Fashion

Ingin DIY Jeans Kamu? Coba Teknik Acid Wash Ini!

  by: Astriana Gemiati       28/6/2021
  • Bosan dengan denim lama kamu dan membutuhkan proyek DIY untuk mencegah perasaan cemas dan stres yang umum terjadi di sekitar hidup kamu akhir-akhir ini? Yup, kamu telah datang ke tempat yang tepat! Mencuci jeans kamu dengan acid sepertinya adalah ide bagus untuk mengubah pakaian denim apa pun, dan itu sebenarnya jauh lebih mudah daripada yang kamu kira.

    Perawatan ini mencapai puncaknya di tahun 80an, tetapi, seperti kebanyakan tren nostalgia, masih ada sampai sekarang. Ya, sebenarnya kamu dapat memilih untuk membeli denim dengan desain acid wash, tetapi di mana kesenangannya? Plus, prosesnya membutuhkan barang-barang yang biasanya dapat ditemukan di rumah kamu seperti pemutih dan karet gelang. Di sini, Cosmo akan menjelaskan proses bagaimana cara mencuci jeans dengan acid, dan jika kamu menginginkan "cara" serupa, pertimbangkan 20 ide makeover untuk jeans kamu, dan mengubah jeans menjadi celana pendek cutoff, dan lima trik ini untuk distress denim.




    Yang kamu perlukan:

        • Pemutih

        • Karet gelang


        • Botol semprot kosong

        • Air

        • Bak mandi atau mangkuk besar

        • Sarung tangan


    First things first

    Kumpulkan potongan yang ingin kamu cuci dengan acid. Meskipun jeans adalah yang paling umum, kamu dapat melakukan perawatan ini dengan pakaian denim apa pun seperti jaket, rompi, jumpsuit, dan banyak lagi.


    Mulai meremas kainnya

    Dengan menggunakan karet gelang, kumpulkan kain secara acak dan bungkus pita di sekitar berbagai area barang, mulai dari bawah hingga atas. Jangan lupa untuk mengulangi proses ini di belakang juga! Pada dasarnya, itu akan terlihat seperti satu bundel besar yang benar-benar disatukan saat kamu selesai.



    Gunakan pemutih

    Kekuatan pemutih akan memengaruhi seberapa drastis kontrasnya, FYI. Ini bisa berubah menjadi hampir putih dengan area biru tua, atau bisa lebih seperti pencucian acid yang halus jika kamu mengencerkan pemutih dengan lebih banyak air. Jika kamu memilih cara terakhir dan memutuskan bahwa itu tidak cukup muncul, kamu selalu dapat kembali menggunakan lebih banyak pemutih untuk mendapatkan tampilan yang diinginkan.

    Umumnya kamu akan mencampur tiga bagian air dengan satu bagian pemutih (misalnya, tiga liter air menjadi satu liter pemutih), tetapi kamu juga dapat membuat larutan lebih kuat atau lebih lemah tergantung pada estetika yang kamu tuju seperti yang disebutkan di atas.

    Campurkan air dan pemutih di bak mandi atau wastafel bersih dengan saluran pembuangan terpasang atau mangkuk atau ember besar. Gunakan sarung tangan untuk perlindungan dan rendam barang berpita karet ke dalam larutan sampai kamu melihat gelembung menghilang.

    Untuk efek splattered, kamu bisa mengisi botol semprot kosong dengan larutan ini dan menyemprotkannya ke bak mandi atau tempat yang aman di luar. Kamu dapat menyimpan karet gelang di atasnya saat melakukannya, atau lewati langkah itu bersama-sama dan semprotkan langsung pada potongan saat diletakkan rata. Biarkan selama beberapa jam agar pemutih bekerja.



    Diamkan lalu bilas dengan air dingin

    Berikan waktu untuk menyerap campuran pemutih dan aturan praktisnya adalah semakin lama kamu membiarkannya meresap, semakin berubah warnanya. Jadi jika ingin lebih kontras, kamu dapat merendamnya selama lebih dari dua jam atau kamu dapat memilih untuk melepasnya lebih awal. Setelah menghapusnya, bilas larutan dengan menjalankan item di bawah air dingin.




    Lepaskan karet gelang dan cuci

    Lepaskan semua karet gelang dan kemudian buang bagian itu ke dalam cucian pada siklus normal dengan air dingin. Kemudian, masukkan ke dalam pengering dan, voila! Impian kamu di tahun 80an menjadi kenyataan dengan denim acid-washed baru kamu. Gulir melalui foto-foto di bawah ini untuk inspirasi mode, tetapi jika kamu menyadari setelah membaca semua ini, kamu terlalu malas untuk melakukan usaha DIY ini (been there), Cosmo juga berbelanja beberapa desain pre-bleached khusus untuk kamu.

















    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: Dok. Instagram, YouTube)