Celebrity

Interview: Hanggini, Sang Girl Crush Masa Kini yang Penuh Talenta

  by: Giovani Untari       25/6/2021
  • Dari mana awal kamu melihat Hanggini? Apakah kariernya sebagai presenter dan aktris cilik? Seorang content creator dengan subscriber loyal di Youtube?

    Atau lewat dua proyek aktingnya yang ramai diperbincangkan di media sosial: Geez & Ann serta Ustad Milenial? Apapun jawabanmu, mari mengenal sosok sang girl crush yang akrab disapa JeHa ini lebih dekat!




    Hai Hanggini, welcome! Tahun 2021 ini nama kamu semakin bersinar lewat dua proyek akting yaitu Geez & Ann dan Ustad Milenial. Seperti apa rasanya bisa merilis dua karya yang mendapat sambutan baik dari masyarakat?

    Hai Cosmo! Saya merasa senang dan bersyukur sekali pastinya. Apalagi bisa dibilang Geez & Ann adalah proyek film pertama saya yang tayang ke publik. Sang penulis novel Geez & Ann yaitu Nadhifa Allya Tsana juga memercayakan karakter Ann ke saya dan ternyata film ini mendapat sambutan yang positif dari masyarakat. Jadi ini jelas menjadi sebuah hal yang menyenangkan bagi saya.



    Karakter Ann begitu melekat dalam diri kamu. Apakah sempat kesulitan melepas image tersebut ketika berakting di proyek lainnya?

    Untungnya dari proyek Geez & Ann menuju ke Ustad Milenial, saya mendapat karakter yang sungguh berbeda dari sosok Ann. Awalnya banyak yang sempat khawatir apakah karakter Ann akan terus melekat pada diri saya. Tapi berkat bantuan para sutradara dan akting coach, saya akhirnya bisa keluar dari karakter Ann dan bermain sebagai Aisyah di Ustad Millenial. Tetapi lucunya, sesekali masih ada orang yang ketika melihat saya memanggil saya Ann.


    Pasti banyak yang penasaran, di antara karakter Ann dan Aisyah mana yang lebih mirip sifat asli kamu?

    Jika dilihat-lihat sepertinya saya lebih mirip dengan karakter Ann. Karena kalau Aisyah kan perannya adalah perempuan yang petakilan dan tidak bisa diam. Ia juga jauh lebih manja. Saya merasa lebih mirip ke sosok Ann yang khas anak SMA pada umumnya.


    Keseluruhan busana: UNIQLO, Topi & aksesoris: milik stylist.


    Jadi apa yang membuat kamu awalnya tertarik pada dunia akting?

    Karena saya nge-fans banget sama Hannah Montana dan Miley Cyrus! Saat menonton series tersebut saya berpikir bahwa sepertinya sangat seru bisa hidup seperti Hannah. Saya lalu bilang ke ibu, saya ingin menjadi seperti Hannah Montana, haha... Akhirnya dari kecil saya mulai ikut berbagai casting dan dapat proyek Koki Cilik, lalu berlanjut ke sinetron. Saya ingat betul pas pertama kali ada yang minta foto bareng, saya merasa senang luar biasa dan merasa seperti Hannah Montana!


    Memulai akting sejak belia, apa saja yang industri hiburan ini ajarkan pada kamu?

    Saya belajar banyak hal tentang bagaimana cara untuk stay humble, lalu juga cara menghargai waktu dan orang. Saya pun jadi belajar mengenal banyak karakter orang di dunia ini. Karena sejak kecil saya bertemu dengan banyak orang mulai dari kru sampai pemain, saya jadi belajar cara membangun chemistry dengan mereka. Akhirnya saya ikut mempelajari banyak karakter orang dari sana.


    Punya genre film yang sangat ingin kamu coba ke depannya?

    Saya ingin sekali mencoba genre action! Sepertinya akan seru dan penuh tantangan ya. Semoga ke depannya saya bisa mendapat proyek film yang karakternya rumit dan berbeda dengan karakter saya sebelumnya. Sebuah karakter yang membuat saya terus menerus belajar lagi soal akting.


    Ceritakan soal goals terbesar kamu di dunia akting?

    Goals saya adalah ingin bisa terus berkarya dan mendapat banyak proyek yang bisa menambah pelajaran baru di karier akting dan hidup saya. Saya tidak menargetkan hal-hal seperti "Oh saya harus dapat award!" karena itu hanya akan membuat saya terpatok pada satu hal saja. Akhirnya saya malah tidak enjoy saat menjalaninya.


    Atasan & bawahan: seluruhnya koleksi dari TANGAN, Sepatu: milik stylist.


    "Goals saya adalah ingin bisa terus berkarya dan mendapat banyak proyek yang bisa menambah pelajaran baru di karier akting dan hidup saya."

    -Hanggini-

    Apa film atau series yang kamu rekomendasikan kepada pembaca Cosmo?

