Beauty

Mengenal Tren Pewarnaan Alis, Eyebrow Tinting!

  by: Fariza Rahmadinna       21/6/2021
  • Alis merupakan bagian wajah yang penting karena berperan sebagai bingkai wajah. Inilah alasan mengapa alis mata menjadi ritual makeup terpenting dalam rutinitas sehari-hari. Setuju?


    Ada beberapa cara untuk menggambar atau membentuk alis mata, mulai dari menggunakan produk pensil alis mata, melakukan perawatan sulam alis mata, hingga brow extension. Namun, jika kamu menyukai tampilan alis mata yang lebih alami, kamu bisa mencoba eyebrow tinting. Apa itu eyebrow tinting? Amankah untuk dilakukan? Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasannya di bawah ini.




    Apa itu eyebrow tinting?



    Eyebrow tinting atau pewarnaan alis adalah proses mengaplikasikan pewarna semi permanen untuk membentuk dan menegaskan bentuk alis alamimu. Penggunaan teknik ini diklaim dapat memberikan tampilan alis yang tebal, rapi, tampak alami, tanpa perlu kamu aplikasikan berulang kali.


    Tidak seperti teknik sulam alis yang menginjeksi tinta khusus menggunakan jarum halus, eyebrow tinting mengaplikasikan pewarna semi permanen atau henna dengan cara ‘menggambar’ alis mata dan menggunakan aplikator khusus. Kamu bisa melakukan teknik pewarnaan alis ini di sejumlah salon kecantikan, dan biasanya proses pengerjaannya hanya memakan waktu sekitar 10 hingga 15 menit. Selain itu, perawatan ini tidak menimbulkan rasa sakit ataupun efek samping.


    Berapa lama pewarnaan alis menggunakan teknik eyebrow tinting dapat bertahan?


    Pewarnaan alis menggunakan teknik eyebrow tinting dapat bertahan selama empat hingga enam minggu. Namun, hasil ini bisa dialami berbeda-beda pada setiap individu, tergantung reaksi rambut seseorang terhadap pewarna (yup, sama seperti mewarnai rambut, girls!). Jadi, sangat mungkin pewarnaan alis dengan teknik ini di rambut orang lain bisa bertahan cukup lama, namun di rambut kamu hanya bisa bertahan dalam waktu singkat.


    Pro tip: Agar warna alis bertahan cukup lama, jaga alis tetap kering selama 12 jam pertama setelah proses pewarnaan. Selain itu, sebaiknya hindari produk skincare dan produk riasan alis yang mengandung terlalu banyak minyak, karena bahan tersebut bisa membuat pewarna alis lebih cepat memudar. Hindari pula gesekan berlebihan pada area sekitar mata dan alis untuk menjaga warna agar tidak memudar.


    Efek Samping dan Resiko


    Mengaplikasikan pewarna di dekat area mata bukan tanpa risiko, karena sangat mungkin menimbulkan reaksi alergi—terutama di area wajah yang tergolong sensitif, seperti area mata. Beberapa reaksi alergi yang dapat muncul adalah, gatal-gatal, kemerahan dan dalam beberapa kasus ekstrim, dapat menimbulkan kerontokan.


    Faktanya, belum ada pewarna untuk eyebrow tinting yang sudah mendapatkan persetujuan dari U.S. Food and Drug Administration atau FDA. Lalu, apakah itu artinya eyebrow tinting berbahaya untuk kulit? Jawabannya, kembali ke kondisi kulit masing-masing. Perlu dicatat, tidak ada satu bahan pun yang benar-benar aman untuk semua jenis kulit, meskipun sudah mendapat persetujuan dari FDA atau BPOM.


    Oleh karena itu, pastikan kamu melakukan tes alergi terlebih dahulu sebelum melakukan eyebrow tinting. Biasanya, terapis kecantikan akan mengaplikasikan pewarna di area tubuh tertentu, seperti area belakang telinga atau lipatan siku tangan untuk melihat apakah pewarna tersebut menimbulkan reaksi alergi atau tidak. Jika tidak, terapis kecantikan akan langsung mengaplikasikan pewarna tersebut pada alis.


    Perlu diingat, ya girls, jika tertarik untuk mencoba teknik eyebrow tinting pastikan kamu memilih salon kecantikan atau tempat perawatan kecantikan yang terpercaya dengan terapis kecantikan berlisensi, untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan, sekaligus dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan terapis mengenai pewarna yang digunakan dan bentuk alis yang tepat sesuai dengan bentuk wajah.


    So, haruskah melakukan pewarnaan alis dengan teknik eyebrow tinting? Jika kamu menginginkan tampilan alis yang on fleek tanpa perlu repot mengaplikasikan setiap hari, dan kamu tidak ingin melakukan sulam alis, ini adalah perawatan yang tepat. Cosmo sendiri sudah pernah mencoba perawatan eyebrow tinting di dua salon kecantikan di Jakarta. Baca review-nya di sini! https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/12/2020/23317/cosmo-tries-bushy-brow-treatment-alis-yang-sedang-tren





    (Fariza Rahmadinna/VA/Image: Dok. Rodnae Production/Pexels)