Better You

Spotting atau Menstruasi? Ini Cara Membedakannya!

  by: Giovani Untari       30/6/2021
  • Pernahkah kamu mendadak mendapat bercak darah di luar periode menstruasi?

    Lalu kamu pun lantas berpikir bahwa “Ohh... mungkin siklus menstruasi saya bulan ini lebih cepat dari biasanya.” Kamu sudah menyiapkan pembalut atau menstrual cup kesayangan, tapi ternyata spot darah tersebut hanya sedikit dan terjadi secara singkat. Jadi apakah sebenarnya ini?




    APA PERBEDAAN ANTARA SPOTTING DAN MENSTRUASI?

    Jika kamu pernah mengalami hal di atas, maka itulah yang disebut spotting.

    Dalam istilah medis, spotting mengacu pada keluarnya darah berwarna merah atau kecoklatan dari area vagina dengan intensitas ringan. Terkadang ia hanya membentuk bercak di underwear atau terlihat di tisu saat kamu tengah mengeringkan Miss Cheerful. Spotting biasanya muncul sebelum atau sesudah siklus menstruasi dan berlangsung hanya sekitar satu sampai dua hari. 



    Sedangkan menstruasi seperti yang kita kenal, pendarahan terjadi dengan durasi yang lebih panjang yaitu sekitar tiga sampai tujuh hari. Intensitas darahnya juga jauh lebih banyak dibandingkan spotting. Menstruasi juga ditandai dengan beberapa gejala seperti perut bloating, nyeri otot, kram perut, payudara yang terasa nyeri, serta adanya perubahan mood. Hal ini berbeda dengan spotting biasanya tidak disertai dengan gejala tertentu. Fiuuuh!


    MENGAPA SAYA MENGALAMI SPOTTING?

    Spotting bisa disebabkan oleh berbagai hal di antaranya: masalah hormonal dan proses pembuahan, kehamilan, pengaruh alat kontrasepsi, Polycystic ovary syndrome (PCOS), penyakit radang panggul (PID), stres, dan pengaruh kondisi fisik seseorang (usia serta berat badan). Spotting bahkan bisa muncul setelah aktivitas seks karena adanya infeksi atau luka di area vagina.





    JADI, APAKAH SPOTTING BERBAHAYA?

    Spotting sebenarnya adalah hal yang wajar terjadi. Hal ini juga kerap dialami oleh perempuan hamil saat memasuki trisemester pertama kehamilan mereka.

    Tetapi jika kamu mengalami spotting dengan disertai beberapa gejala seperti: nyeri di area perut bawah, spotting yang muncul secara terus menerus hingga berubah menjadi pendarahan hebat, rasa gatal yang mengganggu, keputihan, timbul demam, rasa pusing, atau sedang dalam kondisi hamil, maka sebaiknya kamu memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan serius.




    (Giovani Untari / Images: Dok. Freepik.com / Artikel pernah dimuat di halaman COSMO GYNO E-Magazine edisi Juni 2021 dengan judul "Is It Spotting Or My Period?")