Fashion

Ikuti Langkah-Langkah Ini untuk Menemukan Personal Style-mu!

  by: Redaksi       26/6/2021
  • Begitu keadaan mulai kembali normal, penampilanmu akan kembali bersinar. OOTD yang kamu pakai tidak lagi hanya didokumentasikan melalui post Instagram. Teman-temanmu dapat secara langsung melihat pakaian cantik yang sedang kamu pakai dan kamu dapat memamerkan hal ini di Instagram dengan latar belakang kafe atau tempat wisata lucu seperti sediakala.

    Dengan kesempatan ini, kamu dapat memanfaatkan waktu karantina dengan mengevaluasi isi lemari dan pilihan fesyen yang kamu ambil. Dalam kata lain: Ini waktu yang tepat untuk menemukan gaya khasmu. Ketika lockdown telah selesai, kamu bisa bepergian bersama teman dan pacar dan menunjukkan versi terbaik dari dirimu.




    Apa yang dimaksud dengan memiliki gaya khas?

    Gaya khas atau signature style bukan berarti kamu akan terlihat sama setiap harinya, ini bukan seragam. Hal ini lebih merujuk pada bagaimana cara kamu membangun penampilan, mengekspresikan diri, dan bagaimana suasana yang kamu pancarkan melalui pakaianmu secara konsisten.



    Lalu, bagaimana caranya menemukan gaya khas?

    Untuk membantumu dalam menemukan gaya khas, lakukan apa yang sering dilakukan oleh para editor fesyen ketika sedang mempersiapkan photoshoot: Kamu adalah bintangnya dan semua item dalam tubuh kamu harus menceritakan siapa dirimu. Seperti ini caranya untuk menerapkan apa yang mereka lakukan untuk menemukan gaya khas-mu.

    1. Buatlah sebuah mood board

    Editor, stylist, dan direktur kreatif selalu memulai proyek mereka dengan membuat sebuah mood board. Kamu bisa melakukan hal yang sama dengan menyatukan serangkaian foto yang dapat menginspirasi dirimu. Di bagian ini, kamu juga dapat menentukan palet warna apa yang ‘berbicara’ pada dirimu. Terkadang, membuat sebuah istilah untuk menggambarkan gaya berpakaianmu juga dapat dilakukan. Saya memiliki sebuah board rahasia di Pinterest yang berisi serangkaian outfit impian saya, foto-foto estetik, dan tangkapan layar dari film-film yang menginspirasi jiwa saya. (Oke, saya sedikit melebih-lebihkan tapi yang penting kamu mengerti, kan?)

    2. Perhatikan foto-foto lamamu

    Saya tahu hal ini akan susah untuk dilakukan, terutama jika kamu memiliki banyak penyesalan dalam keputusanmu dulu ketika berpakaian. Tetapi, percayalah, ini hal yang penting untuk dilakukan. Dengan mempelajari kembali foto-foto lamamu, kamu menjadi tahu apa yang cocok dengan badanmu. Coba ingat kembali bagaimana perasaanmu saat memakai pakaian itu. Sisi baik dari kegiatan ini adalah: Kamu dapat menentukan pakaian seperti apa yang sesuai dengan seleramu! Tentu saja ini akan membantumu mempersempit pilihan gaya khas dan fashion branding yang kamu incar.

    3. Bekerjalah dengan pakaian yang sudah kamu miliki

    Saat sedang pemotretan, stylist mempersiapkan baju-baju di sebuah rak yang dapat dipilih oleh seluruh tim yang ada lalu memadupadankan penampilan model dengan apa yang mereka punya. Dalam kasus ini, pilihlah pakaian dari lemarimu yang kamu pikir dapat merealisasikan penampilan impian dan mood board yang sudah kamu buat.

    4. Ambil foto diri sendiri

    Coba bangun sebuah penampilan, dari ujung kaki hingga ujung kepala. Setelah itu ambil foto dari penampilanmu dan lihat apakah kamu mendapat suasana yang kamu cari. Bersenang-senanglah di tahapan ini. Kamu juga bisa mengirimkan beberapa foto ke sahabatmu untuk mereka nilai.

    5. Evaluasi dan atur ulang isi lemarimu

    Sekarang, setelah kamu memiliki gambaran atas penampilan apa yang sesuai dengan dirimu, waktunya untuk melihat kembali isi lemari dan singkirkan item apapun yang tidak merefleksikan kepribadianmu. Merapikan dan mengatur ulang lemarimu mungkin bisa menjadi pekerjaan yang melelahkan, tapi sangat memuaskan! Kamu dapat memberi ruang untuk pakaian-pakaian yang menggambarkan diri dan gaya khasmu!




    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan PH / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Nabila Nida Rafida / Image: Dok. Amanda Vick on Unsplash)