Fashion

Tanda Kalau Ukuran Bra Yang Kamu Pakai Tidak Sesuai

  by: Fariza Rahmadinna       29/6/2021
  • We know it.. Membeli dan memilih ukuran bra yang sesuai adalah salah satu proses yang rumit! Kamu mungkin menemukan bra dengan ukuran cup yang fit, tapi lingkar talinya terlalu ketat sehingga membuat dada sesak, begitu pula sebaliknya.


    Bila mengenakan bra yang longgar, bentuk tubuh menjadi tidak proposional, sedangkan bra yang terlalu ketat bisa membatasi gerakan bahkan menyebabkan rasa sakit—membuat bahu dan tubuh bagian atas terasa nyeri.




    Berikut ini beberapa tanda bra terlalu ketat. Scroll on for some tips, girls!



    First things first: Bagaimana mencari tahu jika bra yang digunakan tidak sesuai?


    Menurut Ra'el Cohen, kepala bagian kreatif sebuah merek pakaian dalam populer, buatlah catatan kecil mengenai pengalaman kamu saat mengenakan bra yang kamu miliki.


    Apakah kamu merasa gatal di sekitar area payudara? Apakah kait tali bra sering terlepas? Apakah kamu sering menyesuaikan strap atau pengaitnya karena bra bergeser saat kamu bergerak? Apakah terasa sakit dan sesak saat menggunakan bra? Atau apakah cup bra bisa menopang payudara dengan nyaman?


    Hal ini dilakukan untuk mencari tahu apakah bra tersebut sesuai denganmu atau tidak.


    1. Tubuh bagian atas terasa sakit


    The most common bra fit issue is… ukuran cup dan tali bra yang tidak sesuai. Hal ini menyebabkan fungsi bra yang tidak mendukung, tidak nyaman, dan menyebabkan masalah seperti nyeri bahu dan punggung.

    Kebanyakan perempuan sering kali mengatasi tali yang terlalu longgar dengan cara mengencangkannya sehingga membuat pundak menjadi tegang. Lama kelamaan hal ini tentu dapat membuat tubuh bagian atas terasa sakit.


    2. Mengalami iritasi dan lecet pada kulit


    Menurut Heather Downes, MD, seorang ahli kulit bersertifikat, menjelaskan bahwa saat mengenakan pakaian (bra) ketat, bahan material yang bergesekan dengan kulit dapat menyebabkan keringat berlebih dan memicu iritasi serta pembengkakan pada folikel rambut.


    Bakteri dan jamur yang berada di permukaan kulit menjadi lebih mudah menembus ke dalam folikel rambut, sehingga berisiko menyebabkan infeksi kulit. Adanya iritasi dan lecet pada kulit di area yang tertutup bra bisa menjadi salah satu tanda jika bra yang kamu gunakan tidak fit.


    3. Cup pada bra tidak menutup area payudara secara menyeluruh


    Tanda kamu tidak mengenakan bra yang sesuai yaitu ketika cup bra tidak menutup area payudara secara menyeluruh. Ukuran cup yang terlalu kecil bisa terasa menyakitkan dan menyesakkan saat dipakai, terlebih jika bra yang kamu gunakan dilengkapi kawat. Bagian kawat itu harus benar-benar dengan nyaman menopang payudara, dan harus rata di area tulang rusuk.




    4. You’re constantly adjusting it!


    Apabila kamu secara terus-menerus berusaha menyesuaikan strap atau cup karena merasa tidak nyaman atau terasa sesak, terlebih saat kamu bergerak. Ini bisa menjadi tanda lain jika bra yang kamu gunakan tidak sesuai.


    (Fariza Rahmadinna/ VA / Image: Doc. Freepik)