Better You

Positif COVID-19? Ini 6 Makanan yang Sebaiknya Kamu Konsumsi!

  by: Giovani Untari       12/6/2021
  • Pandemi COVID-19 sepertinya masih jauh dari kata akhir, sebab kasus terinfeksi virus ini masih meningkat pesat di beberapa wilayah Indonesia. Untuk mempercepat proses penyembuhan dari COVID-19 jelas tidak hanya dibutuhkan pengobatan serta penanganan yang tepat, tetapi juga pola makan yang baik. 

    World Health Organisation (WHO), National Health Service (NHS) serta Indian Ministry of Health and Family Welfare (MoHFW) sudah memberikan sejumlah guidelines terkait pola makan yang sehat untuk para pasien COVID-19.

    Bagi kamu yang saat ini sedang dalam masa penyembuhan dari COVID-19. pastikan untuk mendapat asupan protein, cairan, vitamin, dan mineral yang lebih agar proses recovery-nya lebih cepat dan sistem imun tubuhmu pun bisa semakin kuat.



    Untuk membuatnya menjadi lebih sederhana, Rajat Jain, seorang ahli diet, pakar penurunan berat badan, spesialis nutrisi klinis dan olahraga asal India menyarankan 6 makanan yang sebaiknya kamu konsumsi apabila sedang positif COVID-19. Makanan tersebut membantu tubuh sembuh lebih cepat dan mengembalikan energi tubuh yang hilang saat melawan infeksi coronavirus.

    Ini dia 6 makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh pasien COVID-19:



    1. Jeruk

    Jeruk kaya kandungan vitamin C. Vitamin C sangat membantu formasi antibodi dalam tubuh dan mempercepat proses penyembuhan dari penyakit. Buah ini sangat bermanfaat untuk memperkuat sistem imun dan meningkatkan energi tubuh. Selain jeruk, kamu juga bisa mengonsumsi buah dengan kandungan vitamin C tinggi seperti: kiwi, stroberi, dan aneka buah citrus lainnya.



    2. Almond

    Almond tinggi kandungan vitamin E yang bekerja sebagai antioksidan dalam tubuh. Mereka juga bisa menggantikan energi yang hilang saat proses penyembuhan. Dapatkan juga vitamin E lewat sejumlah buah kering, alpukat, sunflower seeds, brokoli, udang, dan bayam.


    3. Telur dan daging ayam

    Telur dan daging ayam adalah makanan yang tinggi kandungan protein. Di mana protein sangat penting bagi tubuh, terutama saat proses penyembuhan COVID-19. Kedua makanan ini juga mengandung asam amino yang melindungi tubuh dari virus serta bakteri pembawa penyakit!



    4. Kacang-kacangan

    Bahan makanan satu ini diperkaya kandungan zinc yang tinggi. Zat ini baik untuk meningkatkan sistem imun dan membantu tubuh melawan racun. Kekurangan zinc sendiri dapat memicu masalah imunitas tubuh yang buruk. Dan di masa pandemi seperti saat ini, kita semua jelas butuh sistem imun tubuh yang kuat untuk melawan virus. Selain kacang-kacangan, kamu juga bisa mengonsumi daging sapi dan unggas untuk meningkatkan kadar zinc di tubuh.


    5. Cairan

    Menjaga tubuh selalu dalam keadaan terhidrasi juga sangat penting! Minumlah air putih lebih banyak dari biasanya, dear! Tubuhmu jelas memerlukan banyak cairan saat sedang berjuang melawan virus. Kamu bisa menambah asupan cairan dalam tubuh dengan mengonsumsi jus buah dan sayur serta minum 3-5 liter air putih setiap harinya.



    6. Kunyit

    Rempah-rempah adalah bahan yang baik untuk meningkatkan sistem imun, karena kaya antioksidan dan komponen bioaktif di dalammya. Selain lewat makanan, kamu juga bisa mengonsumsi rempah-rempah dalam berbagai minuman herbal seperti: jamu, teh jahe, green tea, dan teh herbal lainnya untuk meningkatkan tenaga dan memperkuat sistem imun.




    Selain makanan di atas, ada sejumlah hal penting lainnya yang Rajat rekomendasikan agar pola makanmu lebih efektif melawan COVID-19:

    1. Perhatikan higienitas makanan dan minuman yang dikonsumsi.

    2. Masak makanan sampai benar-benar matang.

    3. Rendam buah dan sayur yang baru dibeli ke dalam air garam selama 3-4 jam, cuci kembali, dan simpan.

    4. Tetap terhidrasi dan minum paling tidak 15 gelas air (lebih baik lagi air hangat) setiap harinya. Kamu juga bisa membuat infused water dengan menambahkan 2 potongan lemon atau daun mint, timun, wortel, atau buah dan sayur favoritmu ke dalam air putih yang akan diminum. Ini akan membuat air minum kamu terasa lebih nikmat.

    5. Konsumsi lebih banyak makanan yang mengandung protein baik.

    6. Hindari gula berlebih, makanan yang digoreng, dan terlalu dingin seperti es krim.

    7. Hindari alkohol dan merokok, sebab merokok dapat menimbulkan masalah baru bagi pernapasan pasien COVID-19.

    8. Tambahkan kunyit, jahe, dan bawang putih ke dalam menu makanan.

    9. Konsumsi juga suplemen yang mengandung zinc, magnesium, folic acid, Omega-3, vitamin C, vitamin D3 dan suplemen lainnya yang disarankan oleh dokter kamu.



    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan India / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Giovani Untari / Images: Dok.  Henrique Félix on Unsplash, Evie Fjord on Unsplash, Tamanna Rumee on Unsplash, Andrew Ren on Unsplash)