Fashion

5 Tips Membuat Lemari Pakaian Kamu Lebih Ramah Lingkungan

  by: Astriana Gemiati       21/6/2021
  • Kiat terbesar nomor satu agar lebih sustainable dalam hal fashion? Belanja lemari pakaian kamu sendiri, dan jatuh cinta lagi dengan yang sudah kamu miliki. Temukan cara baru untuk menata, mendaur ulang, dan memperbaiki barang kamu yang sudah ada untuk memperpanjang masa pakainya dan menjauhkannya dari tempat pembuangan sampah.


    Berikut tips dari Cosmo untuk membuat lemari pakaian kamu lebih ramah lingkungan.



    1. Upcycle

    Coba buka lemari pakaian kamu, dan lihat pakaian mana yang sering jarang kamu gunakan. Yup, jika dia berada di paling bawah, ini saatnya untuk mencoba mengubahnya menjadi hal yang baru dan keren. 



    2. Belanja barang preloved

    Ingin sesuatu yang segar untuk mempercantik penampilan kamu, tetapi ingin lebih ramah terhadap planet ini? Second-hand atau preloved bisa jadi pilihan tepat. Namun, jika kamu baru mengenal resale platform, coba cek beberapa akun media sosial atau situs website terpercaya, dan baca beberapa review yang sudah sering melakukan transaksi di tempat tersebut. Beberapa brand preloved biasanya memiliki karakteristik khusus yang bisa kamu pilih sesuai dengan gaya kamu, seperti vintage, Korean, hingga harajuku style. Dan, kamu bisa menemukan berbagai macam pilihan dari atasan, sepatu, hingga tas.




    3. Pertimbangkan pembelian kamu

    Beli barang yang kamu sukai dan pakai minimal 30 kali. Jangan tergiur membeli barang hanya karena murah. Beli karena memang kamu suka dan tidak sabar untuk membuat kenangan saat memakainya.


    4. Perbaikan dengan lakukan teknik DIY

    Cosmo yakin beberapa di antara kita (mungkin) mengganti barang yang rusak —atau sudah tidak muat lagi dikenakan— dengan membeli sesuatu yang baru. Saran Cosmo, coba untuk memperbaikinya! Dengan begini kamu bisa menerapkan #Sustainability hingga memperpanjang umur pemakaiannya.





    5. Lakukan riset

    Jika kamu memilih cara dengan pembelian baru, pertimbangkan untuk melihat kebijakan keberlanjutan dari merek tersebut. Kini ada banyak label baru yang berkomitmen, melakukan, dan mendukung konsep sustainability.






    Feel good, look good




    ( Astriana Gemiati / Image: [email protected], Dok. TikTok.com, Dok. Instagram)