Beauty

Ini Cara Mudah Mencukur Bulu Halus Di Wajah!

  by: Astriana Gemiati       29/6/2021
  • Cosmo babes, sama sekali tidak ada aturan yang mengatakan kamu harus mencukur wajah kamu (atau mencukur apa pun, sungguh), tetapi akhir-akhir ini, saya telah mencari cara untuk membuat foundation yang terlihat lebih halus atau untuk memperbaiki tekstur kulit, dan topik ini akhirnya muncul dibahas. Seolah-olah TikTok telah mendengarkan pikiran saya (bagaimana melakukannya?!), feed saya tiba-tiba dibanjiri dengan video tentang bagaimana cara mencukur wajah sebagai solusi untuk semua masalah saya. Tetapi apakah mencukur bulu halus saya sendiri benar-benar solusi terbaik, atau haruskah saya mendapatkan perawatan dermaplaning profesional?


    Jadi, untuk mendapatkan jawaban atas semua pertanyaan saya (dan mungkin juga pertanyaan kamu), Cosmo telah mengobrol dengan para ahli tentang semua hal tentang mencukur wajah, bulu halus, dan banyak lagi. Teruslah membaca untuk mengetahui semua yang ingin kamu ketahui tentang kulit super mulus tanpa rambut, di bawah ini.




    Apa perbedaan antara dermaplaning dan mencukur?

    Menurut dokter kulit Estee Williams, MD, mencukur wajah adalah teknik dasar yang dapat dilakukan di rumah dengan pisau cukur untuk menghilangkan bulu halus lapisan permukaan, sedangkan dermaplaning melibatkan dokter kulit atau ahli kecantikan medis dengan hati-hati menggores wajah kamu dengan pisau bedah untuk menghilangkan rambut, bulu-bulu halus, dan bahkan bagian dari stratum korneum (lapisan atas kulit). Pikirkan mencukur sebagai pilihan DIY hair removal yang lebih murah dan lebih mudah, sedangkan dermaplaning sebagai versi profesional yang lebih efektif.



    Apakah boleh mencukur bulu-bulu halus di wajah?

    Apakah kamu perlu mencukur wajah? Absolutely not. Bisakah kamu? Tentu saja. Tapi ketahuilah bahwa bercukur bukanlah segalanya dan akhir dari segalanya di sini. Untuk pengelupasan kulit yang dalam dan kulit yang jauh lebih halus, kamu sebaiknya mengunjungi dokter kulit untuk perawatan dermaplaning di klinik kecantikan alih-alih daripada mencukur wajah kamu sendiri. Dan, jika kamu ingin menghilangkan rambut kasar yang tumbuh penuh dari wajah daripada hanya bulu halus, Dr. Williams sebenarnya tidak merekomendasikan mencukur, karena itu akan membuat kamu memiliki janggut, dan malah menyarankan untuk mencoba opsi penghilangan rambut wajah lainnya (seperti waxing atau laser hair removal).


    Jadi, kapan kamu harus mencukur? Yup, mencukur wajah adalah pilihan yang baik jika kamu hanya ingin menghilangkan bulu halus (alias bulu halus lembut di seluruh wajah) yang dapat menghalangi pengaplikasian foundation atau membuat kulit kamu terlihat sedikit kusam dan tidak bercahaya. Namun jika kamu menginginkan beberapa manfaat ekstra untuk menghaluskan kulit, ada baiknya kamu harus mencari perawatan dermaplaning profesional sebagai gantinya.


    Apa cara terbaik untuk mencukur wajah?

    Letakkan pisau cukur tubuh atau bikini trimmer kamu yang biasa dan ambil pencukur wajah baru yang bersih—khususnya, pisau cukur yang sebenarnya dirancang untuk bulu-bulu halus —karena cara terbaik untuk mencukur wajah adalah dengan pisau cukur wajah. Sebenarnya, saat kamu melakukannya, lanjutkan dan ambil satu bungkus, karena kamu ingin membuang bilahnya setelah setiap kali digunakan agar aman. Kunci untuk mencegah rambut tumbuh ke dalam dan luka bakar akibat pisau cukur adalah dengan menggunakan pisau cukur yang tajam dan steril, jadi mencoba untuk mendapatkan hasil maksimal dari pisau kamu adalah hal yang tidak boleh dilakukan saat mencukur wajah.


    Apakah mencukur wajah aman?

