Beauty

Tekstur Kulit Tidak Merata? Coba Cara Ini Untuk Menghaluskannya!

  by: Astriana Gemiati       24/6/2021
  • Kamu tahu ketika kamu mengoleskan beberapa concealer atau foundation, dan menangkap bayangan kamu dalam pencahayaan fluorescent yang sangat kasar, sehingga yang kamu lihat hanyalah benjolan, pori-pori dan bintik-bintik yang tidak rata? Ya, itulah yang disebut tekstur kulit—dan semua orang memilikinya. Serius. Bahkan para seleb yang wajahnya seperti tanpa cela. Tapi, itu tidak berarti bahwa kamu harus hidup dengan semua rintangan dan tanda jika mereka mengecewakan kamu.


    Meskipun kamu tidak akan pernah mendapatkan kulit mulus sempurna tanpa pori-pori (ini benar-benar tidak mungkin dan kita hanya manusia biasa), kamu dapat membantu menghaluskan tekstur kulit kamu dan memudarkan bintik hitam, serta melasma dengan rutinitas dan fakta yang tepat. Sebelumnya, dokter kulit bersertifikat yang berbasis di Miami, Loretta Ciraldo, MD, menjelaskan mengapa tekstur pada wajah kamu terlihat dan terasa seperti itu, serta membagikan perawatan tekstur kulit terbaik untuk membantu menghaluskan semuanya.




    Tekstur kulit dapat berupa benjolan, pori-pori membesar, bercak kasar—apa pun yang membuat kulit terlihat kurang halus dan bercahaya. Dan, jika kamu mengalami salah satu hal di atas, kamu mungkin juga melihat sedikit perubahan warna atau kemerahan juga, kata Dr. Ciraldo, karena tekstur kulit yang tidak rata biasanya berjalan seiring dengan warna kulit yang tidak merata atau hiperpigmentasi.



    Mengapa tekstur kulit saya sangat bergelombang?

    Berapa banyak waktu yang kamu punya? Serius! Benjolan pada kulit bisa menjadi banyak hal yang berbeda, tetapi biasanya, Dr. Ciraldo mengatakan tekstur kulit yang tidak merata adalah hasil dari pelepasan sel kulit mati yang melambat, biasanya karena penuaan alami. Tekstur kulit kamu juga bisa bergelombang akibat psoriasis, dermatitis kontak, keratosis pilaris, atau bahkan bekas jerawat dan bopeng. Dan, last but not least, sumber tekstur kamu bisa jadi adalah matahari—yaitu penyebab di balik sebagian besar masalah kulit, dan untuk alasan yang bagus.


    Kamu sudah mengetahui bagaimana paparan sinar matahari dapat mengacaukan warna kulit (seperti bintik-bintik, melasma, bintik hitam, dll.), tetapi hal yang sama juga dapat dikatakan tentang pengaruhnya pada tekstur kulit kamu. Seperti yang dijelaskan oleh Dr. Ciraldo, sinar UVB menyebabkan kematian dini sel-sel kulit hidup, yang dapat menyebabkan peningkatan kekasaran kulit, sementara sinar UVA meningkatkan produksi pigmen yang akan memberikan tekstur dan warna kulit keseluruhan pada kulit. Menyenangkan!


    Bagaimana cara menghilangkan tekstur pada wajah?

    Kamu bukannya tanpa pilihan, tetapi kamu harus memiliki produk dan bahan yang tepat terlebih dahulu. Di bawah ini, beberapa cara agar dapat mulai menangani tekstur kulit kamu di rumah.

    1. Eksfoliasi dengan glycolic acid

    Pengelupasan wajah kamu adalah langkah super penting untuk mencapai dan mempertahankan tekstur kulit yang optimal. Yang mengatakan, tapak sangat ringan — yaitu, hanya exfoliant kimia (seperti acid dan peels pada dosis rendah) alih-alih scrub yang keras. Dr. Ciraldo menekankan bahwa pengelupasan kulit yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi dan mengeringkan kulit kamu (yang berarti semakin kasar), jadi mulailah dengan satu eksfoliator di rumah (seperti 10 persen gylcolic acid) beberapa kali seminggu adalah yang terbaik.


    2. Gunakan salicylic acid jika kamu berjerawat

    Pengelupasan ringan, bahkan selama bulan-bulan musim panas, adalah kunci untuk tekstur kulit yang tidak merata. Dan, jika kamu rentan terhadap jerawat, Dr. Ciraldo merekomendasikan pengelupasan dengan salicylic acid untuk membantu membuka pori-pori tersumbat dan komedo yang dapat membuat pori-pori kamu terlihat lebih besar serta lebih banyak bertekstur.


