Love & Sex

Jenuh Berkencan? Bisa Jadi Kamu Sedang Dating Burnout!

  by: Redaksi       25/6/2021
  • Cosmo Babes, apa kamu pernah merasa sangat lelah dengan berkencan dan hal lain yang berhubungan dengan itu? Tenang, kamu tidak sendirian. Sebuah dating app bernama Hinge melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa 61 persen pengguna mereka di Inggris merasa kewalahan dan lelah dengan kegiatan berkencan. Ditambah lagi dengan situasi dunia di tengah pandemi dan kamu mendapat kombinasi sempurna yang menghasilkan sebuah istilah baru bernama ‘dating burnout.’

    Perasaan ini sangat normal, jelas Logan Ury, director of relationship science di Hinge. “Dating burnout dapat termanifestasi secara sendirinya melalui jalur yang berbeda, tergantung dari orang yang merasakannya. Kamu bisa merasa putus asa dan khawatir bahwa tidak akan ada lagi orang yang tepat untuk menjadi pendamping hidupmu atau kamu dapat merasa ingin menyerah dalam percintaan secara keseluruhan.”




    Dating Burnout: Apa yang harus dilakukan?

    Jika kamu ada di titik dating burnout, apa yang harus kamu lakukan?



    Beristirahat dari Kegiatan Berkencan

    “Saran saya adalah untuk beristirahat sampai kamu merasa sudah siap untuk kembali ke dunia percintaan,” jelas Logan. “Pola pikir seseorang dapat memengaruhi bagaimana kencan orang tersebut berlangsung. Meluangkan waktu untuk beristirahat memungkinkan dirimu untuk lebih mengenal diri sendiri, mengetahui apa yang kamu mau, dan bagaimana kamu ingin dilihat oleh orang lain. Jadikan kesempatan ini untuk menjaga kesehatan mentalmu. Mengenali diri dan keinginanmu akan memperbesar peluang hubunganmu selanjutnya untuk sukses.”


    Memberi Usaha Lebih dalam Berkencan

    Meski demikian, penelitian dari Hinge juga memberi sebuah saran yang sedikit bertolak belakang untuk menghindari dating burnout. “Walaupun instingmu berkata untuk mengambil waktu untuk sendiri, namun data berkata lain,” jelas Logan. “Cara terbaik untuk menghindari dating burnout, dan merasa lebih puas dengan kehidupan kencanmu, adalah dengan mengejar apa yang kamu mau. Perjelas pribadi seperti apa yang ingin kamu cari dan tunjukkan rasa suka pada orang yang menarik perhatianmu.” Logan juga menerangkan bahwa menunjukkan rasa suka dapat membuat seseorang merasa lebih terkendali dan mengurangi rasa jenuh terhadap hubungannya.


    Cara Kembali Berkencan Setelah Mengalami Dating Burnout

    Logan menjelaskan bagaimana caranya untuk menikmati hubungan setelah lama tidak berkencan. “Ketika kamu merasa siap untuk kembali berkencan, bersabar, dan tanamkan pada pikiranmu kalau terkadang hubungan terbaik datang ketika kamu tidak terburu-buru dalam membangun hubungan. Tidak ada jangka waktu yang pasti untuk menjamin dirimu menemukan koneksi dengan seseorang, jadi jangan bandingkan perjalananmu dengan yang lain. Hubungan yang baik akan datang di waktu yang tepat,” jelasnya.


    1. Ambil Kendali atas Kehidupan Percintaanmu

    “Semakin kamu merasa memiliki kendali atas hubunganmu, beban yang kamu rasakan akan semakin berkurang,” terang Logan. Cara untuk melakukan hal ini adalah dengan “Mengejar apa yang kamu mau dan tempatkan diri di ‘kursi pengemudi’ dalam hubunganmu.”

    Logan mengatakan kalau Hinge telah memerhatikan bagaimana cara pengguna mereka yang sukses beroperasi: Mereka tegas dan memberi usaha lebih dalam berkencan. “Artinya, kamu harus lebih bijaksana dalam menentukan apa yang kamu mau dan bagaimana kamu mempresentasikan diri dalam sebuah hubungan.”


    2. Jangan Hanya Duduk Terdiam dan Menunggu Cinta Sejatimu Datang

    “Jadilah lebih proaktif,” kata Logan. “Berkencanlah dengan orang yang kamu inginkan, bukan hanya dengan orang yang menginginkanmu. Cara terbaik untuk mengendalikan kehidupan percintaanmu dan menghindari dating burnout adalah dengan memperlihatkan perasaan dan tidak takut untuk memperjuangkan apa yang kamu mau.”

    “Pengguna Hinge yang merasa burn out mengirimkan pesan 45 persen lebih sedikit dari yang tidak merasakannya,” jelas Logan. “Dan orang yang lebih ekspresif terhadap perasaannya cenderung lebih puas dengan pasangan mereka daripada mereka yang pasif.”




    Bagaimana Caranya Menjadi Lebih Bijaksana dalam Berkencan

    1. Tanyakan pada diri sendiri bagaimana hubunganmu selama ini. Seberapa sering kamu mencari kabar tentangnya? Seberapa sering kamu menginisiasi percakapan? Coba kirimkan pesan berisi pujian pada orang yang menarik perhatianmu. Orang-orang biasanya akan merasa lebih dihargai apabila kamu menginvestasikan lebih banyak waktu untuk mengenal mereka. (Hindari pertanyaan cliche seperti “Bagaimana akhir pekanmu?” atau “Apa yang sedang kamu lakukan sekarang?”)

    2. Kurangi kebiasaan lama dalam membalas pesan! Membalas pesan sesegera mungkin dapat menghindarkan mu dari percakapan basa-basi. Ingat: Percakapan yang baik adalah fondasi dari koneksi yang kuat. Orang yang sukses dalam berkencan biasanya responsif dan tahu bagaimana caranya menjaga percakapan agar tidak mati. “Ketika kamu berkencan dengan seseorang, sebisa mungkin balas pesan mereka dengan cepat karena penting untuk membangun momentum di awal hubungan baru,” jelas Logan.

    3. Dari penelitian Hinge, mereka menemukan bahwa ekspresif dalam menunjukkan perasaanmu akan mendapat respon lebih baik. Sebanyak 71 persen dari pengguna Hinge mengatakan bahwa mereka lebih sukses dalam menjalin hubungan ketika mereka memberi pujian dan menunjukkan ketertarikan mereka.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan UK / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Nabila Nida Rafida / Image: Dok. René Ranisch on Unsplash)