Beauty

Advanced Niacinamide: Zat Aktif yang Ampuh Melawan Blue Light

  by: Redaksi       27/6/2021
  • Hai, Cosmo Babes! Apakah kamu tahu kalau sebenarnya blue light tidak hanya dapat merusak mata, tetapi juga memiliki potensi untuk merusak permukaan kulitmu? Menurut para peneliti, untuk menjaga penuaan dini kini tidak lagi dapat dilakukan hanya dengan memberi proteksi dari sinar UVA dan UVB, lho. Menurut dermatolog dr. Stefanie Williams, data kini menunjukkan adanya potensi bahaya jangka panjang dari cahaya yang tampak, secara khususnya adalah blue light, pada kulit kita.




    Apa Itu Blue Light?

    Blue light atau sinar biru merujuk pada cahaya berenergi tinggi yang mampu menembus kulit lebih dalam dibanding sinar UV yang banyak dipancarkan melalui layar gadget kesayanganmu. Menurut dr. Sari Chairunnisa, Sp. KK, Vice President bagian Research and Development PT Paragon Technology & Innovation, ada banyak sekali dampak negatif yang akan dirasakan jika seseorang terlalu sering terpapar blue light. “Dampak negatifnya pun cukup banyak seperti kulit kusam, hiperpigmentasi, melemahkan epidermal barrier, dan penuaan dini,” jelasnya.



    Advanced Niacinamide dan Blue Light

    Ada banyak cara untuk melawan dampak buruk blue light, salah satu diantaranya adalah dengan menggunakan skin care yang memiliki kandungan zat khusus untuk melawan cahaya ini. Tetapi, ada satu zat yang dipercaya paling ampuh dalam memberi proteksi terhadap blue light. Zat itu adalah advanced niacinamide.

    Dalam setahun kebelakang, sudah banyak perusahaan kecantikan yang menggunakan niacinamide sebagai salah satu bahan utama dalam produk mereka. Pasalnya, niacinamide diketahui menyimpan segudang manfaat seperti mengecilkan pori-pori, menjaga kandungan minyak, meratakan skin tone, dan memperkuat permukaan kulit. Cara kerja niacinamide mungkin tidak sesederhana zat aktif lain seperti Retinol atau Vitamin C yang secara langsung dapat meningkatkan kolagen dan mencerahkan kulit. Saat diaplikasikan ke permukaan kulit, niacinamide akan bekerja sama dengan kandungan alami dalam kulit untuk membentuk keratin, sejenis protein yang menjaga kesehatan kulit.

    Mungkin sekarang kamu bertanya: “Lalu apa bedanya niacinamide dengan Advanced niacinamide?” Secara sederhana, advanced niacinamide adalah jenis lain dari niacinamide yang memiliki tingkat kemurnian lebih dari 99 persen. Karena tingginya kemurnian ini, maka advanced niacinamide memberi tambahan proteksi terhadap blue light sehingga lebih optimal dalam mencegah penggelapan kulit dengan menghambat pigmen gelap untuk mencapai permukaan kulit.


    Produk dengan Advanced Niacinamide

    Produk dengan kandungan niacinamide mungkin sudah mudah untuk dijumpai, tetapi tidak banyak yang memiliki kemurnian seperti advanced niacinamide. Salah satu merek produk kecantikan yang terkenal menggunakan kandungan ini adalah Wardah Skin Expert, brand kecantikan lokal di Indonesia.




    Pada tanggal 21 Juni 2021 lalu, Wardah merilis produk terbarunya berupa “Lightening Serum Ampoule.” Novia Sukmawaty, Group Head dari Wardah, menjelaskan bahwa “Pada umumnya, niacinamide mengandung pengotor atau nicotinic acid yang apabila jumlahnya dipakainya cukup banyak, dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan pada kulit. Tetapi high-grade niacinamide dalam serum ampoule ini memiliki kemurnian tinggi agar dapat memberikan hasil optimal pada kulit.”

    Produk serum ampoule dari Wardah ini telah diuji secara menyeluruh dan aman untuk digunakan di semua jenis wajah. Dengan kandungan 10x advanced niacinamide dan tanpa alkohol, pengujian produk ini menghasilkan predikat non-acnegenic dan non-comedogenic. Dalam webinar peluncuran Wardah Lightening Serum Ampoule, dr. Sari juga menerangkan bahwa produk ini dapat meningkatkan kelembaban kulit sebanyak 11,12 persen, mengencangkan kulit sebanyak 19,97 persen, mengecilkan pori-pori hingga 29,26 persen, dan mengurangi kandungan minyak dalam kulit sebanyak 22,11 persen.

    Kehadiran Wardah Lightening Serum Ampoule ini melengkapi seri produk unggulan keluaran Wardah, Wardah Lightening Series, yang diluncurkan sejak tahun 2020 lalu. Seri produk ini terdiri dari 12 varian berupa serum ampoule, facial foam, micellar wash (oil infused dan non-oil), exfoliator, toner, face mist, sheet mask, clay mask, day cream, day gel, dan night cream.




    (Nabila Nida Rafida / Image: Dok. Wardah, Mathilde Langevin on Unsplash)