    3. Melembutkan kulit dengan lactic acid

    Jika kulit kasar kamu juga kulit kering, bantu melembutkannya dengan sedikit lactic acid. Dr. Ciraldo mengatakan jika kamu secara alami sangat kering, exfoliating acid yang lembut ini adalah yang paling menghidrasi dari exfoliator kimia dalam keluarga alpha hydroxy acid (AHA), sehingga kamu dapat menghidrasi sambil mengelupas kulit mati.


    4. Tambahkan retinoid ke dalam rutinitas

    Retinoid tidak hanya dapat membantu mempercepat pergantian sel untuk kulit yang lebih halus dan cerah, tetapi juga dapat meningkatkan produksi kolagen dan memperkuat dinding pori-pori kamu. Jika kamu baru mengenal retinoid (selamat datang!), secara bertahap masukkan satu ke dalam rutinitas kamu dengan memijat seukuran kacang polong di atas kulit yang bersih dan lembap satu malam seminggu selama satu minggu, lalu dua malam selama dua minggu, dan kemudian tiga malam selama tiga, sampai kamu menerapkannya setiap malam tanpa kekeringan atau iritasi.


    Satu-satunya peringatan? Kamu harus memakai tabir surya setiap hari ketika kamu menggunakan retinol dalam rutinitas kamu, atau kulit kamu akan sangat sensitif terhadap matahari (dan bintik hitam dan jaringan parut). Yang membawa kita ke…


    5. Pakai tabir surya setiap hari

    Mengenakan SPF spektrum luas akan sangat membantu mencegah semua kerusakan yang disebabkan oleh radiasi UV yang berkontribusi pada tekstur kulit yang tidak merata yang telah kita bahas sebelumnya. Kenakan tabir surya kamu dan aplikasikan kembali sepanjang hari, janji?




    6. Dapatkan pengelupasan kulit yang lebih dalam dengan kulit di rumah

    Pilihan teratas lainnya dari Dr. Ciraldo: glycolic peel di rumah. Sebuah langkah dari serum glycolic acid kamu, versi kulit wajah di rumah menggunakan bahan yang sama pada konsentrasi yang lebih tinggi (tapi, kamu tahu, masih aman untuk digunakan sendiri) untuk hasil yang lebih baik.


    7. Hati-hati menggunakan perangkat dermarolling di rumah

    Dermarolling adalah perawatan di rumah atau di kantor yang melibatkan pembuatan tusukan kecil di kulit dengan roller tertutup jarum untuk membantu menghasilkan kulit yang lebih baru, lebih halus, dan lebih cerah. Sebaiknya diserahkan kepada para profesional, tetapi kamu dapat melakukannya di rumah dengan hati-hati untuk membantu memperbaiki tekstur kulit dan meningkatkan seberapa baik serum wajah kamu menyerap ke dalam kulit sesudahnya. Penyerapan yang lebih baik = hasil yang lebih baik.


    Apa perawatan terbaik untuk tekstur kulit?

    Nah, itu tergantung pada penyebab tekstur kulit kamu. Ketika masalah tekstur disebabkan oleh penumpukan sel-sel mati, Dr. Ciraldo merekomendasikan perawatan profesional di klinik kecantikan, seperti HydraFacial (facial lembut yang mengelupas, mengekstrak, dan menghidrasi), pengelupasan asam glikolat dengan kekuatan lebih tinggi (ya, bahkan lebih tinggi dan lebih banyak lagi). efektif daripada yang kamu lakukan di rumah), atau salicylic acid peel.


    Dan ketika masalah tekstur disebabkan oleh perubahan kolagen kulit, Dr. Ciraldo menyarankan microneedling (bentuk dermarolling yang lebih intens), filler injections, atau pengelupasan TCA (trichloroacetic acid). Tergantung pada jenis kulit kamu, dan bahkan dermatologi kamu menyarankan opsi perawatan laser untuk membantu menghilangkan perubahan warna dan menghaluskan tekstur yang tidak rata.



    Dengan begitu banyak faktor potensial yang berkontribusi pada kulit tidak merata, seperti jaringan acne scarring, kerusakan akibat sinar matahari, dan penuaan, sulit untuk mengatakan dengan tepat apa yang menyebabkan ketidakteraturan pada tekstur kulit spesifik kamu. Sementara pengelupasan kimia yang lembut dan perlindungan matahari yang tepat mungkin membantu, satu-satunya cara nyata untuk mengetahui apa yang kamu alami adalah dengan evaluasi dan diagnosis yang tepat, jadi temui dermatologi kamu untuk benar-benar menghaluskan semuanya.










    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: [email protected], GIPHY.com)