Better You

12 Makanan Sehat yang Ternyata Bikin Berat Badan Naik!

  by: Giovani Untari       1/6/2022
  • Sebagai konsumen kita harus cermat dalam memilih makanan yang akan kita konsumsi. Sebab ternyata ada begitu banyak makanan sehat yang jika dikonsumsi terlalu berlebihan dapat membuat berat badan badan naik. 

    Alih-alih ingin mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal karena merasa makanan tersebut sehat, ternyata itu justru menjadi bumerang yang buruk bagi kesehatan. 




    Berikut 12 makanan sehat yang ternyata bisa bikin berat badanmu meningkat, babes:


    1. Sushi Rolls

    Sayuran dan rumput laut sebagai pembungkusnya memang rendah kalori, tetapi umumnya menu sushi rolls populer menggunakan bahan cream cheese atau mayones serta tempura di dalamnya juga merupakan gorengan. Semua bahan tersebut lantas membuat sushi rolls standar bisa punya 500- 600 kalori!


    Belum lagi kecap asin pendampingnya juga mengandung sodium. Mungkin sodium tidak langsung membuat berat badanmu naik, tetapi karena zat tersebut bersifat menahan air jangan heran apabila celana jeans kamu akan merasa (dan terlihat) lebih kencang.



    2. Buah Kering

    Untuk ukuran satu cup-nya, buah kering dapat memiliki kalori 5-8 kali lebih banyak daripada buah segar karena kandungan airnya yang lebih sedikit dan lebih padat.

    Sebagai contoh buah anggur memiliki 60 kalori satu cup-nya, sementara kismis bisa mengandung hingga 460 kalori! Beberapa brand juga menambahkan gula ke dalamnya sehingga jumlah kalorinya jelas ikut bertambah.


    3. Granola

    Meski mengandung sejumlah bahan yang baik untuk kesehatan seperti kacang dan oat, sayangnya granola juga menambahkan minyak untuk membuatnya terasa garing dan gula agar rasanya lebih enak. Satu mangkuk granola terkandung sekitar 500 kalori. Sementara ada opsi lainnya berupa sereal yang memiliki nutrisi sama tetapi dengan minyak dan gula yang lebih sedikit.




    4. Bran Muffin

    Entah itu tanpa rasa atau muffin yang dicampur dengan apel dan pisang, kandungan serat di dalamnya bisa membuat kamu kenyang. Namun yang perlu diperhatikan adalah gula dan mentega di dalamnya sebab bran muffin sebenarnya tak jauh berbeda dari kue pada umumnya. 

    Satu bran muffin mengandung 20 gram lemak, 420 kalori, dan 34 gram gula.


    5. Wrap

    Tidak peduli apa isian yang kamu masukkan ke dalamnya, sebuah wrap juga berpotensi membuat berat badanmu naik apabila terlalu sering dikonsumsi karena mengandung 300 kalori. Karena permukaannya yang lebih besar daripada dua buah roti, kamu biasanya juga jadi menambahkan lebih banyak mayo atau saus dressing lainya. Opps!


    6. Teh Dalam Kemasan / botol

    Umumnya brand teh kemasan / botolan juga menambahkan gula atau madu di dalam minuman ini yang bisa menambah daftar asupan kalori harianmu. Dan biasanya satu botol juga sebenarnya berisi dua atau lebih penyajian, sehingga jumlah kalorinya hampir 200 atau setara dengan soda.


    7. Rice Cakes

    Ini bukan rice cakes seperti yang terdapat dalam tteokboki ya, babes!

    Tipe rice cakes satu ini berbentuk bulat, ringan, dan biasanya dijadikan sebagai snack. Meski bebas lemak dan rendah kalori tetapi rice cakes ternyata rendah serat dan protein di dalamnya. Kurangnya dua kandungan tersebut membuat kita bisa merasa lebih cepat lapar. Hal ini jelas akan memicu kamu ingin makan lebih banyak atau mencari makanan lain sebagai penggantinya. 



    Pilihlah yang tanpa rasa apapun sebab biasanya rice cakes yang memiliki rasa juga memiliki kandungan gula dan sodium yang banyak.



    8. Burger Sayuran

    Tentu, tidak mengonsumsi daging sapi dapat menyelamatkanmu dari lemak dan kolesterol. Tetapi bijaklah juga saat mengonsumsi burger sayuran karena salah-salah kamu justru mengonsumsi lebih banyak kalori. 

    Keju yang seringkali digabung bersama sayuran dan burger berukuran besar jelas bukan makanan yang diet-friendly.


    9. Jus Jeruk

    Berharap bisa menutupi kekurangan kamu dalam mengonsumsi buah-buahan dengan menggantinya lewat jus buah mungkin menjadi alasan mengapa berat badanmu terus naik. Segelas jus jeruk atau jus apel botolan berukuran 480 ml mengandung 55 gram karbohidrat. 

    Namun concern terpenting adalah kandungan gula di dalamnya yang bisa mencapai hingga 12 sendok makan! Lebih baik pilihlah jus jeruk yang diolah secara alami dan tanpa pemanis apapun.


    10. Makanan Diet yang Dipanaskan

    Ada banyak makanan diet yang saat ini bersifat ready to eat. Masalahnya makanan tersebut cenderung tinggi sodium karena para perusahaan berusaha agar rasanya tetap enak. Hasilnya tubuh akan mengikat lebih banyak air, terutama di area lengan dan paha yang berujung membengkak.


    11. Salad

    Sayur-sayuran di dalam salad memang tidak bermasalah, tetapi keju parut, olahan kacang, croutons, dan saus dressing-nya terkadang membuat seporsi salad hampir sama kalorinya dengan sepiring pasta.




    12. Tahu

    Pesan menu ini di restoran maka yang kamu dapatkan biasanya hidangan kaya sodium, kalori, lemak jenuh, bahkan gula.

    Sebenarnya tahu memiliki kandungan yang baik, masalahnya rasa tahu yang tawar membuat kita kerap menambahkan banyak saus atau menggorengnya supaya lebih enak. Itu jelas membawa dampak yang buruk terutama bagi yang sedang diet.



    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Giovani Untari / Images: Dok. Cup of Couple from Pexels, Polina Tankilevitch from Pexels, Eva Elijas from Pexels, Ivan Samkov from Pexels, ROMAN ODINTSOV from Pexels).