Lifestyle

Ini 9 Fakta Menarik dari Film 'Ali & Ratu Ratu Queens'!

  by: Giovani Untari       17/6/2021
  • Di bulan Juni 2021 ini, kita kedatangan sebuah film Indonesia terbaru yang di Netflix yaitu Ali & Ratu Ratu Queens.

    Film ini akan mengajak kita pada kisah petualangan seorang remaja bernama Ali (Iqbaal Ramadhan) yang mencari keberadaan ibunya Mia (Marissa Anita) di kota New York. Berbekal keberanian dan semangatnya, Ali pun tiba di Queens dan di sana ia bertemu dengan empat imigran Indonesia yang akan mengubah hidupnya. Berhasilkah Ali menemukan ibunya serta bahagia dengan pilihannya pergi ke New York? 

    Jadilah saksi dari kisah petualangan Ali tersebut di film Ali & Ratu Ratu Queens mulai tanggal 17 Juni 2021 di Netflix.




    Sebelum menonton filmnya, yuk kita simak terlebih dahulu 9 fakta menarik dari film Ali & Ratu Ratu Queens berikut:



    1. Dibintangi oleh para pemain berbakat

    Siapa yang tak mengenal Iqbaal Ramadhan, bukan? Aktor dan musisi muda berbakat ini telah sukses mencuri perhatian kita semua lewat kemampuan aktingnya di sejumlah film seperti Dilan 1990, Dilan 1991, Bumi Manusia, serta Milea: Suara dari Dilan. Tak hanya Iqbaal, Ali & Ratu-Ratu Queens juga dibintangi oleh para pemain handal Indonesia lainnya yaitu: Nirina Zubir, Happy Salma, Astri Welas, Tika Panggabean, dan Marissa Anita. Tak ketinggalan ada pula aktris muda yang saat ini sedang bersinar Aurora Ribero.




    2. Tim produksi yang handal

    Saat kamu menonton film Ali & Ratu Ratu Queens, Cosmo yakin kamu bisa langsung merasakan bahwa film ini diproduksi oleh jajaran tim yang telah berpengalaman di bidangnya. Setiap scene dan dialognya terasa begitu spesial, lengkap dengan sinematografinya yang apik. Film ini disutradarai oleh Lucky Kuswandi, sosok yang pernah menjadi sutradara untuk film Galih & Ratna (2017), The Fox Exploits the Tiger's Might (2015), serta Selamat Pagi, Malam (2014).

    Sedangkan naskahnya ditulis oleh Gina S. Noer sosok yang banyak menulis naskah untuk film box office Indonesia seperti: Ayat-Ayat Cinta (2008), Habibie & Ainun (2012), Keluarga Cemara (2019), Bebas (2019), serta Dua Garis Biru (2019).




    3. Iqbaal Ramadhan langsung menjadi aktor pertama yang dipilih untuk memerankan Ali

    Sang produser film Ali & Ratu Ratu Queens yaitu Muhammad Zaidy (Eddy) mengungkapkan bahwa ia langsung memikirkan Iqbaal Ramadhan untuk berperan sebagai Ali.

    "Iqbaal menjadi yang pertama terlintas di benak kami, dan kami langsung tahu bahwa ia adalah orang yang tepat untuk memerankan Ali. Kami juga sempat memikirkan beberapa nama untuk memainkan karakter Ratu Ratu. Mereka pun bukan hanya sekedar wishlist karena kami mencoba bertemu dengan semuanya dan melakukan screen test untuk melihat chemistry antara satu sama lain. Setelah itu, kami mencoba mengajukan cerita ini kepada Lucky, yang ternyata sangat menyukai ide dan menyetujui pilihan pemainnya," ujar Eddy.




