Love & Sex

12 Hal Positif dari Hubungan Jarak Jauh / LDR yang Harus Kamu Tahu!

  by: Giovani Untari       22/6/2021
  • Bagi sebagian orang, menjalani hubungan jarak jauh atau LDR adalah sebuah hal yang sangat complicated. Intensitas pertemuan dengan si dia yang pastinya akan berkurang serta pentingnya untuk saling percaya, tak jarang membuat banyak pasangan menyerah saat menjalani hubungan jarak jauh.

    But of course, semua hal pasti ada sisi positifnya bukan?

    Tenang, di balik hubungan jarak jauh / LDR, sebenarnya ada sejumlah hal positif yang bisa kamu dapatkan bersama pasanganmu! Salah satunya kamu bisa belajar lebih menyeimbangkan waktu untuk dirimu, pasangan, serta para sahabatmu.



    Mari kita simak 12 hal positif dari hubungan jarak jauh / LDR yang harus kamu ketahui:


    1. Kalian tidak akan pernah bosan satu sama lain

    Itu karena saat menjalani hubungan jarak jauh / LDR, intensitas pertemuan kalian akan jauh berkurang. Kalian mungkin hanya akan bertemu dua kali dalam sebulan, atau mungkin 3 kali dalam setahun. Hal ini tentu akan membuat kalian lebih tidak merasa bosan, ketimbang pasangan yang bertemu setiap hari atau minggunya, bukan? Di luar hari kencan kalian, kamu juga tetap bisa melakukan banyak hal seperti mengerjakan hobi, menambah penghasilan lewat side hustle, atau fokus merawat binatang peliharaanmu, babes!



    2. Setiap waktu yang kalian habiskan berdua akan terasa seperti liburan singkat

    Para pejuang hubungan jarak jauh pastinya paham betul bahwa waktu adalah hal yang sangat berharga bagi kalian berdua. Oleh karena itu pasangan yang menjalani LDR, biasanya juga akan lebih bijak dan cermat dalam hal memanfaatkan waktu bersama pasangannya. Mereka akan melakukan hal-hal yang precious seperti pergi berkencan ke tempat seru, mencoba banyak hal baru, bahkan road trip bersama. Aktivitas ini akan terasa kian mendekatkan kalian satu sama lain, ketimbang pasangan yang sering bertemu namun malah hanya fokus dengan smartphone masing-masing, oopps!


    3. Bisa sering memberikan surprise satu sama lain

    Misalnya dengan mendadak muncul ke tempat si dia dan mengajaknya berkencan. Surprise juga menjadi salah satu elemen yang penting, agar hubungan cinta kalian selalu penuh spark dan tidak membosankan.


    4. Keep calm, sebab saat bertemu nanti kalian bisa tetap melakukan banyak hal bersama!

    Seperti pergi belanja ke supermarket atau memasak makanan bersama. Sekali lagi karena hubungan jarak jauh yang kamu dan pasangan jalani, setiap pertemuan kalian akan menjadi sebuah hal yang berkesan.


    5. Kalian seperti memiliki rumah kedua di kota / negara yang berbeda

    Dan ini rasanya seperti kamu memiliki banyak rumah di seluruh dunia. (Beyoncé.) (You are Beyoncé.) (#blessed)


    6. Kamu juga jadi punya waktu untuk hang out bersama teman-temanmu

    Karena saat masih menjalani hubungan regular bersama pasangan, seluruh waktu dan perhatian terfokus untuk pasanganmu saja. Ini membuat kamu mungkin harus sering absen saat para sahabatmu mengajakmu hang out. Saat menjalani hubungan jarak jauh, kamu sekarang jadi punya lebih banyak waktu untuk bertemu mereka. 



    7. Kamu jadi bisa menyeimbangkan waktu untuk pasangan dan sahabatmu

    Pertemuanmu dengan pasanganmu akan lebih terjadwal sejak menjalani hubungan jarak jauh. Dan pastinya sahabatmu akan memahami dan menghargai waktu kebersamaan dengan pasanganmu, sebab kamu dan si dia tidak bisa bertemu setiap hari saat menjalani LDR.




    8. Memperkuat skill komunikasi di antara kalian

    Untuk membuat sebuah hubungan jarak jauh atau LDR berhasil, yang dibutuhkan tentu saja KOMUNIKASI di antara kamu dan pasangan. Dan ini tentu saja bukan sekadar soal mengobrol di telepon / video call setiap hari. Tetapi bagaimana kalian saling berkomunikasi soal tujuan hidup dan agar tetap berada di tujuan dan pandangan yang sama saat menjalani hubungan ini.


    9. Well, kamu jadi punya alasan untuk belanja agar tampil gorgeous saat kencan bersama si dia

    Lantaran momen kencan bersama pasanganmu tidak terjadi secara sering, rasanya bukan sebuah ide yang buruk untuk shopping dan membeli outfit baru agar tampil lebih memikat di hadapan si dia. Jadi tak ada salahnya untuk sekali-kali memanjakan diri, girls!


    10. Kamu jadi punya tujuan yang ingin kamu datangi

    Salah satunya tempat tinggal pasanganmu saat ini. Kalau dulu kamu bingung kemana harus menghabiskan waktu liburan, sekarang kamu sudah siap untuk trip ke tempat pasanganmu.



    11. Kamu ada alasan kuat untuk mengambil cuti

    Demi bertemu pasanganmu, kamu jadi punya alasan kuat untuk bekerja lebih giat menyelesaikan semua urusan pekerjaanmu lalu setelahnya mengambil cuti. Hal ini juga supaya momen pertemuanmu dengan si dia tidak terganggu urusan pekerjaan. Rekan kerja dan atasanmu pastinya juga akan ikut memahami perasaanmu yang ingin sekali bertemu si dia saat menjalani LDR.


    12. Saat kamu bisa melewati ini semua, Cosmo yakin kamu akan kuat dan siap menghadapi hal apapun dalam hidup

    Remember that, babes




    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Giovani Untari / Ed. / Images: Dok. Grzegorz Rakowski on Unsplash, Cody Black on Unsplash, Joanna Nix-Walkup on Unsplash, Jasmin Chew on Unsplash)