Celebrity

NIKI, Rich Brian, & Warren Hue Bahas Lagu Baru Mereka, "California"

  by: Shamira Priyanka Natanagara       16/6/2021
  • Pada 27 Mei lalu, penyanyi NIKI berkolaborasi dengan rapper Rich Brian dan Warren Hue dalam lagu baru berjudul “California”. Ketiga musisi Indonesia yang berada dinaungi label musik 88rising mengungkapkan pengalaman serta perasaan masing-masing sebagai orang luar yang merintis karier di California, Amerika Serikat. Dalam press conference “California” yang diadakan pada awal bulan Juni, NIKI, Rich Brian, dan Warren Hue membahas proyek kolaborasi ini lebih lanjut.

    “Kolaborasi ini tidak jauh berbeda dengan kolaborasi lainnya karena kami hanya mengerjakan bagian kami masing-masing,” jelas NIKI. “Seperti [album] Heads in the Clouds II, kami mengirimkan satu sama lain [material] dan sekarang pun sama.”

    Ia melanjutkan, “Ketika saya menerima beat-nya, rasanya spesial. Saya menulis duluan—saya menulis dua verse berbeda. Rasanya cukup ‘gila’ karena saat kamu berkolaborasi bagian setiap orang mempengaruhi setiap bagian lagu. It was a cool trial and error because I had to rewrite stuff.



    Rich Brian mengungkapkan bahwa bagian yang membuatnya terpukau adalah transisi ke verse NIKI yang lebih slow. “Itu adalah momen saya berpikir, ‘Oh, this is wow’,” katanya.




    Rich Brian membahas kisah di balik lirik yang ia tulis: “Ada bagian di mana saya mengatakan ‘Yeah, you’ve made it, you’ve been anxious.’ Saya bercerita tentang betapa besarnya tekanan yang kami alami di industri ini dan kami masih sangat muda. Mungkin karena banyak sekali orang, banyak sekali orang baru yang harus ditemui, banyak tempat di mana kami harus bertemu seseorang dan bersikap lain. Itu memunculkan anxiety yang tinggi.”

    Soal partisipasinya dalam lagu ini, Warren Hue menjelaskan bahwa lirik yang ia tulis berdasarkan pengalaman pribadinya pindah ke California, yang terjadi belum lama ini. Rapper asal Jakarta ini resmi bergabung dengan 88rising pada Maret 2021, dan sayangnya belum sempat tur akibat pandemi—so itulah hal yang paling ingin ia lakukan sebagai musisi sekarang.

    Membahas hubungan mereka sebagai warga Indonesia yang pindah ke Los Angeles, California untuk menekuni industri musik, NIKI mengatakan bahwa kehadiran Rich Brian membuatnya merasa lebih tenang. “It was really nice to have someone Indonesian and who speaks Indonesian,” ujar sang pelantun lagu “lowkey”.

    “Terkadang kami merasa homesick,” Warren berbagi. “Saya rindu kultur di Indonesia. Cukup sulit untuk menyeimbangkan segalanya mulai dari teman-teman dan keluarga di [Indonesia]. Sejujurnya itu adalah hal tersulit, but that’s the whole experience of coming to America.”



    It’s cool because we experience a lot of the same things,” ujar Rich Brian. “Pindah ke LA, bertemu banyak orang. Empat atau lima tahun kemudian dan kami melakukan proyek masing-masing dan berkembang, dan memiliki banyak keraguan, dan melihat perubahan serta kedewasaan dalam sesama dan itu sungguh keren—dalam hidup kami dan musik.”


    Tonton video klip “California” berikut ini:





    (Shamira Natanagara / Ed. / Images: Dok. Natt Lim / 88rising)