    Yes and kinda yes. Dr. Williams menjelaskan bahwa mencukur wajah kamu dapat menyebabkan iritasi dan harus dihindari jika kamu memiliki kulit sensitif atau berjerawat aktif—keduanya dapat diperburuk oleh pisau yang tajam. Jika tidak, dokter kulit terkenal TikTok Muneeb Shah, DO, mengatakan mencukur wajah kamu aman untuk dicoba di rumah, selama kamu mempraktikkan langkah-langkah keamanan.


    Pertama, berlatihlah memegang pisau cukur dan uji pada bagian lain dari tubuh kamu sebelum mencobanya di wajah untuk memastikan kamu memahami cara memiringkan pencukur dengan benar. Ini juga sangat penting untuk menggunakan pisau cukur yang bersih setiap saat, karena kamu bisa menggores kulit dan berisiko terkena infeksi jika bilahnya kotor. No good!


    Cara mencukur wajah:

    Mencukur wajah terdengar cukup mudah... sampai kamu berdiri di cermin memegang pisau cukur dan dipenuhi dengan saraf (hi, me). Jadi, inilah rincian cara mencukur wajah kamu dalam empat langkah mudah. Kumpulkan semua persediaan kamu (belanja rekomendasi Cosmo di bawah), lalu ikuti.


    Semua perlengkapan yang kamu butuhkan untuk mencukur wajah di rumah:

    1. Cleanse. Cuci wajah kamu dengan gentle cleanser atau pembersih wajah sederhana untuk kulit sensitif untuk melembutkan rambut dan membersihkan kotoran.




    2. Oleskan gel cukur. Meskipun beberapa orang bersumpah dengan mencukur kulit yang bersih dan kering untuk mengelupas wajah kamu, dokter kulit  Neal Schultz, MD, merekomendasikan penggunaan krim cukur pada kulit lembap untuk menangkis gesekan dan mencegah iritasi. Jadi pertama-tama, basahi seluruh wajah kamu untuk melembutkan folikel rambut, lalu oleskan lapisan tipis krim atau gel ke seluruh area yang kamu cukur.


    3. Mencukur dengan singkat, sapuan ringan. Miringkan pisau cukur dan letakkan dengan lembut di kulit kamu (Dr. Shah merekomendasikan untuk memegangnya pada sudut 45 atau 30 derajat). Setelah kamu memahami cara memegangnya, gunakan sapuan pendek dan ringan untuk mencukur rambut ke arah tumbuhnya untuk menghindari tumbuh ke dalam. Jika perlu, kamu dapat menggunakan tangan yang lain untuk mengencangkan kulit dan mencegah pisau cukur melompat atau menarik kulit.


    4. Rinse and moisturize. Percikkan sedikit air ke wajah kamu untuk membersihkan sisa bulu halus, lalu Dr. Shah mengatakan untuk menindaklanjuti dengan pelembab berbahan dasar air yang lembut dan menghindari produk yang mengandung bahan aktif keras, seperti retinol atau asam glikolat, segera setelahnya.


    Apakah bulu-bulu halus akan tumbuh kembali lebih tebal jika saya mencukurnya?

    Pada dasarnya semua daftar mitos ( baca, di sini!) adalah gagasan bahwa mencukur rambut kamu akan membuatnya tumbuh kembali lebih tebal atau lebih gelap. Tapi jangan khawatir—para ahli mengatakan itu tidak akan terjadi. “Mitos itu ada karena orang salah mengira, perasaan tipis dari rambut wajah mereka yang tidak dicukur dengan perasaan sedikit tumpul dari rambut wajah mereka yang dicukur bersih saat mulai tumbuh kembali,” kata Dr. Schultz. "Jadi ini lebih tentang apa yang kamu rasakan dan lihat versus apa yang sebenarnya terjadi."


    Akhir kata...

    Seperti halnya kebanyakan perawatan kecantikan yang memiliki banyak ruang untuk kesalahan, serahkan pencukuran pada ahlinya untuk mendapatkan hasil terbaik, teraman, dan paling nyata. Tetapi jika kamu tidak dapat membenarkan pengeluaran yang mahal untuk perawatan dermaplaning serta ingin mencobanya sendiri untuk menghilangkan rambut yang mengganggu dan membantu produk kamu menembus lebih baik, janji saja kamu akan *setidaknya* menggunakan pisau cukur yang bersih dan ikuti langkah-langkah di atas. Ok? Cool.





    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: [email protected], YouTube)