    4. Chemistry yang kuat antara pemain

    Sebagai film keluarga yang heartwarming (trust us!), salah satu daya tarik utama dari film Ali & Ratu Ratu Queens adalah chemistry yang apik antara semua pemain. Semua pemainnya terasa saling akrab dan memahami satu sama lain. Saat sesi press conference, para pemain Ali & Ratu Ratu Queens menceritakan bahwa mereka semua tidak kesulitan saat membangun chemistry satu sama lain sejak awal bertemu, proses reading, hingga syuting di New York. Bahkan meski ini proses produksinya sudah selesai mereka tetap dekat satu sama lain. Sweet


    5. Tapi Marissa Anita terpaksa menjauhkan diri dari para pemain agar lebih menghayati perannya

    Dalam film ini, Marissa Anita berperan sebagai sosok ibu Ali yang bernama Mia dan kini tinggal di New York. Ia adalah seorang ibu yang menggambarkan karakter kompleks dan membawa berbagai value yang ada dalam diri seorang perempuan. 



    Dan demi secara maksimal dalam menghayati perannya, sang aktris memilih untuk menjauhkan diri dari para pemain Ratu Ratu selama pembuatan film. “Saya tahu bahwa kami akan sangat akrab, namun chemistry ini bisa tertangkap juga di kamera. Hal itu tidak akan sesuai dengan cerita, jadi saya pun memilih untuk menyendiri. Eddy sangat membantu dan memahami proses saya menjadi Mia,” ujar Marissa Anita.


    6. Para pemain benar-benar belajar menjadi New Yorker untuk film ini!

    Tahukah kamu babes, para pemain Ali & Ratu Ratu Queens juga menghabiskan dua minggu pertama kedatangan mereka di New York untuk menjelajah kota tersebut. Tujuannya agar para pemain bisa merasakan vibes New York yang sesungguhnya dan menggambarkan sosok perantau atau imigran Indonesia dengan tepat! Yup, para pemain benar-benar belajar berjalan lebih cepat layaknya seorang New Yorker, mengunjungi daerah Queens, sampai naik kereta bawah tanah.



    7. Syuting dalam kondisi yang begitu dingin

    Di dalam film mungkin kita tidak akan terlalu melihat betapa dinginnya kota New York, lantaran akting para pemainnya yang begitu profesional. Tapi ternyata para pemain dan kru harus menghadapi cuaca dingin pada hari pertama mereka syuting! “Kami mengambil adegan pertama di rooftop dan saat itu sedang turun salju. Beberapa dari kami baru pertama kali merasakan cuaca ini, sehingga kami sempat kaget. Meski cuacanya sangat dingin, lama-lama kami mulai menikmatinya”, ujar Tika Panggabean.


    8. Proses syutingnya sempat dikawal NYPD

    Pada saat press conference, Astri Welas sempat menceritakan pengalaman tak terlupakan saat ia dan Iqbaal syuting untuk sebuah adegan. Lantaran proses syutingnya harus memblokir sebuah area, mereka benar-benar mendapat pengawalan dari NYPD alias Kepolisian Kota New York agar semuanya berjalan lancar! Wow~


    9. Menggambarkan sisi lain kota New York

    Berbeda dengan film yang biasanya menampilkan sisi glamor dan keindahan kota New York, Ali & Ratu Ratu Queens justru mengajak kita melihat sisi lain dari kota tersebut. Sisi yang mungkin tak banyak orang ketahui di balik segala kemegahannya.

    "Film ini menggambarkan New York yang autentik dan raw menjadi salah satu daya tarik utamanya, sekaligus salah satu alasan saya mengambil proyek ini. Ketika pertama kali saya datang ke Amerika untuk sekolah, awalnya saya pikir negara ini dipenuhi oleh hiruk-pikuk, glamor, dan tempat untuk mengejar mimpi, namun ternyata ada sisi lain yang terlewatkan. Saya rasa Queens adalah tempat yang membuat New York menjadi autentik, dan ini sesuatu yang mungkin belum banyak orang Indonesia ketahui," ujar Iqbaal Ramadhan.


    Tertarik untuk menonton film Ali & Ratu Ratu Queens di Netflix, dear? Tonton dulu trailer-nya berikut ini:





    (Giovani Untari / Images: Dok. Netflix)