    Sekarang ini saya suka sekali dengan The Crown. Saya sudah mulai masuk menonton Season 3-nya lho! Saya juga suka Stranger Things, dua series itu membuat saya benar-benar teradiksi daripada ketika menonton drama Korea.


    JeHa juga menonton drama Korea? Apa drama Korea yang terakhir kamu tonton?

    Start-Up! Saya tim Han Ji Pyeong, by the way! Saat ending Start-Up rasanya saya benar-benar sampai ingin menangis. Start-Up adalah salah satu drama Korea yang membuat saya sedih setelah ceritanya tamat.


    Kamu juga seorang content creator dengan jumlah subscriber yang membanggakan! Seperti apa JeHa menggambarkan isi dan konten Youtube-nya? 

    Sebenarnya dari awal saya membuat akun Youtube, saya hanya mengunggah sesuatu yang memang saya suka. Tidak pernah yang terlalu ter-planning harus membuat konten ini atau itu. Misalnya kalau saya memang suka dengan sebuah lagu, maka saya akan membuat cover song-nya di Youtube. Tapi secara garis besar konten saya lebih mengarah pada lifestyle. Saya termasuk tipe yang go with the flow terhadap konten saya. 


    Pasti sulit membagi waktu antara membuat vlog, mengerjakan proyek lagu, dan juga berakting? Bagaimana kamu menjalaninya?

    Nah itu dia, saya sebenarnya bukan tipe yang terlalu pandai dalam hal mengatur waktu untuk mengerjakan semuanya. Dulu saya sempat punya tim yang bekerja untuk mengatur jadwal konten saya. Tapi dari dulu saya biasanya memilih satu proyek yang memang ingin saya fokuskan. Ketika ingin fokus ke akting, maka konten video dan musiknya harus saya stop dahulu begitu juga sebaliknya. Kalau semua digabung jadi satu waktu rasanya agak sulit ya.


    Di lima tahun perjalanan JeHa sebagai content creator, bagaimana cara kamu menjaga agar para subscriber-nya tetap setia?

    Jujur saya tidak tahu harus menjawab apa, haha.. Saya pun penasaran bagaimana mereka bisa tetap setia pada saya? Terima kasih guys! Tapi menurut saya yang terpenting adalah konsisten! Kalau dulu saya bisa upload video seminggu sekali. Konsisten adalah kunci untuk tetap terkoneksi dengan para subscriber. Mungkin ke depannya saya berencana untuk membuat video yang lebih bersifat daily life untuk para subscriber saya. Nantikan ya!


    Dress: MORAL


    Apa pelajaran yang kamu dapatkan selama menjadi seorang content creator di lima tahun terakhir ini?

    Saya belajar lebih sabar saat menghadapi komentar buruk. Saya juga belajar bersikap bodo amat, lalu lebih memfilter konten apa yang ingin saya posting. Saya dulu tidak memikirkan komentar orang atas konten saya. Kalau sekarang saya jauh lebih memikirkan efek dari konten yang akan saya unggah. Makanya, sekarang saya lebih berpikir keras ketika membuat sebuah video. 


    Lalu bagaimana cara JeHa menyikapi hate comment?

    Kalau sekarang ketika melihat komentar yang terlalu menyakitkan hati, saya memilih untuk block komentar tersebut. Lebih baik saya tidak melihatnya, bukan? Sekarang saya juga lebih jarang membuka direct message (DM) dan kolom komentar. Itu semua saya lakukan demi kebaikan saya juga.


    Sebagai Gen Z, apakah jumlah subscriber dan followers sangat berpengaruh untuk kamu?

    Saya termasuk tipe yang tidak terlalu memikirkan hal ini dan membawanya santai saja. Kalau misalnya ada yang unfollow atau unsubscribe, ya sudahlah. Karena rasanya kalau kita hidup terlalu berpatok pada angka yang ada di media sosial, pasti jadinya tidak sehat dan malah bikin stres. Itu juga bisa menjadi toxic ke diri kita.




    "Karena rasanya kalau kita hidup terlalu berpatok pada angka yang ada di media sosial, pasti jadinya tidak sehat dan malah bikin stres. Itu juga bisa menjadi toxic ke diri kita."
    -Hanggini-


    Di tahun 2020 lalu kamu merilis single Ruang Bahagia, apakah ada kemungkinan JeHa merilis single baru lagi?

    Sebenarnya saya sudah punya satu lagu yang ingin saya rilis, tapi belum bisa saya rilis sekarang. Masih saya simpan, karena saat ini fokus saya memang sedang beralih ke akting. Saya lagi kangen-kangennya terhadap akting.


    Keseluruhan busana: UNIQLO, Topi & aksesoris: milik sylist.


    Siapa musisi / penyanyi yang ingin kamu ajak duet atau bekerja sama?

