet holistik Shikha Mahajan mengatakan, “Ketika kita mengonsumsi nutrisi apa pun, tubuh kita menggunakannya untuk menyembuhkan tubuh dan organ dalam, serta tulang dan jaringan tanpa lemak. Setelah semua ini sembuh, maka nutrisi yang berlebih digunakan untuk kulit, rambut, dan kuku. Inilah sebabnya mengapa kebanyakan dokter melihat kulit dan memberi tahu jika kamu kekurangan gizi. Jerawat, pigmentasi, dan kerutan berarti bahwa tubuh kamu tidak memiliki banyak mikronutrien, dan kapan saja akan gagal jika ada stresor fisik. Seringkali kulit bermasalah adalah tanda pencernaan yang buruk, masalah hati, atau bahkan IBS (Irritable bowel syndrome). Sementara kita hanya sering mengunjungi dokter kulit untuk masalah kulit, jadi akan sangat bijaksana untuk bertemu dengan spesialis gastro atau ahli gizi untuk masalah ini."


    Pembersihan ganda

    Tergantung pada jenis kulit dan jumlah riasan atau tabir surya yang kamu pakai di siang hari, pastikan untuk melakukan double-cleanse sebelum tidur. Dokter kulit selebriti, Dr Chytra V Anand mengatakan, "Bahkan dalam keadaan normal, dokter kulit biasanya menyarankan agar kamu membersihkan wajah dua kali, terutama di malam hari. Pembersihan pertama adalah menghapus riasan sehingga kamu dapat melakukannya menggunakan makeup removal wipes atau makeup remover pada kapas seperti micellar water. Pembersihan kedua adalah menggunakan pembersih kulit lembut pH seimbang di wajah Anda dan mencucinya dengan air."

    Namun, jangan gunakan harsh cleansers yang merusak penghalang kelembapan alami kulit kamu. Idealnya, pembersih berbahan dasar minyak diikuti dengan pembersih lembut biasa sudah cukup untuk kebanyakan orang.


    Lakukan eksfoliasi seminggu sekali

    Pengelupasan kulit secara kimiawi dengan toner AHA BHA sesuai dengan jenis kulit kamu dapat menunjukkan hasil yang langsung. Mereka dengan lembut mengelupas kulit kusam, meninggalkan kamu dengan kulit yang lembut dan bercahaya. Dr Anand menambahkan, "Untuk menghilangkan kotoran dan kulit mati dengan lembut, eksfoliator kimia seperti asam glikolat, asam laktat, Glucono Delta Lactone digunakan. Kamu harus menghindari segala jenis scrub yang keras. Bahkan enzim buah dari pepaya atau nanas yang dapat membantu eksfoliasi kulit kamu dengan lembut. Lakukan eksfoliasi dengan gerakan memutar setidaknya dua sampai tiga kali seminggu."





    Melembapkan

    Apakah kamu memiliki jenis kulit berminyak atau kombinasi atau kering, karena setiap orang membutuhkan sedikit peningkatan kelembapan. Kulit yang dilembapkan dengan baik adalah kunci untuk mencapai efek mirror skin yang reflektif dan berembun. Sementara jenis kulit kering dapat mencoba-coba dengan slugging, jenis kulit lain bisa mendapatkan peningkatan kelembapan dari krim asam hialuronat atau pelembab ringan.

    “Gunakan pelembab berbahan dasar ceramide sehingga dapat memperbaiki skin barrier dan memberikan perlindungan sepanjang hari. Pada malam hari gunakan pelembab yang lebih berat jika kulit terasa kering atau bersisik. Pelembap sebaiknya dioleskan pada wajah di leher, di bawah ketiak. mata dan area bibir. Jika kamu memiliki jenis kulit berminyak atau kombinasi, maka gunakan pelembab ringan, tetapi jika kamu memiliki kulit normal kering gunakan pelembap yang lebih berat, "kata Dr Anand.









    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.in / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: Dok. Instagram)