Fashion

Tips Mengembalikan Warna Baju Hitam yang Sudah Pudar

  by: Redaksi       28/6/2021
  • Pakaian berwarna hitam adalah item fesyen klasik yang rasanya tidak akan berhenti digemari oleh orang-orang dari kelompok umur manapun. Selain mudah dipadukan dengan warna lain, warna hitam juga memiliki berbagai keunggulan seperti memberi ilusi tubuh yang lebih langsing serta memberi kesan chic pada penampilanmu. Bagaimanapun, ada alasannya mengapa ketika ragu, lebih baik pakai warna hitam. You can never go wrong!

    Sayangnya, untuk merawat pakaian hitam terkadang bisa menjadi pekerjaan yang susah-susah gampang. Terlepas dari upaya terbaikmu untuk menjaga kegelapan warnanya, pada akhirnya pakaian hitam hampir bisa dipastikan akan memudar setelah terus-menerus dicuci. Tidak ada yang lebih menyebalkan dari momen ketika kita sadar bahwa pakaian hitam legam yang terlihat edgy saat bercermin di kamar ternyata memiliki warna yang berbeda ketika terkena sinar matahari. Pasalnya, warna hitam yang sudah pudar dapat membuatmu terlihat kusam.

    Lunturnya warna pada pakaian bukanlah hal yang tidak biasa tetapi, entah karena alasan apa, pakaian berwarna hitam lebih rentan untuk luntur. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa memperlambat (bahkan mencegah) lunturnya warna hitam ini terjadi, lho! Untuk menjaga kepekatan warna hitam pada pakaian, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan ketika sedang mencuci pakaianmu.



    1. Tidak harus selalu dicuci

    Mencuci pakaian adalah alasan utama mengapa warna pakaianmu bisa luntur. Untuk mengurangi resiko ini terjadi, hal paling mudah yang dapat kamu lakukan adalah memikirkan ulang apakah pakaianmu benar-benar perlu dicuci atau tidak. Beberapa item mungkin memang harus dicuci setiap kali selesai dipakai, tapi untuk item lain seperti celana jeans atau jaket dapat kamu lipat dan simpan kembali ke dalam lemari.


    2. Berhati-hati dalam mencuci

    Ketika sedang mencuci, beberapa orang mungkin tidak begitu memikirkan apa yang mereka lakukan dan langsung memasukkan pakaian kotor mereka ke dalam mesin cuci. Padahal biasanya di label pakaian sudah ada ketentuan bagaimana caranya menjaga pakaian tersebut agar tidak luntur. Pakaian berwarna hitam biasanya membutuhkan waktu mencuci yang lebih pendek, air yang lebih dingin, dan detergen khusus.

    3. Cuci dalam keadaan terbalik

    Ketika kamu memasukkan pakaian dalam keadaan terbalik saat sedang dicuci, maka kamu dapat mengurangi potensi bagian depan pakaian tersebut untuk bergesekan dengan pakaian lain sehingga mengurangi resiko warna untuk luntur.


    Bagaimana kalau sudah terlanjur pudar? Apa bisa kembali seperti semula?

    Mungkin kamu baru mengetahui tips ini dan terlanjur membiarkan pakaian hitam mu memudar. Tapi, apakah itu akhir dari segalanya? Tentu tidak. Ternyata, pakaian hitam yang telah pudar dapat dikembalikan ke warna semula hanya dengan bahan-bahan sederhana seperti kopi, garam, dan cuka. Jadi, tenang saja, Cosmo Babes! Kini kamu tidak perlu lagi terus-menerus membeli pakaian hitam baru hanya karena warna pakaianmu yang sebelumnya sudah tidak enak untuk dipandang.


    Menggunakan Garam dan Cuka

    Terkadang, residu yang ditinggalkan oleh detergen pakaian akan membuat pakaian kalian terlihat pudar dan lusuh. Untuk membantu menghilangkan sisa detergen tersebut, kamu bisa mencampurkan cuka, garam, atau gabungan keduanya ke pakaian hitam yang baru saja selesai dicuci. Selain dapat mengembalikan warna pakaian yang pudar, menggunakan garam juga dapat membantu dalam menghilangkan jejak keringat dan jamur pada pakaian. Sayangnya, metode ini hanya dapat bekerja dengan optimal pada pakaian yang belum terlalu banyak dicuci. Jika kamu ingin mengembalikan warna pada pakaian lama, lebih baik menggunakan dua metode selanjutnya.


    Menggunakan Kopi

    Mengembalikan warna pakaian hitam yang pudar dapat dilakukan dengan kopi. Cara ini sangat disarankan karena kopi merupakan alternatif paling ramah lingkungan dan dapat menghasilkan warna hitam yang paling natural. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu memasukkan pakaian hitam ke dalam mesin cuci dan langsung pilih mode bilas (rinse), usahakan pakai air dingin dan tanpa detergen. Ketika air sudah mulai masuk ke dalam mesin cuci, masukkan dua-tiga cangkir kopi hitam dan biarkan tercuci bersama pakaianmu. Ingat: Semakin hitam kopi yang kamu masukkan, semakin gelap pula hasil yang akan kamu dapat!




    Menggunakan Pewarna Pakaian

    Kalau dua metode sebelumnya tidak dapat memberi warna hitam pekat yang kamu cari, maka tidak ada cara lain selain dengan menggunakan pewarna pakaian. Pewarna pakaian pada umumnya dapat diaplikasikan pada berbagai jenis material, baik natural maupun sintetis (selain spandex dan polyester). Tetapi, tidak semua pewarna dapat memberi hasil yang sama. Dibandingkan dengan menggunakan kopi, langkah-langkah melakukan metode ini sedikit lebih rumit.


    1. Tentukan dimana kamu akan mewarnai pakaianmu. Setelah menentukan, kamu harus menutupi area tersebut dengan kertas bekas atau plastik agar tidak kotor. Hindari tempat dengan permukaan fiberglass atau porcelain karena lebih susah untuk dibersihkan.

    2.Tentukan jenis pewarna yang ingin kamu pakai. Jika kamu memutuskan untuk memakai pewarna bubuk, larutkan terlebih dahulu di kontainer berbeda menggunakan air mendidih. Sedangkan, untuk pewarna cair, pastikan kamu mengocoknya agar warna lebih merata.

    3. Masukkan campuran pewarna ke dalam kontainer besar bersama dengan air. Pastikan air di dalam kontainer tersebut cukup untuk menutupi seluruh permukaan pakaianmu. Dalam campuran ini, kamu bisa memasukkan sedikit detergen untuk membantu proses penyerapan warna atau garam untuk memperkuat warna.

    4. Rendam pakaian ke dalam campuran pewarna. Rendam pakaianmu secara penuh dan tinggalkan selama kurang lebih satu jam, sesekali aduk agar warna merata. Selain itu, pastikan kamu menjaga temperatur air dengan menambah air panas atau menaruh kontainer di atas kompor yang menyala.

    5. Bilas dan cuci seperti biasa. Setelah direndam, angkat dan bilas pakaianmu dengan air dingin berulang kali hingga air yang tersisa bersih. Setelah itu, cuci pakaianmu dalam keadaan terbalik dan jemur hingga kering.


    (Nabila Nida Rafida / Image: Dok. Irma Sophia on Unsplash)