    Saya ingin sekali bisa berduet dengan Mikha Angelo. Waktu saya di-follow Mikha rasanya benar-benar senang luar biasa! Saya suka sekali dengan karya The Overtunes dan Mikha. Jadi semoga ke depannya bisa bekerja sama dengannya.


    Kalau sedang tidak bekerja, apa yang biasanya JeHa lakukan di waktu luang?

    Biasanya nonton, lalu sama seperti orang lain saya suka sekali stay in bed! Kalau tidak ada proyek apapun saya memang lebih senang ada di rumah, bermain bersama sembilan kucing saya yang punya nama belakang "ng", haha..


    Sebagai Virgo, apakah kamu termasuk tipe yang perfeksionis dan selalu overthinking?

    Tentu! Saya termasuk yang perfectionist banget! Misalnya nih kalau ada planning yang tidak sesuai dengan rencana atau tiba-tiba berubah, saya bisa kesal, haha... Atau kalau misalnya ada barang yang miring sedikit, bisa langsung saya rapikan. Overthinking mungkin tidak setiap saat, tapi kalau pas ada momennya sih ya wow rasanya langsung boom!


    Lantas bagaimana cara JeHa mengatasi overthinking tersebut?

    Percaya atau tidak, tapi saya memilih menonton BLACKPINK HOUSE di Youtube. Acara tersebut sangat menghibur dan membuat pikiran saya sedikit terdistraksi. Saya suka BLACKPINK dan tidak bisa memilih siapa bias saya. 

    Atasan & bawahan: seluruhnya koleksi dari TANGAN.


    Apa satu fakta unik yang belum orang lain ketahui tentang kamu?

    Hanggini sebenarnya orang yang pendiam dan pemalu. Orang mungkin sering melihat sisi saya yang pecicilan dan cheerful. Tapi aslinya saya itu pemalu sekali! Pernah saat reading Geez & Ann saya datang ke ruangan sendirian, terus waktu itu ada pemain lainnya yang juga datang tapi terpaksa tidak saya ajak ngobrol karena saya sudah gemetaran. Saya benar-benar separah itu berpikir "Duh saya harus ngomong apa ya?". Banyak orang yang tidak tahu hal ini. Bahkan kalau di lokasi syuting saya termasuk tipe yang penyendiri. Kalau waktunya ngobrol saya akan ngobrol, tapi setelahnya saya akan menyendiri di kursi saya. 


    Apa aksi self love yang JeHa lakukan untuk diri sendiri?

    Saya suka log out dari Instagram dan media sosial. Mungkin kalau ada orang yang suka memerhatikan media sosial saya, saya bisa tidak update atau upload apapun selama beberapa hari. Itu artinya saya sedang log out. Kenapa saya melakukan ini? Karena terkadang kalau melihat foto atau Instagram stories orang, saya sering merasa kurang terus. Itu akhirnya malah bikin diri sendiri down. Jadi aksi self love saya ya itu dengan cara log out dari media sosial kecuali Youtube.


    Tiga tipe pria ideal JeHa?

    Saya suka orang yang baik, penyabar, dan murah senyum. Pendiam tidak apa-apa yang penting ia ramah dan senyum terus, haha... Saya pribadi mau secapek apapun, saya mencoba untuk selalu tersenyum. Senyum itu selain ibadah juga bisa membuat hari orang lain lebih baik. 



    Dress: MORAL.


    Film Geez & Ann bercerita tentang hubungan long distance relationship (LDR). Ada tips untuk para Cosmo babes yang saat ini sedang menjalani LDR?

    Untuk orang-orang yang sedang LDR, bersabarlah dan tetap kuat! Ingat juga untuk selalu positif thinking! Karena kalau LDR kan yang berat adalah negatif thinking-nya kita kan? Kalau berpikir negatif terus pasti hubungannya tidak akan survive. Dan kalau memang pasangan kalian aneh-aneh di luar sana, percayalah pasti akan dikasih tanda sama Tuhan. Jadi keep it positive!


    Pesan untuk diri kamu sendiri di tahun 2021 ini?

    Semoga saya bisa selalu punya ruang kebahagiaan seperti sekarang ini. Semoga saya juga bisa selalu mensyukuri apa yang saya punya. Yang penting selalu bahagia! Buat saya sendiri butuh waktu lama untuk bisa merasakan kebahagiaan yang penuh seperti sekarang ini. Saya dulu sempat struggle mencari kebahagiaan tersebut. Orang mungkin melihat saya happy terus tapi mereka tidak tahu apa yang terjadi. So yeah... be happy!



    Photographer: Insan Obi

    Fashion Stylist: Astriana Gemiati

    Teks: Giovani Untari / FT

    Digital Imaging: Raghamanyu Herlambang

    Ilustrasi Opening: S. Dewantara

    Makeup Artist: Claudya Christiani @claudyaachrp

    Hairdo: Rury Padwa @RuryPadwa